Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-dasar Rumus Excell



Ketika akan mempelajari Excell sebaiknya pahami dulu dasar-dasar dalam menjalankan program Microsoft Excell. Ini perlu diketahui karena dalam menjalankan Excell, banyak hal dasar yang perlu diketahui dulu. Sebelum benar-benar akan mempergunakan Microsoft Excell untuk melakukan tugas atau pekerjaan.

Dasar yang terpenting adalah rumus-rumus dasar Excell ini harus diketahui dan dipahami. Sehingga nantinya ketika melakukan pekerjaan dengan menggunakan Excell jadi lebih gampang dan bisa melanjutkan dengan ilmu-ilmu dasar Excell lainnya. 


Dasar-dasar Rumus Excell yang harus diketahui :

1. AVERAGE (Rata - rata)

Average ini digunakan untuk mencari hasil rata-rata dari kumpulan nilai (angka). Dan cara menggunakannya adalah...


=> atau tempatkan area (klik kotak tempat nilai rata-rata akan ditempatkan)
=> klik saja rumus diatas (atau gunakan ini)
=> Blok area angka yang akan dicari nilai rata-ratanya 
=> Enter
Maka hasil nilai rata-rata akan muncul

 

2. SUM (Jumlah / Penjumlahan)

SUM digunakan untuk menjumlahkan beberapa (kumpulan) angka. Dalam penggunaan (cara menjumlahkannya) sama saja dengan cara diatas. 
Tempatkan kursor ke area kotak yang akan menjadi area penjumlahan.



3. Count Numbers (Hitung Angka)

Count Numbers sendiri adalah untuk menghitung jumlah angka dalam satu range atau sel yang terdapat dalam Excell. Jadi Count Numbers bukan menghitung jumalah keseluruhan seperti SUM. Tapi hanya menghitung jumlah range atau sel yang digunakan pada Excell.

Contoh seperti gambar diatas jumlah range vertikal berjumlah 5 dan jumlah range Horizontal berjumlah 2.

4. Max

Max sendiri dalam fungsi di Excell adalah untuk mencari angka atau jumlah tertinggi dalam kumpulan Range. Kalau jumlah range hanya sedikit, mungkin gampang atau mudah untuk mengetahui angka atau jumlah tertinggi dalam suatu data.

Tapi bagaimana jika kumpulangan range berjumlah ratusan bahkan ribuan, pastilah sulit untuk mengetahui, jumlah atau angka mana yang tertinggi dalam kumpulan jumlah data dalam range. Dalam contoh gambar diatas jumlah range atau tertinggi adalah 84 (cukup gampang dilihat karena hanya terdiri dari beberapa range atau sel saja).

5. Min

Min adalah kebalikan dari fungsi Max, untuk mencari angka atau jumlah terendah dalam kumpulan range atau sel yang ada di Microsoft Excell.

Posting Komentar untuk "Dasar-dasar Rumus Excell "