Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Desain Banner atau Spanduk Dengan CorelDraw X7



Dalam pembuatan desain untuk Banner atau Spanduk sebenarnya bukan hal yang sulit. Yang terpenting terlebih dahulu adalah mengetahui ukuran dari Banner atau Spanduk tersebut. 

Masalah desain hanyalah emajinasi kita saja dalam merancang Desain atau Spanduk tersebut. Yang terpenting dia awal adalah ukuran atau luas Banner atau Spanduk tersebut.

Pembuatan desain Banner atau Spanduk bukan saja hanya bisa dilakukan di CorelDraw. Bisa juga dilakukan di beberapa aplikasi seperti Photoshop dan desain lainnya. 

Bisa juga pembuatan Banner atau Spanduk ini dibuat di Microsoft seperti Microsof Word,  Microsoft PowerPoint bahkan jika memiliki kemampuan di Microsoft Excell. Kita bisa merancang desain Spanduk atau Banner ini di Microsoft Excell.

Tapi kebanyakan kita membuat atau merancang desain Banner atau Spanduk ini melalui aplikasi CorelDraw dan Photoshop. Tapi kalau dilihat jika merancang sesuatu desain lebih baik di buat di CorelDraw, walaupun bisa juga untuk membuat desain memalui Photoshop.

Disini saya mencoba memberi tutorial bagaimana membuat desain Banner atau Spanduk melalui CorelDraw X7.

Ingin melihat dalam bentuk video / lihat disini



 

Langkah membuat desain Banner atau Spanduk :

1. Rancang terlebih dahulu ukuran Banner atau Spanduk

Sebelum merancang desain Banner atau Spanduk, buat dulu ukuran Banner atau Spanduk yang akan dibuat. Ukuran Banner atau Spanduk ini banyak ukuran dan bisa dikatakan ukuran standar, tapi bukan harus mengikuti ukuran yang sudah ada (standard). Hanya saja ukuran ini banyak digunakan dalam pembuatan Banner atau Spanduk.
  1. Baliho 5,8 X 4 m
  2. Spanduk L 5,8 X 2 m   
  3. Spanduk S 5,8 X 1 m   
  4. Umbul-umbul 5 X 0,6 m   
  5. Vertikal Baner 0,8 X 2,7 m   
  6. Poster A3/A2 & A3/A2   
  7. Pamflet A4   
  8. Selebaran/Brosur/Flyers A6-A4
Diatas adalah contoh ukuran dari Banner atau Spanduk, tapi bisa berubah sesuai keinginan atau pemesan. Bisa saja menggunakan ukuran lain jika diperlukan.

Misalkan kita menggunakan ukuran Spanduk L 5.8m x 2m. Lalu rancanglah ukuran tersebut di Coreldraw.


Setelah ukuran desain Banner atau Spanduk dirancang, maka di halaman CorelDraw nanti, ukuran desain Banner atau Spanduk tersebut akan muncul di halaman CorelDraw.



Gambar diatas menunujukkan ukuran (luas area) dari desain Banner atau Spanduk yang akan dirancang.

2. Pembuatan atau Pemasangan Background Banner atau Spanduk

Selanjutnya Anda bisa membuat atau memberi Background atau warna dari desain Banner atau Spanduk tersebut. Anda bisa juga memasang warna pada arean (ukuran) Banner atau Spanduk tersebut dengan warna dari CorelDraw maupun bisa juga mendownload background dari internet.

Untuk memesang warna Banner atau Spanduk, Anda bisa melakukan dengan cara terlebih dahulu membuat kotak persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool. Dengan luas sama seperti saat membuat ukuran Banner atau Spanduk dengan ukuran 8.5m x 2m.

Kemudian Anda bisa memasukkan warna dari Banner atau Spanduk yang berasal dari CorelDraw mamupun yang Anda download dari internet.

 

3. Membuat Desain (Rancangan) Banner atau Spanduk

Setelah Anda membuat background untuk Banner atau Spanduk, langkah terakhir tinggal membuat desain atau tulisan dari Banner atau Spanduk ini. Di sinilah di tuntut imajinasi Anda untuk membuat desain Banner atau Spanduk tersebut agar terlihat lebih menarik dan mampu membuat orang untuk melihat dan membaca Banner atau Spanduk tersebut.

Dalam merancang desain ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan :
  1. Free Hand Tool
  2. Pen Tool
  3. 2 Point Line
  4. Rectangle Tool
  5. Ellips Tool
  6. Polygon Tool
  7.  dan masih banyak lagi



Itulah beberapa dasar langkah dalam pembuatan Banner atau Spanduk di CorelDraw.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas, Anda bisa melihat video di bawah ini :




Di video ini Anda bisa lebih jelas memahami dalam pembuatan Banner atau Spanduk di CorelDraw X7.

Posting Komentar untuk "Membuat Desain Banner atau Spanduk Dengan CorelDraw X7 "