Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mempercantik Pasfoto Berasal Dari Foto Handphone


Banyak teknik dan cara yang bisa dilakukan, satu hal yang terpenting adalah bagaimana kita memahami alat dan peralatan dalam mencetak foto. Misalnya kita harus tahu kekontrasan layar monitor dan pengaturan printer kita. Walaupun kita sudah mahir dalam pengeditan foto, tapi kita kurang memahami pengaturan layar monitor dan printer. Hasil akhirnya pun akan kurang bagus.





Disini akan dibahas bagaimana mempercantik pasfoto dimana hasil foto tersebut berasal dari handphone. Hal pertama yang harus diketahui adalah kita harus tahu apakah foto yang berasal dari handphone tersebut masih bisa diedit atau tidak. Terkadang ada foto yang berasal dari handphone itu kalau dilihat dengan mata tidak bisa di edit. Kalaupun dipaksakan mungkin hasilnya kurang memuaskan. Tapi itu terserah konsumen, karena fotonya berasal dari mereka bukan dari kita.

  1. Masukkan foto ke aplikasi Adobe Photoshop
  2. Langkah berikutnya atur ukuran yang mau dibuat
Di photoshop bisa dilakukan dengan meng-crop foto tersebut.  
Setelah klik logo crop selanjutnya aturlah ukuran berapa pasfoto yang akan dibuat. Lihat tanda lingkaran.




Ukuran pasfoto ada beberapa ukuran :
- 2 x 3
- 3 x 4
- 4 x 6
- 3 x 3
- 1,5 x 2
dan masih banyak lagi tergantung kebutuhan.


 Tapi yang paling banyak digunakan ukuran 2 x 3, 3 x 4 dan  4 x 6.

Setelah mengcrop foto tersebut. Aturlah pencahayan pada foto tersebut dengan cara  :




Klik Image---Klik Contras.
Kemudian Klik Image---Klik Adjusment---Klik Curves, maka akan muncul penyetelan Curves. Klik garis Curves tersebut---tahan dan naik turunkan akan ada perubahan pencahayaan pada foto tersebut.

Setelah merasa cocok dengan pencahayan pada foto tersebut klik Ok. Perlu diketahui pencahayaan sangat penting dalam bagus tidaknya hasil foto.
Lalu langkah selanjuntnya proses penghalusan wajah 
Disinilah langkah yang sangat diperlukan, karena biasanya foto yang berasal dari hanphone. Kehalusan foto tersebut kurang bagus atau kurang halus. Ini dilakukan cukup hanya pada wajah saja. Tapi jika perlu keseluruh fotopun tidak masalah.

- Klik Blur Tool---Atur diameter lingkaran---Atur Hardness.

Diameter lingkaran diatur untuk besar kecilnya sapuan/kuas untuk memperhalus sedangkan Hardness untuk seberapa kehalusan yang diinginkan.




Dalam pengaturan Hardness sangat diperlukan ke hati-hatian karena dapat menyebabkan foto menjadi blur atau gabus khusunya pada mata. Mata akan kehilangan fokus, sapuan pada mata tidak perlu tapi jika harus disapukan bisa dilakukan penajaman dengan cara :

Arahkan cursor ke logo Blur, jangan diklik (arahkan saja)---Klik kanan---Klik Sharpen Tool.

Atur Hardness berapa dan sapukan kemata. Bisa hanya pada bola mata yang hitam saja atau keseluruh bagian mata.

Setelah merasa kehalusan pada wajah cukup. Pengaturan cahaya cukup. Langkah selanjutnya yang diperlukan adalah mengganti banckground pada foto tersebut.


Dalam penggantian Background saya tidak terlalu akan membahasnya, lihat video saya saja. Tapi yang perlu diperhatikan adalah Feather pada saat  mengganti banckground foto.

Apa itu Featrher, kalau saya boleh menjelaskan secara awam saja. Feather itu untuk menghaluskan garis potongan antara foto (orang) dengan warna background. Karena dengan bantuan Feather ini, tidak akan terlihat bahwasannya ada penggantian background.
Itulah hal terpenting dalam mempercantik pasfoto yang mana foto berasal dari handphone.


Posting Komentar untuk "Mempercantik Pasfoto Berasal Dari Foto Handphone"