Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Excel

Saat mengubah ukuran kertas pada microsoft excel, banyak diantara kita bingung pada saat ngeprint hasil ketikan, lho kok ini tidak ikut ter-print. Ngubek-ngubek tuh aturan kertas di komputer tapi tetap saja hasilnya sama. 

Apalagi pada saat mengatur ukuran kertas pada microsoft excel makin ngubek-ngubek dimana ngaturnya.

Kalau mengatur kertas di Microsoft word kita masing-masing tahu mengatur kertas di Page Setup. Ikon tersebut bisa kita lihat di Customeze Quick Access Toolbar. 

Di Microsoft Excell juga ada, tapi kebanyakan kita tidak tahu bahwa setting ukuran kertas ms excel tersebut berbeda. Belum lagi kertas yang harus diatur berapa ukurannya.

Kita perlu tahu, ada beberapa jenis kertas dari A0, A1, A2, A3, A4, Kwarto (Letter), Legal, dan F4. Dan banyak lagi model ukuran kertas. Kalau untuk ukuran yang biasa kita pakai untuk makalah, biasanya menggunakan ukuran kertas Kwarto (letter), A4, Legal dan F4. Semua kertas ini disebut kertas HVS.

Ukuran Kertas A4                        : 210mm x 297mm.
Ukuran Kertas Kwarto (Letter)      : 8 1/2 " x 11" (inch)
Ukuran Kertas F4                         : 215mm x 330mm
Ukuran Kertas Legal                     : 8 1/2" x 14"


Nah disini saya beritahu, kalau kita mau ngeprint dengan ukuran kertas Kwarto, A4 atau Legal. Tinggal Klik Page Set Up----Klik Paper, pilih kertas---selesai. Lho ukuran untuk Kwarto (Letter) ada, A4 ada, Legal ada....jadi mana tuh ukuran ukuran untuk F4, heheheh.... yakin gak ada.


Saya beritahu untuk ukuran F4 tidak ada dalam pemilihan paper di Page Set Up. Lalu dimana adanya. Ada tapi di Custom Size....roll kebawah...ada tulisannya tuh...lalu Klik.





 

Setelah itu apa....??????





Uda jadi tuh ukuran kertas F4 (HVS). Pada tahu gak sih kenapa harus di ganti ukuran kertas ke F4. Karena yang biasa kita beli di toko fotocopy itu kertas F4 bukan kertas ukuran Legal. Legal dan F4 berbeda panjang. Kertas ukuran Legal lebih panjang dari kertas F4. Makanya waktu ngeprint ada huruf yang tidak ikut ke print. Lha...kertas F4 lebih pendek dari kertas Legal....

Itu semua untuk pengaturan kertas di Microsoft Word, lalu bagaimana untuk Microsoft Excell.

Contoh Gambar :





 
Pengaturan kertas di sini ukuran F4, orientasi Lanskap
Cara pengaturan 1 :






Cara pengaturan 2 :





Untuk pengaturan kedua ini, akhir dari proses bukan di Klik Ok tapi di Klik Cancel, karena hanya untuk pengaturan kertas saja bukan untuk di print. Hal nya kalau sudah selesai yang dibuat, baru proses akhirnya di Klik Ok.

Untuk hasilnya bisa kita Preview terlebih dahulu. Dan kita atur margin dan adjust untuk memenuhi ruang ukuran kertas F4. Karena di Excell ini kita dapat mengatur pemebesaran dan pengecilan hasil ketikan desain kita. Beda kita Microsoft Word.

Sampai disini saja pembahasan yang bisa saya sampaikan. Pada section berikutnya akan banyak hal yang akan saya orintasikan khusus di Microsoft Excell.

Saksikan Video dibawah ini :