Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengurangi dan Menambah Kecerahan Pada Layar Laptop

Dalam mengatur kecerahan di komputer sebenarnya cukup mudah. Hanya perlu beberapa langkah saja. Dan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Apalagi jika hanya mengatur kecerahan layar di Laptop, cukup menekan tanda Fn+=> (tanda panah) kanan kiri pada keyboard maka layar laptop otomatis akan sendirinya cerah dan redup.

Namun ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatur kecerahan layar pada PC komputer atau Laptop.



Cara Pertama 
Menggunakan Tombol Yang Ada di Keyboard
Perlu diketahui setiap Laptop memiliki cara dan tombol yang berbeda, saat digunakan untuk mengatur kecerahan pada layar Laptop. Saya saat ini menggunakan Laptop Accer. Yang fungsi untuk mengatur kecerahan pada layar laptop, cukup hanya menekan tombol Fn + =>(<=)/tanda panah kanan kiri yang ada di keyboard.

Biasanya tanda anak panah pada keyboard disandingkan dengan gambar seperti lambang/ logo matahari. Satu untuk mencerahkan dan yang satu untuk meredupkan.

Hal berbeda jika Laptop dengan merek lain. Bisa saja menggunakan tombol yang berbeda seperti Fn+F5 (untuk meredupkan) dan Fn+F6 (untuk mencerahkan).



Tapi terkadang tombol ini tidak bisa berfungsi, ini dikarenakan ada driver/aplikasi untuk pengaturan kecerahan layar pada Laptop tidak terinstall dengan baik. Untuk itu perlu penginstallan aplikasi untuk pengaturan kecerahan layar ini. Biasanya setiap pembelian Laptop dilengkapi dengan CD yang isinya ada beberapa aplikasi yang berfungsi untuk mendukup kinerja dari Laptop tersebut.

Itupun kalau beli Laptop baru, nah yang menjadi masalah jika membeli Laptop Second (bekas). Bakalan CD ini tidak akan ada, maklumlah namanya juga membeli Laptop second (bekas). Pastilah ada saja yang kurang.

Tapi jika ada masalah pada tombol pengaturan kecerahan pada laptop dan CD nya tidak ada atau hilang. Kalau saya sendiri download di https://www.acer.com/ac/en/US/content/driver.

Pilih Drivers and Manuals, ketik (masukkan) serial numbers dari type laptop dan  pilih category yang diinginkan. Jika bingung mencari serial numbers dan SNID khusus laptop Acer.

Bisa di download pada Download our serial number detection utility. (Windows operating systems only).

Jika sudah selesai mendownload. Buka aplikasi tersebut, secara otomatis akan muncul untuk jenis, merek atau type Laptop jika terhubung ke internet, akan muncul Pop Up yang berisikan serial numbers dan SNID laptop yang digunakan (ini khusus laptop Acer)



Copylah serial numbers SNID dan masukkan ke Identify Your Acer Device. Setelah itu klik Find, soal pilihan category bisa di pilih maupun tidak. Nanti akan muncul Produk Support for (Jenis dari Laptop yang digunakan).
 

Kemudianlah pilih Operating System yang digunakan, saya di sini menggunakan Windows@ 7 32-bit. Kalau lapto Anda menggunkan Windows@ 8, Anda pilih saja Windows@8. Begitu juga jika menggunakan WIndows@ 10. Dan berapa bit yang laptop Anda gunakan. Sayang komputer saya tidak mendukung windows 10. Karena sudah komputer lawas (tempo doeloe) / wkwkwkwkwkwkwk.



Kemudian akan muncul beberapa pilihan, seperti :



Pilihlan aplikasi yang Anda butuhkan, download dan install di komputer Anda.

Untuk merek Laptop lain, Anda bisa juga mendownload di situs merek laptop yang Anda gunakan.


Cara Kedua
Pengaturan di Control Panel
Untuk masuk ke pengaturan Control Panel, Anda bisa klik tombol Start pada layar lalu Anda pilih "Control Panel".




Setelah ini Anda bisa memilih Hardware and Sound. Lalu Anda bisa memilih "Power Option" dan pilihlah Adjust Screen Brightness.

Lalu atur saja tombol brightness ke kanan dan ke kiri. Sesuaikan dengan keinginan saja. Karena setiap orang memiliki perbedaan dalam melihat kecerahan pada layar monitor. Soalnya setiap orang punya mata berbeda jadi beda juga cara pandangnya. (Hahahahah....opo iyo).

Semua komputer baik Windows 7, Windows 8, Windows 10 sama saja dalam pengaturan untuk kecerahan layar monitor laptop Anda. Dan bukan hanya untuk laptop saja. Cara inipun bisa digunakan untuk PC atau komputer biasa. 


Cara Ketiga
Tekan tombol Windows + X pada Keyboard
Ini adalah cara tercepat untuk mengatur kecerahan pada layar Laptop/komputer. 



Maka akan uncul Pop Up Windows Mobility Center. Pilih dan geser tombol Display Brightness untuk mengatur pencahayaan pada layar Laptop/komputer Anda.



NB. Untuk di ketahui sangat penting. Apapun cara Anda untuk mengatur pencahayaan/kecerahan pada layar laptop/komputer jika drivers yang berfungsi untuk pengaturan kecerahan/pencahayaan tidak terinstall dengan baik. Maka cara apapun tidak akan berhasil.

Untuk itulah perlu dan sangat penting untuk melakukan install driver pengaturan kecerahan dan pencahayaan pada laptop/komputer Anda. Jika Anda tidak memiliki drivernya. Anda bisa mendownload di situs merek laptop atau komputer Anda. Seperti pada bagian Cara Pertama diatas.


Posting Komentar untuk "Cara Mengurangi dan Menambah Kecerahan Pada Layar Laptop"