Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Singkat Tentang Arti Sains

Sains atau "Ilmu Pengetahuan pada Umunya" diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Juga mengandug arti pada pengetahuan yang sistematis tentang alam dan dunia fisik. Yang didalamnya termasuk ilmu tentang botani, fisika, kimia, geologi, zoologi dan beserta ilmu pengetahuan alam dan segala ilmu yang dipelajari.

Gambar oleh Goodward cc dari Pixabay

Sains diperoleh dari pengetahuan sistematis yang diperoleh dari observasi yang dilakukan dan pemilitian yang diuji coba dan mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip pada sesuatu yang sedang diselidiki, dipelajari dan hal yang mengarah pada penelitian untuk mendapatkan sumber keilmuan baru.

Jika diartikan secara singkat Sains adalah Pengetahuan (ilmu). Jika didefenisikan adalah secara luas Sains adalah suatu hal atau cara untuk mempelajari berbagai aspek dari alam (lingkungan) secara terorganisir, sistematik dengan berbagai metode sainstifik yang telah dibakukan (terbakukan).





Sains juga memiliki ruang lingkup yang terbatas, karena Sains hanya bisa mencakup pada ilmu yang mampu dipahami oleh panca indra, seperti penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan dan pengecapan. Karena Sains bisa diterima jika sudah ada pembuktian nyata dan memiliki sistem pembelajaran yang bisa diteruskan dan dipertanggung jawabkan.

Adapun Sains (ilmu pengetahuan), dibagi menjadi dua klasifikasi :

  1. Ilmu Pengetahuan Alam (Natural Sians)
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (Sosial Sains)
Sementara Matematika sendiri tidak dianggap ilmu alam, karena hanya dianggap sebagai penyedia perangkat atau alat dalam menunjang kerangka kerja yang bisa digunakan dalam terapan ilmu alam.

Ilmu alam sendiri meruapakan disiplin ilmu yang selalu menerapkan metode ilmiah dalam setiap penerapannya.

Tujuan Sains ini sendiri untuk dapat menghasilkan model baru penerapan disiplin ilmu dengan menggunakan metode ilmiah yang kelaknya dapat berguna dan ilmu yang realitis dimata pengetahuan.







Metode yang sering digunakan dalam penyelidikan ilmiah, adalah :
  1. Observasi
  2. Hipotesis
  3. Prediksi
  4. Penelitian
  5. Kesimpulan

Ilmu Alam sendiri merupakan ilmu yang membutuhkan tingkat relatif tinggi dalam penerapannya dalam bentuk objek yang pasti. Sehingga Ilmu Alam bisa juga disebut sebagai Ilmu Pasti.

Cabang-cabang dari Ilmu Alam sendiri, terdiri dari :

  1. Astronomi
  2. Biologi
  3. Ekologi
  4. Fisika
  5. Geologi
  6. Geografi
  7. Ilmu bumi
  8. Kimia

Dan cabang-cabang ilmu ini masih juga dibagi dalam berbagai bagian, seperti :

  1. Kimia dibagi dalam ilmu seperti  Kimia Analitik, Elektrokimia, Kimia organik, kimia anorganik, ilmu material, kimia polimer, thermokimia dan lain-lain. 
  2. Ilmu Bumi dibagi dalam Ilmu lingkungan, geologi, geodesi, hydrologi, paleontologi, meteorologi, oceanografi dan lain-lain.
  3. Fisika dibagi dalam ilmu Astronomi, kinetika, fisika nuklir, dinamika, fisika material, mekanika quantum, thermodinamika, optik dan lain-lain. 
  4. dan Biologi dibagi dalam ilmu Anatomi, biofisika, Fisiologi, genetika, Ekologi, taksonomi, virulogi, zoologi dan lain-lain.







Posting Komentar untuk "Penjelasan Singkat Tentang Arti Sains"