Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Printer Pending Pada Printer Epson


Alangkah kesalnya ketika hendak print hasil dokumen yang dibuat, tapi printer tidak mau ngeprint. Dan jika dilihat di status print yang digunakan ada tulisan bahwa print pending (spooler). 

Penyebab dari printer epson mengalami pending ini bisa dikarenakan banyaknya antrian atau halaman yang akan dicetak. Sehingga printer perlu terlebih dahulu membaca dokumen yang mana mau di cetak.

Untuk mengatasi printer epson pending ini bisa dilakukan dengan cara merestart print atau menghapus dokumen yang akan di print lalu mengulangi dokumen yang akan diprint kembali.

Jika belum juga bisa, lakukan dengan cara kedua. Yaitu cabut kabel USB printer yang terhubung dengan komputer/PC kemudian hapus dokumen yang akan di cetak yang tampil di monitor printer. 

 
Hungungkan kembali kabel USB printer ke komputer/PC, Lalu ulangi lagi untuk mencetak dokumen. 

Jika kedua langkah ini belum berhasil juga dalam mengatasi printer yang pending, ada langkah terakhir (langkah ketiga) yang bisa dilakukan dengan cara :

Anda bisa menjalankan services.msc melalui run command (tombol windows + R).

 Cari system service Print Spooler => Klik kanan pada mouse => cari Print Spooler dan pilih stop. Ini untuk menghentikan aktifitas ngeprint yang sedang berlangsung.






Langkah terakhir yang harus dilakukan buka folder C:\Windows\system32\spool\printers, atau cukup klik dipencarian di tombol start dan ketik "PRINTERS".



Dalam folder Printers tersebut akan tampil cetakan yang gagal (pending) untuk di cetak. Klik (Ctrl+A) untuk memblok semua cetakan yang gagal dan hapus atau delete cetakan print yang gagal semuanya.

Setelah langkah ini, Anda sudah bisa mencoba kembali ngeprint dokumen yang akan dicetak di printer yang digunakan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Printer Pending Pada Printer Epson"