Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesjid Agung Lubuk Pakam - Deli Serdang Sumatera Utara

Masjid Agung Lubuk Pakam, Deli Serdang

Hari Jum'at merupakan hari Lebaran bagi umat Islam, dimana di hari Jum'at merupakan hari yang di muliakan. Sehingga di wajibkan bagi kaum pria yang telah dewasa atau baligh untuk melaksanakan sholat Jum'at.

Merasakan sholat Jum'at di Mesjid Agung Lubuk Pakam sungguh mengasyikan, ruangan mesjid yang sungguh menawan dan elok di pandang mata.

Apalagi setelah sholat Jum'at dibagikan makanan ringan dan minuman segar secara gratis setelah menunaikan sholat Jum'at. Sungguh sangat terkesan dalam hati ini. Walau hanya makanan dan minuman ringan, namun hal ini sangat membuat rasa lapar dan dahaga menjadi berkurang.

Apalagi minuman yang dibagi ada yang berupa minuman segar rasa jeruk, bukan hanya minuman air putih biasa. 

Selain dijadikan tempat religi bagi umat Islam untuk beribadah, mesjid Agung Lubuk Pakan juga dijadikan tempat wisata bagi masyarakat. Area yang strategis, luas dan indah. Menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luar untuk berkunjung ke mesjid ini.





Walau merupakan mesjid, area luar mesjid dijadikan tempat bagi masyarakat untuk berdagang. Karena banyaknya pengunjung ke mesjid ini. Sehingga di ambil kesempatan untuk mengais rezeki. Memang area yang dijadikan tempat berdagang tidak masuk kedalam mesjid, hanya area luar dari mesjid. 

Dan terlihat diatur oleh pihak terkait, agar tidak amburadul dan seperti sudah diatur agar terlihat lebih rapi. Apalagi mesjid ini terlihat sangat ramai pengunjung ketika di hari Jum'at. Karena semakin banyak masyarakat untuk melaksanakan sholat Jum'at.

Untuk masuk ke area dalam mesjid bisa melalui pintu masuk utama, namun juga bisa melalui pintu masuk area tempar mengambil air wudhu. Agak terkesima juga saat akan menuju ruang utama mesjid melalui area tempat mengambil wudhu.

Bagian dinding terdapat ornamen tulisan Al-Qur'an yang bisa disaksikan atau dilihat pengunjung yang melewatu area ini untuk menuju atau keluar dari mesjid.

Terlihat juga sebuah bedug di dalam mesjid ini, yang mungkin dijadikan simbol sebagai alat pemanggil waktu sholat, yang digunakan pada waktu mesjid-mesjid zaman dulu. Walau sebenarnya bedug ini tidak digunakan, hanya sebagai hiasan atau ornamen pada mesjid Agung Lubuk Pakam.

Yang mengasyikan adalah, dimesjid ini ada tempat pertunjukkan air mancur yang sangat bagus. Apalagi jika air terjun ini bisa di lihat di malam hari, pastilah lebih terlihat sangat bagus dan cantik.

Di bagian halaman belakang mesjid, terlihat pembuatan taman yang belum selesai atau masih dalam pembuatan. Bisa dibayangkan jika nantinya taman ini selesai dan sudah menjadi taman sebenarnya. Pastilah akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan indah dipandang mata.


Terlihat juga gapura pintu masuk yang masih dalam tahap pembuatan yang masih dikerjakan. Gapura ini langsung berhadapan dengan jalan raya. Tidak seperti saat ini, harus masuk ke area kantor Bupati dulu baru bisa melihat mesjid Agung Lubuk Pakam.



Sayang tidak bisa menyaksikan pertunjukkan air mancur ini di malam hari karena keburu harus meninggalkan tempat ini.

Dan di bagian sebelah mesjid ini ada sebuah tempat yang bisa dijadikan untuk beristirahat, dengan duduk di rumput hijau sambil bisa memesan makanan pada pedagang disekitar.

Area ini merupakan lokasi untuk diadakan pertunjukkan seni yang mungkin bisa dijadikan untuk pergelaran acara. Baik oleh pemerintah daerah maupun mungkin oleh pihak lain yang membutuhkan tempat untuk mengadakan acara atau hajatan yang menyajikan acara-acara seni atau lainnya.

Jadi area mesjid ini bisa menjadi alternatif wisata bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luar yang ingin sekedar menghabisi waktu liburan bersama keluarga. Dan yang pasti, tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya untuk berwisata.

Posting Komentar untuk "Mesjid Agung Lubuk Pakam - Deli Serdang Sumatera Utara"