Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatur atau Mengubah Ukuran Kertas Di Microsoft Word



Cara Mengubah Ukuran Kertas Pada Word

Pasti diantara agan-agan sudah terbiasa menggunakan yang namanya Microsoft Word...baik microsoft versi lama maupun versi terbaru. Bagi pemula mungkin agak kesulitan dalam menggunakan microsoft word. Apalagi saat merubah ukuran kertas menjadi F4.

Proses pertama untuk menggunakan microsoft word sebenarnya terletak pada  pengaturan kertas di word. Bagi newbie sebenarnya pertama yang harus dilakukan adalah cara pengaturan kertas pada word. 

Tapi bagi yang sudah master pengaturan kertas ini bisa dilakukan di belakangan saja. Tapi alangkah baiknya...bagi newbie maupun yang sudah master lebih baik mengatur kertas di awal...agar mudah dalam pengaturan posisi tulisan (menurut ane...).

Ketika kita sudah membuka tampilan microsoft word di layar monitor. Biasanya ukuran kertas secara otomatis berformat Letter atau lebih kita kenal dengan nama kwarto...jika kita memang butuh ukuran kwarto sih...kita bisa langsung melanjutkannya dengan ketikan atau tulisan. 


Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio)

icon yang bergambar seperti buku terbuka / atau bernama Page Setup (lihat tanda panah). Klik icon tersebut.....

Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio) 


Maka akan muncul tampilan seperti ini. Dan pilih / klik tulisan paper. Di awal sudah saya tulis bahwasannya saat kita membuka microsoft word secara otomatis ukuran kertasnya adalah letter atau kwarto. Maka kita bisa pilih ukuran kertas dengan meng-klik paper size.


Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio)

Bisa dilihat berbagai macam ukuran kertas. Dan biasanya ukuran yang sering di pakai adalah ukuran A4, letter (kwarto), legal.

Mungkin jika kita membutuhkan ukuran A4 dan kwarto (letter), kita tinggal memilih / meng-klik ukuran tersebut.

Tapi pertanyaan sekarang bagaimana jika kita membutuhkan ukuran F4 (Folio). Di tabel tersebut tidak akan pernah tertera ukuran F4 (Folio), yang ada ukuran Legal. Nah bagi newbie...atau yang tidak tahu menganggap bahwasannya ukuran legal ini adalah ukuran kertas F4 (folio)...padahal tidak...salah.

Ukuran kertas Legal dan ukuran kertas F4 adalah dua ukuran yang berbeda...tidak sama.

Ukuran Legal        = 8.5" x 14"....sedangkan

Ukuran F4 (folio) = 8.5" x 13"

Jadi ukuran legal lebih panjang dari ukuran F4 (folio).

Jika kita menganggap ukuran legal ini adalah ukuran F4 (folio)...maka bermasalah saat kita akan mengeprint / mencetak hasil tulisan kita. Apalagi jika ada bingkai...akan terjadi seperti ini...


Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio)

Bisa agan lihat ada yang terpotong atau tidak ter-print...ini juga berlaku untuk tulisan yang melewati toleransi batas ukuran kertas akan di print / cetak di printer.

Mengapa bisa begini....ini dikarenakan kita mengatur mengatur kertas pada word dengan ukuran kertas (paper size) LEGAL sedangkan kertas yang di pakai untuk nge-print adalah kertas HVS F4 (folio). 

Sudah dijelaskan bahwasannya ukuran kertas Legal berbeda dengan ukuran kertas F4 (folio)...ukuran kertas legal lebih panjang dengan ukuran F4 (folio). Dan pada saat membuat bingkai, bingkai tersebut sepanjang kertas legal.

Dan untuk mengatur kertas di word menjadi F4 (folio)...dapat dilakukan di bagian paper size tersebut. Tapi caranya men-setting secara manual.


Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio)


Pilih Custom Size --- klik.


Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio)


Ganti angka 11" ke angka 13".

Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio)



Sebelumnya jika dilihat ukuran kertas 8.5" dan 11" itu adalah ukuran kertas A4 dan jika ingin mengubah kertas di word ke ukuran F4 (folio) cukup mengganti angka 11" dengan angka 13". Dan secara otomatis ukuran kertas akan berganti ke F4 (folio) --- setelah mengganti klik Ok ------Selesai-------

Di akhir tulisan saya ini, ingin saya beritahu bahwasannya kertas yang dijual di toko fotocopy ada 3 jenis yang sering dipakai oleh kita. Kertas Letter (kwarto), A4 dan F4 (folio)---tidak ada kertas dengan ukuran legal. Kalaupun ada, itupun terbatas dan pemakaiannya terbatas oleh kalangan tertentu.

Untuk mengetahui ukuran kertas yang di beli dapat dilihat di samping bungkus kertas yang dibeli---

Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007 (Kertas F4 / Folio)


Bisa dilihat ukuran kertas F4 (folio) tapi ukurannya dalam satuan milimeter (mm), tinggal di konversi ke ukuran centimeter (cm) atau inch.

Dalam satuan milimeter (mm) ukuran kertas F4 : 215 x 330 mm.
Dalam satuan centimeter (cm) ukuran kertas F4 : 21.5 x 33 cm.
Dalam satuan inch ukuran kertas F4 : 8.5" x 13".

Lihat Video agar lebih paham :



Posting Komentar untuk "Mengatur atau Mengubah Ukuran Kertas Di Microsoft Word "