Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

System Restore Mengembalikan Komputer Ke Tanggal Tertentu




Restore Your PC

Selama penggunaan komputer sering kita menemukan keadaan komputer yang lelet atau bermasalah pada program aplikasi yang tidak bekerja. Dan sering bagi yang tidak memahami hal ini, kita langsung mengambil jalan pintas dengan meng-install komputer tersebut ke bengkel komputer. Yang mungkin harganya cukup lumayan. Kecuali kita dapat meng-install komputer sendiri. 

Tapi sebenarnya kita sendiri bisa menginstall sendiri, dengan catatan kita memiliki program atau aplikasi yang tersedia berupa software-software yang kita butuhkan. Jika tidak kita bisa mendownload aplikasi yang banyak tersedia di situs dunia maya secara free. 

Tapi sebenarnya sebelum kita mengambil langkah meng-install komputer tersebut. Kita dapat mengambil langkah awal untuk memperbaiki keadaan komputer tersebut. Dengan cara merestore sistem komputer.

Apa itu Restore ?

System Restore adalah fitur di Windows untuk mengembalikan sistem ke titik tertentu sebelumnya. Kegunaan restore pada komputer sebenarnya untuk melakukan “Undo” terhadap sistem komputer tanpa mempengaruhi file personal seperti email, dokumen, foto, dsb.


Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer


Fungsi system restore pada komputer  ini ada ketika kita membuat atau meng-install suatu program atau aplikasi baru pada windows, maka system restore pada komputer akan menyimpan informasi dan berbagi setting lainnya yang dilakukan pada komputer. 

Misalnya kita meng-install program baru yang kita inginkan contohnya aplikasi atau program Photoshop (aplikasi edit gambar), maka system windows akan menyimpan registrasy kapan program tersebut di install. Windows akan menyimpan tanggal penginstallan program. 

Dan semua program yang kita install akan tersimpan secara otomatis di windows. Biasanya kalau komputer yang telah di Install ulang windowsnya. Komputer atau drive tidak memiliki program apapun alias kosong. 

Disinilah diperlukan penginstallan aplikasi lain seperti aplikasi Microsoft Office, Anti virus, Google Chrome, Mozilla Firefox dan aplikasi lainnya. Disinilah windows menyimpan semua data (registrasy) secara otomatis saat kita meng-install program atau aplikasi tersebut.

Tapi sebelumnya kita harus tahu apa perbedaan Meng-install Program Windows dengan meng-install program Aplikasi Tambahan seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Andaikan sebuah rumah yang didalamnya memiliki kursi, meja , lemari, tv, AC, kipas angin, radio, tape, kompor, racecooker, kulkas dan yang lainnya. Rumah tersebut bisa kita andaikan Program Windows dan program windows ini terdiri dari program lama atau baru yaitu Windows XP, Windows Seven, Windows Eight dan yang terbaru yang saya ketahui adalah Windows Tens (bahasa gaulnya Windows Sepuluh). 

Sedangkan Google Chorm, Mozilla Firefox, Photoshsop, CorelDraw, Micosoft Office, Anti Virus dan lainnya bisa kita andaikan sebuah meja, kursi, tv, kulkas, kompor dan sebagainya. Atau lebih gampangnya kita sering meng-install aplikasi - apliakasi di playstore untuk handphone. Itu bisa kita anggap sebagai meja, kursi, radio dan sebagainya.

Setelah kita memahami hal tersebut, barulah kita dapat Me - Restore komputer yang bermasalah. Ada dua cara kita dapat mengambil langkah merestore komputer kita..



Cara Pertama merestore pada komputer :

Klik logo Windows di sudut kiri bawah komputer.


Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer



Lalu klik semua program :

Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer


Lalu klik Accesories :


Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer


Klik System Tool :


Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer


Klik System Restore :


Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer




Setelah meng-klik system restore, tunggu sesaat proses lagi bekerja dan setelah itu akan muncul "Reperti store system files and setting"  seperti gambar dibawah ini :

Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer




Kemudian klik tombol "Next" untuk melanjutkan proses.
Kemudian akan mucul gambar seperti di bawah ini.



Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer



Digambar tersebut terlihat tanggal dan waktu (date and Time). Itu adalah menunjukkan system aplikasi yang terakhir kita install ke komputer. 

Tapi kita juga bisa melihat tanggal yang lalu (terdahulu) dengan cara meng - klik kotak "Show more restore points" yang terletak dibawah sudut kiri. Setelah meng - klik kotak tersebut maka akan timbul gambar seperti dibawah ini :



Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer


Bisa dilihat, maka akan muncul tanggal - tanggal berikutnya yang bisa dijadikan acuan untuk me-restore komputer kita. Pilihlah salah satu tanggal tersebut. Yakinkan tanggal berapa yang hendak dipilih. 

Karena apa, karena pada saat kita memilih tanggal untuk me-restore dan kita melanjutkan dengan meng-klik "Next" maka system restore (komputer) akan mengembalikkan semua data atau settingan pada system atau komputer pada tanggal yang kita klik. 

Maka untuk itu kita harus paham aplikasi atau program apa yang menjadi masalah di komputer kita. Jika kita sudah yakin tanggal yang kita pilih barulah lanjutkan dengan meng-"Klik Next" . 

Jangan KHAWATIR, pada saat kita me - restore komputer kita, system komputer hanya melakukan reperasi atau mengembalikkan sistem atau meng-otak atik yang ada di drive C atau hanya meng-otak atik program (aplikasi) saja yang ada di drive C. Sedangkan data kita atau apapun yang ada di drive D tidak akan mengalami perubahan apapun.

Setelah kita meng-"Klik Next", maka akam muncul gambar dibawah ini.

Memperbaiki Komputer atau Laptop yang Bermasalah Dengan Men-Restore Komputer





Klik "Finsih"  untuk melanjutkan kerja me - restore program atau komputer kita. Lalu kerja Restore akan bekerja. 

Tunggu atau tinggalkan saja....ngopi dulupun boleh....Jika system restore telah selesai maka komputer akan merestrat (shutdown) sendiri secara otomatis dan hidup kembali menandakan system restore yang kita lakukan telah selesai.




Cara Kedua merestore system komputer :

Sebenarnya cara kedua ini hanya untuk yang sudah betul memahami tentang komputer  (tukang reperasi komputer untuk program). Tidak untuk yang hanya sebagai pengguna komputer. Karena di sudah masuk ke bagian dalam system data base komputer. 

Dengan cara ketika komputer dihidupkan dan dalam keadaan loading kita menekan F2 atau F8. Maka kita akan masuk ke system data base komputer. Barulah proses me-restore dilakukan. Tapi saya sarankan bagi pemula, cukup melakukan Cara Pertama saja tidak disarankan memakai Cara Kedua.

Jika kita sudah melakukan cara ini masih juga tidak ada perbaikkan barulah kita pakai cara terakhir dengan Me-Install System Windows komputer. Kalau bisa sendiri bagus jika tidak yah...kita bawa ke bengkel komputer biarlah yang ahli melakukannya. Kita hanya menyediakan uang untuk sang tukang komputer.

Catatan :
Ketika kita me-restore komputer yang tanggalnya telah kita tentukan. Program atau aplikasi komputer hanya akan menunjukkan atau pertanggal kita me-restore, windows hanya menyimpan aplikasi pertanggal tersebut, Sementara aplikasi yang kita install di atas tanggal kita me-restore akan hilang. Jika kita punya aplikasi yang hilang tersebut bisa kita install kembali. Jika tidak ada, kita bisa mendownload di situs berbagi yang banyak di dunia maya.

Posting Komentar untuk "System Restore Mengembalikan Komputer Ke Tanggal Tertentu"