Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Stiker Label Nama Undangan

Stiker Label Nama Tamu Undangan

Kita sering melihat pada undangan pernikahan, khitanan (sunat) maupun penabalan nama. Undangan tersebut kita lihat ada stiker label yang telah ada namanya. Tapi ada juga yang menggunakan tulisan tangan untuk menulis nama yang hendak di undang. Dalam hal tertentu jika ditulis tangan tidak masalah, hanya kurang keren atau kurang enak di lihat. Biasanya stiker label nama diletakkan pada undangan...Ya sedikit mahal lah, undangan ini biasa ditempel pada undangan blanko Karena stiker label nama memang diperuntukkan melalui proses print / di printer.

Disini saya akan memberi trik bagaimana cara Cara Membuat Stiker Label Nama Undangan dengan menggunakan printer untuk mencetak namanya. 

Sebelum Anda tahu kan bentuk Stiker Label, seperti inilah gambar :




Kalau undangan blanko diberi stiker label nama tamu undangan, pasti akan terlihat lebih bagus.

Langkah Pertama,  

Cara Setting Stiker Label Nama Untuk Undangan

Disini Anda bisa menscan dulu stiker label lalu ukurlah panjang dan lebar stiker label nama tersebut.

Lalu kita buka aplikasi CorelDraw kita, masukkan hasil scan tersebut. Tapi bagi yang sudah memahami, scan itu hanya untuk perbandingan. Anda harus mengutamakan ukuran real dari stiker label tersebut.

Lihat gambar :




Di gambar Anda dapat melihat, hasil scan dengan ukuran (ukuran stiker label nama undangan) real panjang dan lebar dari stiker label nama tamu undangan. Disini saya memberitahu kalau saya menggunakan aplikasi CorelDraw dalam merancang cara setting stiker label nama untuk undangan.

Disini saya akan memasukkan hasil scan kedalam kotak ukuran real dari stiker label tersebut. Hasil ukuran tersebut saya ukur dengan mistar pengukur dan diperolah panjang dan lebar stiker label. Seperti gambar yang Anda bisa lihat diatas.



Ada selisih ukuran, Anda bisa lihat. Makanya saya selalu menggunakan ukuran real daripada hasil scan. Untuk menghindari melesetnya cetakan print dengan stiker label nama. Scan bagi saya hanya acuan untuk bahan perbandingan. Bukan tolak ukur kebenaran dari ukuran stiker label.

Makanya saya menyarankan Anda untuk mengukur real ukuran stiker label nama tamu undangan maupun yang lain.


Langkah selanjutnya dalam membuat ukuran label nama undangan

Setelah itu Anda juga ukur kotak kecil stiker label nama. Bisa lihat gambar dibawah ini :




Buatlah kotak kecil seperti diatas dengan ukuran yang Anda peroleh dengan ukuran real memakai mistar pengukur. Bukan diambil ukuran dari hasil scan......

Lalu masukkan kedalam kotak besar, dan susunlah dengan jarak yang sama, ukur juga jarak antara kotak kecil, kalau saya ukur jarak antara kotak 2mm kanan kiri dan atas bawah.

Langkah berikutnya:

Langkah berikutnya merupakan langkah dimana kita akan menuliskan / memberi nama pada sticker label tersebut (kotak kecilnya). Tapi sebelum itu Anda bisa lihat ada gambar clipart pada sticker label.

Ini juga harus anda perhitungkan ukuran stiker label nama undangan karena jika tidak, waktu kita print nanti huruf / nama yang ada pada sticker label akan menimpa gambar clipart tersebut. Kecuali untuk stricker label yang polos, yang tidak ada clipartnya.

Lihat gambar di bawah :





Setelah area clipart di beri tanda kotak, sekarang sudah dapat untuk diberikan nama-nama yang akan kita undang. Setelah diberi nama-nama undangan kita menuju Langkah 4.

Langkah berikutnya lagi,

Tempatkan sudut ukuran real dari ukuran stiker label nama undangan yang kita buat ke posisi di sudut luar area kertas, disini saya memakai area kertas A4 dan posisi orintasi kertas saya atur posisi Potret.


 


Setelah semua selesai, dan 12 kotak sticker label nama tamu undangan sudah diberi nama, kemudian hapus semua kotak yang ada. Tinggalkan hanya nama-nama undangan saja.



lalu print....selesai.