Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Ukuran Pas Foto Menggunakan Photoshop


Contoh Membuat Ukuran Pas Foto 4x6 Dengan Photoshop

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan dengan aplikasi Adobe Photoshop ini. Dan banyak juga yang harus saya tulis. Tapi dengan keinginan untuk berbagi, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menulis step by step. 


Walaupun mungkin ada kekurangan disana sini dalam tulisan saya. Jika ada masukkan dari Anda untuk tulisan saya ini, saya dengan hati dan lapang dada akan menerima kritikkan dan saran dari Anda semua.

Oke....sebelumnya anda harus ketahui dulu apa itu Photoshop. Setelah Anda mengetahui  aplikasi (software) ini barulah Anda bisa meraba arah kemana Anda memulai.

Hal yang mungkin muda dalam menjalankan / menggunakan kedua aplikasi ini, mungkin untuk usaha atau kegiatan cetak mencetak fhoto. Dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini dalam dunia editing. 

Tapi untuk diawal, saya akan menerangkan tentang cara membuat ukuran pas foto 4x6 dengan photoshop. Karena menurut saya, dalam hal ini mungkin bisa membantu Anda membangun usaha kecil / sampingan skala rumah. Lumayanlah....untuk menambah uang dikantong.



Cara buat ukuran Pas foto di Photoshop :

Langkah awalnya kita mengambil foto dengan kamera maupun handphone. Ada kalanya konsumen langsung foto ditempat kita namun kadangkala mereka sudah ada foto yang mereka bawa dari handphone. Memang lebih mudah buat ukuran pas foto di photoshop menggunakan photoshop melalui kamera karena beresolusi tinggi, tapi sekarang semua handphone pun sudah memiliki resolusi yang tinggi. Tapi disini saya bahas yang melalu kamera saja.


Ini salah satu foto yang diambil melalui kamera





Foto ini belum mengalami proses edit apapun (masih original). Buka dulu aplikasi Photoshop di Pc / Laptop Anda. Setelah terbuka masukkan foto ini ke aplikasi Photshop. Jika Anda sudah memasukkan ke dalam aplikasi, lalu ikuti langkah-langkah ini :



- Proses membuat ukuran pas foto di photoshop :

Set dulu ke ukuran berapa foto ini akan dibuat. Ukuran pasfoto ada 4x6, 3x4, 2x3, 3x3 dan banyak  lagi, disesuaikan saja dengan keinginan konsumen. 

Satuan pasfoto ini adalah cm (centimeter). Tapi yang umum dipakai pasfoto dengan ukuran 4x6, 3x4 dan 2x3.

Saya akan memberi contoh membuat ukuran pas foto 4x6 dengan photoshop, di photoshop kita bisa membuat ukuran, lihat saja gambar dibawah ini :






Ikuti langkah yang saya buat diatas : Atur dulu ukurannya (seperti dalam lingkaran). Lalu klik logo crop untuk mengcrop foto supaya ke ukuran 4x6.






Foto diatas telah terkonvensi ke ukuran 4x6.
 
Setelah cara membuat ukuran pas foto dengan photoshop Anda lakukan. Anda dapat memberi penerangan pada foto tersebut agar lebih terang.

Lihat gambar :

Kemudian Anda kembali Image---klik Adjusment---klik Curves, lihat gambar :





Maka akan muncul seperti ini :




Klik dan tahan garis curva, dan Anda bisa menaikan dan menurunkan garis curva tersebut. Sesuaikan dengan yang Anda inginkan. Kalau digeser keatas akan menambah cahaya terang pada gambar begitu juga sebaliknya, lalu klik Ok...... 

Maka akan ada perubahan yang terjadi pada foto :


 

Itulah proses membuat ukuran pas foto di photoshop.

Lihat Video membuat Pasfoto di Photoshop :