Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Undangan Dengan CorelDraw



Kita disini akan membahas bagaimana membuat undangan dengan coreldraw dengan memanfaatkan amplop untuk di jadikan undangan. Amplop yang dipergunakan ada beberapa macam seperti Amplop putih (itupun ada yang besar dan kecil) dan juga amplop coklat yang biasanya dipakai untuk menyimpan atau memasukkan uang kedalamnya.

Jadi kalau agan mempunyai laptop dan printer, tidak ada salah agan-agan memanfaatkannya untuk hal seperti ini.

Mana tahu agan-agan kekurangan undangan. Karena kalau kita memesan undangan harus ada minimal order, itupun harga bervariasi disesuaikan dengan sedikit atau banyaknya undangan yang kita pesan. Makin banyak makin murah, kalau dikit ya.....muaaakin mahal.

Ok awalnya agan-agan mau menggunakan amplop yang mana, seperti foto diatas. Agan beli saja di toko fotocopy, satu kotak isinya 100 pcs.



Kalau untuk sendiri beli merek AA, yang amplop lebih bagus tapi agan bisa juga beli yang murah merek apapun bisa, tergantung keinginan kita.

Langkah awal dalam membuat undangan menggunakan coreldraw, kita harus memiliki PC, software CorelDraw dan printer. Printer apa saja bisa tapi disini saya menggunakan printer Epson Seri L310 dan CorelDraw Graphics Suite.

Langkah Membuat Undangan di CorelDraw :

Disini saya lengkapi dengan gambar, agar agan-agan mudah paham.



Ukurlah panjang dan lebar (tinggi) dari amplop ini dengan menggunakan mistar pengukur. Kalau yang telah saya ukur dengan model amplop warna coklat hasil yang diperoleh Panjang 26,3cm dan Lebar (tinggi) 11,1cm.


Sebelumnya atur semua model kertas yanga agan gunakan ada A4 dan F4 (folio) posisikan Potert atau Lanskep. Seperti gambar diatas. 

Langkah selanjutnya cara membuat undangan menggunakan CorelDraw :

Disini agan bisa menggunakan hasil scan atau ukuran real dari amplop, kalau saya masukkan keduanya untuk pembelajaran bagi agan-agan semua agar mudah paham. 


Setelah agan masukkan hasil scan ke aplikasi CorelDraw, buat juga kotak persegi panjang dengan ukuran Panjang dan lebar dari amplop tersebut (bisa lihat gambar diatas). 


Disini saya ingin memberitahu, apa kelebihan dan kekurangan dengan proses scan atau dengan ukuran real dari desain undangan format coreldraw. 


Lihat gambar berikutnya : 

 
Coba agan perhatikan gambar diatas, ada perbedaan hasil ukuran scan dengan ukuran real dari amplop. Itulah mengapa saya menggunakan cara real ukuran dari amplop daripada hasil scan. Kecuali kita akan mencetak undangan blanko.


Langkah selanjutnya :

Ok..lah setelah agan memahami unsur tersebut diatas, kita bisa langsung mendesain undangan tersebut. Tapi disini saya juga menvekto (hahahha....kayak PBB aja ya). Ha....saya menggunakan ukuran real dari amplop tersebut, tidak menggunakan hasil scan.

Lihat gambar :
Atur dulu model halaman / model / kertas yang kita gunakan, disini kalau dilihat ukuran kertas A4 sudah cukup karena ukuran real amplop tersebut bisa masuk kedalam halaman / model kertas A4.

Dan orientasi atau posisi kertas saya set Lanskap karena jika potret, ukuran panjang dari amplop tidak cukup, lihat gambar jika orientasi dibuat Potret dibawah ini :

Bisa agan lihat ukuran real amplop melewati batas dari halaman / ukuran kertas A4, makanya saya buat orientasinya model lanskap (datar).

Baiklah kita kembali lagi membahas memposisikan ujung salah satu dari ukuran real amplop kesudut halaman / kertas A4 . 


Bisa dilihat gambar dibawah ini :



Bisa agan lihat digambar, garis putus-putus adalah batas halaman / kertas A4 dan garis hitam adalah garis dari ukuran real amplop yang telah kita buat. Tapi penempatan garis dari ukuran real amplop harus diletakkan atau diposisikan di garis luar halaman / kertasA4, bukan garis dalam halaman / ketas A4 ya gan.


Jadi pertanyaan mengapa harus garis luar halaman / kertas A4 :

Agan harus tahu prinsip kerja dari printer, semua printer mencetak huruf atau gambar sudah diset dari pabrikan tidak pas ke pinggir kertas, tapi agak kedalam bekisar 3mm.

Kenapa : agar saat printer dijalankan semprotan tinta dari catrige printer tidak mencetak diluar kertas. Jika dia dicetak diluar garis dalam, huruf atau gambar tidak akan tercetak atau terputus. Tapi itu menurut ane....bener atau tidak....agan tanyakan aje ame yang buat printer pastinya.

Inilah gambar jadi, adanya range jarak antar pinggir amplop ame hasil cetakan :

Setelah tambah bingung....pasti bingung, gak apa-apa gan, lihat, baca dan perlahan-lahan pahami.

Selanjutnya .....Lihat gambar :



Agan bisa lihat....ada dua kotak :
Disini agan buat lagi kotak kembarannya dari kotak ukuran real amplop. Yang ukuran lebih kecil 3mm dari ukuran kotak real amplop. Dan penempatan kotak kedua (yang lebih kecil) sudutnya tepat diposisikan di sudut bagian garis dalam area kertas (kertas A4).


Kotak yang paling luar adalah kotak dari real ukuran amplop sedangkan kotak dalam merupakan area yang akan kita rancang desainya atau bisa dikatakan kotak dalam adalah batas rancangan atau desain yang akan buat. Antara kotak luar dan kotak dalam selisih jarak 3mm saja gan (keliling) kalau sih saya sih..kalau agan-agan terserahlah maunya sendiri.

Ok...inilah contoh yang ane buat (lihat gambar) :


Nih yang saya maksud, Anda membuat desain undangan format CorelDraw harus di bagian dalam kotak yang kedua atau kotak yang posisinya berada di dalam. Masalah berapa besar Anda membuat desain, itu tergantung.

Buatlah posisi desain mengelilingi area dari real ukuran amplop. Masalah desain tidak terpaku pada contoh ini saja. Anda bisa membuat bentuk desain yang lain yang sesuai dengan selera Anda.

Lah ngomong saya kok jadi intelek ya......hahahahahhah....maklumlah terakhir nulis ada kopi, ada pisang goreng sama ada udutnya....jadi serasa gimana gitu....xixixixixixixixi


Seperti contoh gambar ini :



Sampai disini pembahasan saya, tentang cara membuat undangan menggunakan coreldraw.