Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Interpersonal Skill yang Wajib Ada, Jika Ingin Menjadi Pengusaha


Sebelum terjun ke dunia bisnis ada lebih baiknya mengetahui atau memahami dan memiliki interpersonal skill. Ilmu ini harus dimiliki oleh pebisnis yang akan atau merintis dunia bisnis.

Apa Itu interpersonal skill?

Interpersonal skill adalah keahlian atau kemampuan dari seseorang yang secara efektif mampu berinteraksi dengan orang lain maupun rekan kerja. Misalkan saja menjadi pendengar yang baik, menyampaikan sesuatu atau pendapat secara jelas, tepat dan ringkas serta mampu bekerja sama dalam satu tim.

Kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dalam suatu pekerjaan atau bidang apapun tidaklah sama dan skill ini tidak bisa muncul begitu saja namun diperlukan waktu latihan dan pengalaman setiap orang. 

Untuk itulah kemampuan interpersonal seseorang harus banyak diasah karena hal ini sangat bisa berpengaruh pada kesuksesan baik secara individu dalam menjalankan bisnis. Apalagi seseorang yang memiliki profesi sebagai pengusaha. 

Dari sumber beberapa pakar di bidang bisnis, mengatakan bahwa interpersonal sikil adalah merupakan kemampuan atau keterampilan seseorang yang mungkin berhubungan dengan orang lain. Kemampuan atau keterampilan seseorang tersebut bisa berupa komunikasi secara verbal maupun non verbal.

Namun ada juga beberapa sumber yang menyatakan interpersonal skill adalah kemampuan seseorang untuk mengenali dan merespon sesuatu secara layak dengan melibatkan perasaan, sikap, motivasi dan mengikuti keinginan orang lain. 

Peran interpersonal skill untuk menunjang kesuksesan berbisnis 

Peran interpersonal skill begitu sangat penting karena menjadi salah satu menjaga hubungan keharmonisan secara sosial dalam pergaulan. Baik itu dengan atasan maupun kepada bawahan.

Kemampuan interpersonal skill yang baik atau bisa dikatakan sangat tinggi akan memungkinkan individu tersebut dapat menangani dan memecahkan berbagai masalah dalam sebuah organisasi atau lembaga tanpa harus panik dan individu tersebut sangat bertanggung jawab atas kesalahan yang diperbuatnya. 

Seseorang yang memiliki kemampuan yang cukup baik di interpersonal skill, akan mampu memberikan dan menerima feedback secara konstruktif tanpa harus merasa tersinggung. 

Kemampuan skill interpersonal pada individu yang baik akan mampu mempersuasi orang lain dan mengikuti segala kegiatan yang ada pada sebuah organisasi atau lembaga. Kualitas yang sangat baik ini sangat penting bagi seseorang untuk meniti karir yang lebih baik dalam membangun sebuah organisasi atau lembaga. 

Beberapa Kriteria Interpersonal Skill yang harus dimiliki oleh Pengusaha atau Pebisnis

1. Memiliki Sikap untuk mau mendengarkan

Mendengarkan adalah salah satu proses dari komunikasi yang artinya bahwa bukan hanya sekedar mendengarkan suatu percakapan melalui telinga. Namun ini bisa lebih dari itu, mendengarkan adalah penerimaan pesan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang sesuai diharapkan.

2. Memahami Informasi Secara Seksama

Kemampuan seseorang untuk bisa memahami informasi secara seksama haruslah bisa dijalankan dengan aktual. Kemampuan ini masuk dalam proses untuk memahami pesan, memahami perintah yang diperoleh dan memahami kebutuhan orang lain dalam hal berkomunikasi.
Seorang pengusaha atau pebisnis harus memiliki kemampuan untuk menganalisis informasi yang dibutuhkan agar bisa bertindak secara tepat dan akurat. 

Mendengarkan dan memahami informasi yang didapat dan meningkatkan kualitas pesan diterima serta kemampuan mengolah informasi ini akan membentuk suatu simpul atau analisis terhadap suatu kondisi atau kejadian yang dialami.

3. Menjalin dan Memelihara Hubungan baik dengan Orang Lain

Kemampuan seseorang untuk dapat mendengarkan dan memahami pesan atau informasi yang diperolehnya secara baik, membuktikan bahwa orang tersebut memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan memiliki kemampuan menjalin  hubungan yang lebih baik dengan orang lain. 

Dalam dunia bisnis hubungan baik sangatlah penting karena bisa membentuk sebuah jaringan yang sangat luas dan hal ini akan mempermudah dalam membentuk bisnis atau pemasaran produk atau jasa yang dijual. 

4. Memberikan Feedback

Memberikan feedback atau umpan balik dalam komunikasi yang disampaikan kepada seseorang atau orang lain dengan tujuan agar orang lain tersebut mengetahui dampak perilakunya terhadap orang-orang di sekitar. 

Memberikan feedback artinya harus memahami apa yang disampaikan oleh orang lain dan berusaha untuk peduli terhadap informasi yang disampaikan.

Karena sekecil apapun feedback yang diberikan akan sangat berguna bagi lawan bicara karena artinya memiliki sikap yang baik untuk mendengarkan  informasi dan berupaya memahami apa yang disampaikan. 

5. Memiliki Kemampuan Membujuk

Setiap pribadi pastilah memiliki kemampuan untuk membujuk orang lain, baik membujuk dalam hal positif maupun hal-hal negatif. Hanya saja kemungkinan kemampuan setiap individu berbeda-beda. 

Membujuk adalah sikap atau perbuatan yang dilakukan seseorang dengan tujuan agar pihak lain mau mengikuti apa yang diinginkannya secara sukarela tanpa harus dipaksa. 


Seorang pemimpin yang memiliki interpersonal skill yang baik akan mampu memahami kebutuhan dan emosi dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara mendengarkan apa yang disampaikan dengan baik sehingga pemberi informasi akan merasa sangat dihargai. 

Kemampuan dalam berkomunikasi sangat mempengaruhi, jika seorang pemimpin memiliki sikap yang baik. Karena komunikasi merupakan cara persuasif bagi seorang pemimpin untuk menyampaikan sesuatu dengan cara yang lebih mudah dan bisa menyesuaikan karakter bawahannya 

Memaksimalkan hubungan baik dengan cara berkomunikasi dengan orang lain,  juga dibutuhkan pemahaman akan teknologi sebagai pendukung pengelolaan keuangan bisnis. 

Menggunakan beberapa software atau perangkat lunak sebagai alat komunikasi, sehingga perusahaan bisa lebih baik berkoordinasi dengan semua divisi yang ada di dalam perusahaan.

Posting Komentar untuk " 5 Interpersonal Skill yang Wajib Ada, Jika Ingin Menjadi Pengusaha"