Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Tujuan Email Marketing Bagi Dunia Bisnis


Apakah Anda ingin berbisnis dan ingin bisnis Anda maju dan berkembang pesat?
Pasti jawabannya Ya
Siapa sih yang bisnisnya tidak ingin maju dan berkembang, semuanya pasti menginginkan!

Jika ingin bisnis berkembang, salah satu cara adalah dengan menggunakan Email Marketing.

Apa Itu Email Marketing?
Email Marketing adalah suatu cara untuk membangun jaringan dengan calon pelanggan baru dan mencoba mengarahkan untuk menjadi pelanggan setia Anda atau bisnis Anda.

Email marketing merupakan hal yang bersifat personal agar bisa berkomunikasi dengan pelanggan. Perlu diketahui bahwa, tidak semua atau sembarang orang atau perusahaan bisa mendapatkan alamat email tanpa izin dari pemilik email.

Karena begitu pentingnya email bagi pribadi seseorang, sehingga bukan hal yang mudah untuk bisa mengetahui alamat email orang lain.

Fungsi dan Tujuan Email Marketing

Bagi dunia marketing, apalagi dunia bisnis marketing, email marketing bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kekuatan brand atau produk suatu barang tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Fungsi Email Marketing

Dengan banyaknya cara saat ini untuk mempromosikan produk, email marketing dapar dijadikan alat promosi yang sangat relevan saat ini. Karena di zaman sekarang setiap orang sudah memiliki handphone. Dimana handphone sendiri terkadang sudah terhubung dengan email saat pertama kali menggunakannya.

Adapun fungsi email marketing adalah :

1. Membuat Biaya Lebih Efesien Untuk Promosi

Dengan menggunakan email marketing akan memberikan promosi dan target market lebih besar dan lebih maksimal. Jika dibandingkan dengan menggunakan sosial media sebagai media promosi.

Untuk melaksanakan email marketing ini, bisa menggunakan beberapa platform yang banyak disediakan di jasa email marketing yang bentuknya beragam dan kreatif.

2. Sangat Efektif Mempromosikan Produk, Konten dan Market lainnya

Dengan memanfaatkan email, market atau pemasaran akan sangat efektif untuk di promosikan. Bagi beberapa pebisnis, email akan sangat efektif untuk menarik perhatian dan mendapat kunjungan traffic, baik di web atau blog, sosial media, maupun channel video seperti di youtube dan lainnya.

3. Mampu Menambah Followers 

Banyak penambahan followers pada akun sosial media, web atau blog. Dikarenakan email mampu mengajak orang lain untuk masuk ke berbagai media platform tersebut. Ini disebabkan karena email memiliki link yang bisa langsung menuju ke media sosial web atau blog.

Apalagi jika link email ini langsung menuju ke web atau blog sebagai media promosi. Memang ini tidak membuat SEO web atau blog menjadi lebih baik. Namun bisa saja dengan banyaknya traffic yang masuk akan memberikan dampak pada SEO di kemudian harinya.

4. Membuat Brand Bisa Lebih di Kenal

Sebagai sarana yang baik untuk meningkatkan traffic pada sosial media, web atau blog yang dijadikan media promosi brand. Email bisa menjadi sarana untuk tujuan tersebut. Yang akhirnya akan meningkatkan penjualan.
Awalnya setiap pemilik email yang menerima email berupa promosi, bisa saja mengabaikan email tersebut karena beranggapan hal tersebut tidak penting. Namun jika email baru berkali-kali masuk secara rutin, secara naluri akan juga mempengaruhi pemilik email untuk mengetahui isi dari email tersebut dan mengkliknya.

Hal ini sama dengan orang-orang yang banyak menerima pesan singkat di handphone, diluar pesan hoax. Banyak juga pebisnis yang memnafaatkan pesan singkat sebagai media promosi. Cara keduanya sama, dengan memberikan pesan kepada pemilik email atau pemilik handphone untuk mengklik pesan yang diterima dan melihatnya.

Tujuan Email Marketing

Bagi tiap pebisnis, tujuan email marketing mungkin berbeda. Ini dilihat dari tujuan email marketing ini digunakan.

Namun garis besar secara umum, jika email marketing ini digunakan untuk keperluan bisnis. Ada 4 hal tujuan dari email marketing.

1. Untuk Menawarkan Produk

Dengan email, pebisnis dapat menawarkan produk tertentu yang bisa bersifat pribadi. Dan ini kemungkinan besar bisa terjadi penjualan produk yang ditawarkan. Tinggal bagaimana cara pebisnis atau marketer mampu membuat target konsumen menjadi sangat tertarik dengan produk yang ditawarkan.

2. Membangun Hubungan atau Relationship

Dengan perkembangan teknologi saat ini, persaingan media untuk saling berkomunikasi sangatlah ketat. Waktu dulu untuk bisa berhubungan atau menjalin hubungan dengan orang lain selain menggunakan pesawat telepon. Alat kedua yang dipakai untuk menjalin relationship adalah dengan email.

Walau sekarang sudah banyak media yang bisa digunakan untuk menjalin hubungan selain email. Namun bagi beberapa orang, email masih merupakan media yang lebih baik jika ingin menjalin hubungan, apalagi bisnis. Karena mungkin email masih dianggap lebih elegan dibandingkan dengan beberapa media lainnya.

3. Membangun Database

Membangun atau menyimpan database relasi, merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Ini karena untuk terus bisa berhubungan tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Memang banyak media lain yang bisa digunakan dan cara kerjanya sama dengan email.

Namun platform email masih lebih baik atau diatas dalam memberikan pelayanan membangun dan menyimpan database para relasi, apalagi para relasi bisnis.

Sehingga jika ingin membangun jaringan bisnis, email masih lebih baik digunakan. Dan media lainnya hanya sebagai pendukung untuk tetap menjalin hubungan atau relationship.

4. Membangun Bisnis Berjangka Panjang

Untuk meraih sukses dalam bisnis, pasti akan diterapkan strategi jangka pendek dan jangka panjang. Walau kedua sama-sama bertujuan untuk menjadikan bisnis lebih efektif dan efesien.

Maka untuk itu perlunya hal yang bisa menunjang keduanya. Apalagi jika ingin menerapkan bisnis jangka panjang. Hal yang paling utama adalah memiliki database yang optimal untuk menyimpan semua data relasi bisnis. Baik relasi baru, relasi lama maupun relasi yang mungkin pasif tapi memiliki prosek untuk aktif kembali atau diaktifkan.

Banyak perusahaan yang memanfaatkan database untuk tetap bisa menjalin hubungan dengan relasi terus-menerus. Dan platform yang paling mampu melakukan dan menunjang hal ini adalah email.

Email akan bisa menyimpan database relasi bisnis sangat banyak dan besar. Sehingga tidak perlu menggunakan database atau hosting lainnya.

Ini bisa dilihat ketika membuka email, banyak email masuk yang berisi tentang berbagai penawaran. Bukan hanya itu saja, email masuk terkadang bisa berupa brand produk, mengedukasi customer, mencari karyawan atau mengadakan event dengan pemberitahuan melalui email. Dan media lainnya belum tentu bisa melakukan pekerjaan seperti email.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Tujuan Email Marketing Bagi Dunia Bisnis"