Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menggunakan Fitur Marketing di Instagram

Tips menggunakan instagram stories untuk pengembangan bisnis

Instagram bukan lagi merupakan platform berbagi foto seperti saat pertama kali diluncurkan. Namun sekarang sudah menjadi platform yang banyak digunakan untuk bisnis / marketing.

Instagram sudah dijadikan para influncer saat ini  untuk mencari keuntungan pribadi, bukan lagi terfokus sekedar berbagi tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Dalam perkembangan, instagram sudah lebih banyak digunakan para kalangan bisnis untuk mempromosikan produk. Baik menggunakan platform instagram sendiri maupun menggunakan influencer instagram yang sudah memiliki banyak pengikut.

Biasanya para influencer agar bisa memperoleh pengikut yang banyak selalu mengupdate status instagramnya dengan konten yang tetap relevan sambil di ikuti dengan konten-konten baru. Yang biasanya konten baru ini selalu berisikan sisipan berbau promosi.

Berikut Tips Menggunakan Instagram sebagai Platform Bisnis

1. Beralih Profil Instagram ke Bisnis

Seperti sosial media lainnya, platform instagram biasa juga bisa di ubah ke platform media bisnis. 

Caranya buka setelan dan langsung beralih ke 'Profil Bisnis" untuk memulai.

Ada beberapa keuntungan jika menggunakan platform instagram bisnis :
1. Platform Instagram bisnis memiliki tombol kontak untuk di hubungi
2. Profil instagram bisnis memiliki fitur untuk membuat dan mempublikasikan iklan
3. Memiliki Insight sebagai alat analitik untuk mengetahui tayangan dan jangkauan postingan

Semua platform instagram bisnis bisa diperoleh secara gratis ketika beralih ke profil bisnis yang dapat digunakan untuk melacak metrik dan memahami prilaku audiens.

2. Gunakan Semaksimal Mungkin Alat Instagram Bisnis

Bisa dikatakan profil bisnis di Instagram tidak jauh berbeda dengan profil bisnis Facebook. Di profil bisnis instagram, bisa dilihat statistik seperti tayangan, data keterlibatan, demografi pengikut, termasuk informasi usia audiens, jenis kelamin, jam aktif audiens dan lain sebagainya.

Sebagai media bisnis, platform instagram bisnis tidak ada bedanya dengan platform media bisnis lainnya. Semua data analitik akan di tayangkan pada periode tertentu yang bisa dilihat. Sehingga bisa di jadikan tolak ukur sebagai dalam pengembangan bisnis.

Dan semu fitur bisnis yang ada di instagram bisnis bisa digunakan secara gratis, agar pengguna instagram bisnis bisa menggunakannya untuk memahami dengan tepat para pengguna instagram yang berinteraksi dengan profil bisnis instagram Anda.

3. Promosikan Produk Semenarik Mungkin untuk Mendorong Orang Membeli

Untuk mencapai pemasaran yang bagus dengan menggunakan instagram bisnis, postinglah produk yang ditawarkan dengan treaser (rayuan atau godaan). Sehingga timbul hasrat membeli yang melihat postingan produk yang ditawarkan.

Namun yang perlu diingat dalam memposting iklan di instagram, jangan sampai ada rasa memaksakan produk agar di beli. Tapi iklankan produk dengan lembut, santun dan interaksi yang baik. Sehingga target konsumen merasa nyaman.

Semua ini sangat di sarankan pada semua bidang industri. Tanpa memaksa tapi memberikan aroma menggoda pada setiap iklan, sehingga bisa menarik konsumen untuk membeli.

Walau mereka atau konsumen tidak ada niat untuk membeli, setidaknya mereka akan terlibat pada postingan Anda. Ya, paling tidak memberi like terhadap postingan. Itu sudah menjadi modal yang bagus.

Yang terpenting jangan ragu atau takut untuk memposting sebuah produk / iklan di beranda instagram Anda. Lakukan dengan lembut dan rayuan yang menggoda, pasti ada jalan agar iklan atau produk Anda menjadi sangat menarik dan akan ada yang membeli.

4. Buat iklan bersponsor

Seperti iklan bersponsor di facebook, instagram juga menyediakan iklan bersponsor di flatformnya. Sehingga Anda bisa gunakan untuk lebih banyak menjangkau audiens yang lebih banyak dan tertarget.

Dengan iklan bersponsor yang ada di instagram, Anda bisa mengontrol berapa jumlah iklan yang ingin ditampilkan dengan kemampuan anggaran yang sesuai dengan kemampuan.

Iklan bersponsor akan memberi efek lebih terhadap audiens yang dituju atau audiens yang lebih menjadi prioritas. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan pembeli akan lebih besar dibandingkan hanya sekedar upload postingan saja.

Khusus beriklan sponsor di instagram, gunakan konten yang menarik sekaligus target demografis yang diinginkan saja. Dengan begitu iklan hanya tampil di area dan batas usia yang telah Anda tentukan.

Iklam bersponsor akan menambah lebih pada kinerja iklan Anda, karena iklan akan mengarah pada pelanggan yang potensial saja. Jalankan postingan ke audiens yang berbeda di tiap waktu berbeda, ini berguna mendapatkan interaksi yang lebih banyak dan audiens yang berbeda.

Bentuk iklan bersponsor yang dapat Anda posting bisa berupa foto, video, iklan dimanis, sebuah cerita, cerita kanvas dan iklan lainnya yang mungkin bisa Anda buat berbeda.

5. Gunakan Instagram Stories

Instagram stories berbeda dengan platform instagram biasa. Perbedaannya instagram stories memiliki format slideshow yang akan membuat stories Anda terlihat lebih keren.

Slideshow biasanya akan ditampilkan selama 24 jam di beranda instagram stories Anda. Tapi kelebihan instagram stories dapat menyimpan stories Anda dan dapat dipergunakan kembali nantinya.

Fitur stories yang ada di instagram stories mirip dengan Snapchat Stories dan kedua merupakan pesaing dalam menampilkan stories dalam platform masing-masing.

Namun kelebihan instagram stories akan menampilkan stories di bagian atas walau masih dalam format yang kecil.

Jika ada yang mengklik foto Anda yang berada dibagiab atas, maka akan muncul seluruh story Anda dan semuanya akan terlihat.

Dengan instagram stories, Anda akan bisa melakukan eksperimen pada semua konten Anda di instagram. Baik berupa foto, video pendek, video rewind maupun live video. Anda bisa menggunakan fitur Canva dan InVideo pada instagram stories sehingga membuat gambar dan video Anda akan menjadi lebih menarik dan tampil beda.

Anda juga bisa menandai stories influencer lain yang menurut Anda bagus dan Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer lainnya.

Fitur pendeteksi wajah atau fitur filter wajah yang ada di instagram stories bisa Anda gunakan untuk mengedit gambar atau beberapa editing visual yang sangat bagus sehinga akan menampilkan foto Anda yang lebih menarik.

6. Bermitra dengan influencer untuk jangkauan yang lebih luas

Dengan instagram stories Anda akan bisa menjangkau lebih luas pelanggan Anda di instagram dan Anda bisa menjalin hubungan lebih luas dengan beberapa influencer yang akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih banyak.

7. Siapkan hashtag yang tepat 

Jika Anda ingin membuat interaksi instan, hashtag yang tepat merupakan cara terbaik untuk lebih cepat menjangkau audiens.

8. Posting di waktu yang tepat (dan jangan posting berlebihan)

Postinglah stories anda di waktu yang tepat dan jangan berlebihan, ini untuk mencegah audiens merasa bosan dengan stroies Anda yang mungkin memiliki alur cerita yang sama.

Jika stories Anda selalu terus tampil di umpan balik, dan audiens Anda merasa terganggu. Bisa saja mereka akan berhenti mengikuti Anda.

Jadi Anda harus pintar mencari waktu, kapan saat yang tepat untuk memposting stories Anda yang baru. Jangan karena ingin memasakkan diri untuk mendapatkan penjualan. Anda membabi buta memposting storie baru. Yang malah akan membuat audiens Anda merasa bosan.

9. Pastikan Anda melacak metrik yang tepat

Gunakan fitur metrik dengan baik, agar Anda bisa mengetahui dan mengoptimalkan kinerja dari halaman stories Anda. Anda akan bisa melihat, stories mana yang lebih mendapat perhatian dari audiens Anda.

Sehingga Anda bisa mengukur kinerja iklan Anda dan  memperbaiki jika ada yang perlu diperbaiki. Anda dipastikan tidak akan bisa meningkatkan kinerja stories di instagram Anda. Jika Anda tidak mengetahui kinerja halaman dan postingan Anda, apakah bekerja baik atau tidak.

Itulah bagaimana Anda bisa menggunakan Instagram Stories untuk meningkatkan bisnis Anda. Gunakanlah sebaik mungkin dan semaksimalkan mungkin. Dan perlu diingat, jangan terlalu memaksa dan berlebihan. Lakukan dengan cara yang sederhana namun menggoda dan bisnis Anda akan bisa menarik audiens lebih banyak.

Posting Komentar untuk "Tips Menggunakan Fitur Marketing di Instagram"