Kapan Penerapan SEO Mulai Bekerja Optimal di Website?
Berapa lama SEO mulai bekerja optimal pada website?
Pertanyaan yang sedikit perlu penjelasan panjang untuk menjawabnya, karena tidak bisa dipastikan SEO bisa tepat waktu ketika di optimal kan.
Hanya ada 3 hal yang bisa mempengaruhi waktu yang dibutuhkan SEO untuk dapat bisa bekerja optimal. Seperti persaingan, tautan masuk dan tidak kalah penting adalah konten yang berkualitas.
Berapa Lama SEO Dibutuhkan?
Faktor yang mempengaruhi optimal SEO:
1. Tingkat Persaingan SEO
2. Membangun Inbound Link (Tautan Masuk)
3. Kualitas Konten yang Tinggi
Banyak muncul pertanyaan dari beberapa blogger “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk SEO bisa bekerja secara optimal?”
Untuk menjawab ini jelas sangat sulit, karena tidak ada satupun jawaban pasti tentang masalah ini. Karena supaya SEO bisa bekerja secara optimal, banyak variabel yang berperan dan semua variabel tersebut harus selalu mendukung antar satu variabel dengan variabel lainnya.
Jika variabel bisa terpenuhi, paling cepat optimal SEO bisa bekerja dengan rentang waktu empat bulan hingga satu tahun. Tapi bisa lebih cepat dan bisa juga lebih lama, tergantung 3 hal tersebut diatas.
Untuk mencari tahu berapa lama SEO bisa bekerja optimal, Anda bisa mengevaluasi data kepada tiga hal diatas, persaingan SEO, tautan masuk dan kualitas konten. Setelah itu Anda bisa mengekstrapolasi untuk mendapatkan gambaran berapa lama waktu yang dibutuhkan SEO bisa bekerja optimal.
3 Hal yang Mempengaruhi Kinerja SEO
1. Pengaruh Persaingan SEO
Semakin banyak halaman web yang membahas tentang suatu hal, sudah dipastikan tingkat persaingan SEO semakin tinggi. Dan ini sudah sangat jelas membutuhkan waktu semakin lama supaya artikel Anda bisa berada di posisi atas pada mesin penelusuran.
Bisa saja artikel atau konten Anda berada di posisi atas pada artikel yang penerapan SEO-nya rendah, tapi jika Anda ingin melampaui artikel atau web yang memiliki SEO penerapan sangat baik.
Ini berarti Anda perlu kerja keras dan berpikir keras untuk bisa melewati artikel tersebut dan mungkin Anda membutuhkan waktu yang lebih lama.
Saat sekarang blog sudah juga dikelola oleh badan profesional. Tidak lagi merupakan mainan blogger pada zaman dulu. Sekarang blog atau web sudah tidak lagi dikelola oleh satu atau beberapa orang saja, melainkan sudah dikelola badan atau perusahaan besar.
Sehingga persaingan pun semakin tinggi dan ketat, hal ini terbukti secara fakta bahwa blog atau web yang berada di posisi puncak selalu di kuasai oleh badan-badan lembaga atau perusahaan-perusahaan besar.
Yang notabene di belakang badan/lembaga/perusahaan terdapat banyak sosok profesional SEO yang mengelola blog atau web tersebut.
Aspek yang paling banyak di abaikan oleh para blogger pemula / individu adalah korelasi antara volume persaingan dengan niche, sehingga persaingan SEO selalu dimenangkan oleh web yang membahas niche yang sama.
Banyaknya lembaga atau perusahaan yang ikut serta membahas suatu niche, membuat persaingan semakin meningkat dan cukup ketat. Dan akhirnya mereka semua menguasai posisi teratas di mesin pencarian.
Perusahaan atau lembaga memiliki kemampuan dan sumber daya besar untuk menyewa tenaga ahli SEO yang sudah berpengalaman.
Jika Anda berusaha untuk melawan mereka, sudah dipastikan untuk sulit dan susah memenangkan persaingan.
Jadi jalan baiknya bagi Anda adalah mengevaluasi niche dan SEO yang Anda bahas, dengan memperhatikan persaingan niche yang mungkin sedikit persaingan.
Selain itu Anda juga perlu mengawasi atau memata-matai lawan Anda, segala kegiatan dan aktivitas mereka dalam kurun waktu beberapa bulan ke belakang.
Ini untuk memudahkan Anda mengambil posisi dimana Anda harus mengambil keputusan.
Ini sangat penting, Anda pikirkan dan pelajari. Daripada Anda harus berjuang keras melawan kekuatan mereka. Lebih baik mencari alternatif lain yang mungkin lebih menguntungkan.
2. Pengaruh Inbound Link dalam Mempercepat Optimasi SEO
Peran dan pengaruh inbound link untuk mempercepat pengaruh SEO sudah tidak perlu diragukan, yang jelas pengaruhnya sangat besar dan sangat penting sekali.
Ini sudah menjadi kewajiban di beberapa pakar SEO, mereka mengatakan bahwa tautan memiliki peran besar untuk mempercepat peran SEO agar cepat bekerja.
Tapi juga belum ada satupun yang bisa memastikan, berapa waktu yang dibutuhkan. Semua juga masih bergantung dengan beberapa faktor yang harus dipelajari lebih dalam.
Tapi bisa dipastikan, banyaknya tautan yang mengarah ke website Anda memiliki peran besar untuk mempercepat SEO bekerja secara optimal.
Tapi ini bukan hanya berapa banyaknya tautan yang Anda bangun atau tautan yang mengarah ke website Anda. Lebih daripada itu, banyak variabel lain yang harus Anda per hitungkan.
Tautan yang lebih sedikit terkadang mampu mempercepat proses kerja SEO, karena memiliki kualitas yang tinggi dan sangat relevan.
Daripada tautan dalam jumlah besar, namun memiliki kualitas rendah dan tidak relevan. Lebih baik Anda membuat tautan yang sedikit namun sangat berkualitas dan sulit untuk ditiru pesaing Anda.
Karena jika Anda mampu membangun tautan (inbound link) yang memiliki kualitas yang sangat tinggi, sudah dipastikan akan sulit untuk ditiru pesaing. Dan ini merupakan langkah terbaik untuk menuju jalan berada di peringkat tertinggi di mesin pencarian.
Ada hal lain juga yang perlu Anda pikirkan, tautan beragam dari beberapa tempat juga sangat mempengaruhi tingkat SEO Anda. Bayangkan saja, apakah Anda mampu membangun sendiri tautan.
Sudah pasti itu akan membuat Anda sangat lelah dan menguras energi yang sangat besar.
Makanya diperlukan tautan organik dari sumber yang berasal dari luar, yang dibangun oleh pihak lain. Karena itu sangat penting, Google akan melihat bahwa tautan yang terbangun secara organik membuktikan bahwa konten Anda sangat baik dan menarik.
Karena membangun tautan sendiri malah akan terlihat dipaksakan, dan menunjukkan peningkatan yang tidak wajar. Jika ini terjadi, Google akan beranggapan bahwa ada manipulasi peringkat melalui tautan yang tidak wajar.
Dan ini malah bisa sangat merugikan Anda sendiri. Maka lebih baik Anda membuat konten yang berkualitas daripada membangun banyak tautan.
Biarkan tautan terlihat terbentuk secara alami, yang akan terlihat oleh Google diperlakukan secara wajar. Sehingga Google akan memberikan peringkat terbaik bagi website Anda.
Jika Google melihat ada peningkatan tautan masuk yang tidak wajar, Google akan melakukan peninjauan secara manual terhadap tautan masuk ke web Anda.
Dan jika ada ketidakbenaran, maka Google akan memberi hukuman terhadap web Anda. Dan ini malah akan merugikan Anda sendiri.
Jika web Anda mendapatkan tautan yang relevan dan memiliki kualitas yang tinggi, sudah dipastikan peringkat website Anda akan cepat naik.
Tautan akan mempercepat peringkat web Anda naik, namun kecepatan ini harus terlihat stabil. Biasanya tautan yang alami akan menunjukkan pertumbuhan yang terlihat stabil.
Anda sebenarnya bisa melihat grafik peningkatan, jika pertumbuhan grafik terlihat stabil dan wajar. Akan terlihat seperti ini:
Grafik pertumbuhan web yang terlihat alami |
Namun jika Anda sendiri menggunakan teknik Black Hat, maka pola pertumbuhan grafik web Anda akan terlihat tidak wajar.
Grafik pertumbuhan yang terlihat tidak wajar |
Dan ini akan terlihat mencurigakan bagi Google untuk melakukan peninjauan secara manual terhadap web Anda.
3. Pengaruh Konten Untuk Mengoptimalkan SEO
Apa bentuk dari semua hal adalah kualitas, begitu juga dengan website. Website akan menunjukkan perkembangan yang baik, jika website mengandung isi konten yang berkualitas.
Konten yang berkualitas pada situs web sangat berperan untuk meningkatkan pertumbuhan. Jangan Anda mengira dengan menulis konten dengan beratus kata bahkan ribuan kata, akan cepat meningkatkan pertumbuhan website tanpa diisi dengan kualitas konten yang memadai.
Google sendiri tidak pernah menetapkan berapa jumlah kata yang ideal yang harus ada didalam sebuah konten. Dan ada juga yang berpendapat bahwa menerbitkan konten perhari dengan jumlah yang banyak akan mampu meningkatkan kunjungan pada website akan lebih cepat.
Jika Anda berpikir demikian, semua tidak benar dan Anda harus membuang semua pikiran seperti itu. Itu hanyalah pendapat yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.
Kecuali website yang masuk dalam kategori berita, dan Google mengetahui ini dan itu wajar adanya. Website berita memang masuk dalam kategori website yang setiap hari harus memberi beragam informasi yang up to date setiap harinya.
Memang membuat konten atau artikel yang berkualitas tidaklah mudah, bahkan bisa membutuhkan waktu cukup lama. Tapi jika kategori konten tersebut tersebut ada di website Anda, bersiap-siaplah website Anda akan mendapat kunjungan perhari yang meningkat cepat dan terus meningkat di hari-hari berikutnya.
Ada hal lain yang juga bisa mempengaruhi peningkatan kunjungan pada website, yaitu usia web itu sendiri. Website yang sudah memiliki usia cukup lama, memiliki peluang untuk mendapat peningkatan lebih cepat.
Tapi bukan berarti website yang baru berumur jagung tidak bisa memiliki kesempatan yang sama. Namun ada faktor lain yang bisa diterapkan bagi website baru untuk mengejar ketinggalan.
Yaitu, menetapkan jadwal penerbitan yang berkesinambungan atau dengan kata lain konsisten menerbitkan konten setiap waktunya. Daripada menerbitkan konten secara melonjak atau banyak per harinya.
Ada alasan tepat mengapa website baru direkomendasikan untuk menerbitkan konten secara berkesinambungan.
- Ini untuk menunjukkan kepada Google bahwa website Anda selalu menerbitkan konten secara teratur, yang akan mendorong spider untuk menelusuri website Anda sesering mungkin. Dan ini pengaruhnya sangat baik untuk pengembangan SEO Anda di Website.
- Ini akan mendorong pengunjung yang sudah mengenal website Anda akan kembali berkunjung. Dan Google akan mendapatkan sinyal positif dari website Anda untuk membantu peringkat website dan hasil dari ini semua akan mempercepat upaya SEO yang telah Anda lakukan.
Ada faktor lain yang juga harus Anda pertimbangkan untuk perkembangan SEO website Anda, memperbaiki konten, menyimpan konten atau menghapus konten yang mungkin sudah tidak layak untuk diterbitkan.
Mesin telusur selalu akan menyisihkan sejumlah konten yang memiliki kinerja buruk dan membantu meningkatkan kinerja situs yang memiliki kinerja lebih baik yang didalamnya memiliki konten berkualitas.
Namun dari semua hal diatas, konten yang orisinal, berkualitas dan bermanfaat yang mampu menjawab semua kebutuhan pengunjung Anda. Ini lebih utama untuk meningkatkan kinerja SEO website Anda.
Konten yang memiliki kualitas sangat tinggi akan lebih cenderung mendapatkan banyak tautan alami dibandingkan dengan konten yang berkualitas rendah.
Jadi bisa dikatakan konten memiliki peran penting dan juga mempengaruhi upaya untuk membangun tautan.
Terkadang muncul pertanyaan, “Apakah SEO bukan penunjang utama bagi website?”.
Jika saya harus menjawab ini, jelas ini akan sulit. Permainan SEO bisa di ibaratkan seperti seorang peramal. Bisa ramalan menjadi tepat atau bahkan tidak tepat sama sekali.
Namun pengalaman bisa menjadi guru terbaik Anda untuk terus meningkatkan pengetahuan SEO Anda, apa yang harus Anda lakukan atau apa yang harus Anda campakkan.
Mungkin Anda bisa melihat perkembangan pada salah satu konten Anda mengalami peningkatan secara spesifik lebih cepat. Tapi tanpa Anda sadari, kemungkinan konten tersebut menggunakan persaingan kata kunci yang sedikit.
Beda halnya dengan persaingan sebuah topik dengan kata kunci yang ketat, bisa membutuhkan waktu yang lebih lama. Bahkan bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan bisa setahun kemudian.
Intinya kesabaran juga menjadi ujian bagi diri Anda, jika Anda tidak sabar memang Anda bisa melakukan taktik yang tidak disukai oleh Google, yaitu Taktik Black Hat.
Black Hat memang bisa mempercepat sumber daya untuk meningkatkan lalu lintas di website, namun hal ini sudah tentu melanggar pedoman komunitas Google sendiri.
Cara ini memang sangat manjur bagi yang tidak sabar dan ingin cepat mendapatkan traffic kunjungan ke website yang banyak dalam jangka waktu pendek.
Namun untuk jangka waktu panjang, taktik ini tidak akan berguna sama sekali. Dan akhirnya website akan berada jauh di belakang halaman pencarian Google. Bahkan bisa sama sekali tidak akan terlihat ada.
Untuk kemajuan website, apalagi yang baru diterbitkan. Sudah saya katakan kesabaran menjadi hal mutlak untuk perkembangan website. Karena sudah sangat jelas, membangun website seperti kita berinvestasi.
Yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bisa satu tahun kemudian, setelah itu barulah terlihat hasil dari jerih payah Anda. Namun itupun harus melalui praktek penerapan SEO yang benar sesuai dengan keinginan Google.
Saya sendiri berani mengatakan ini, karena Google sendiri mengatakan hal seperti ini:
“In most cases, SEOs need four months to a year to help your business first implement improvements and then see potential benefit.”
Jika diterjemahkan:
“Dalam kebanyakan kasus, SEO membutuhkan empat bulan hingga satu tahun untuk membantu bisnis Anda menerapkan peningkatan terlebih dahulu dan kemudian melihat potensi manfaatnya”.
Dengan fakta ini, cukup jelas digambarkan. Butuh waktu bagi website untuk bisa berada di puncak halaman Google. Belum lagi setiap harinya muncul pesaing baru, yang siap menggeser posisi website Anda.
Jadi Anda perlu menjaga dan bekerja keras untuk bisa mempertahankan posisi, tidak bisa dengan melihat posisi sudah baik. Terus Anda merasa puas dan tidak melakukan apa-apa lagi.
Ingat pesaing Anda akan selalu berupaya untuk menggeser posisi Anda saat ini dan akan terus melakukan hal agar bisa menggeser posisi Anda. Dan bahkan melakukan hal yang tidak terpuji demi mencapai keinginannya.
Kesimpulan:
- Anda, saya dan kita semua tidak bisa memprediksi kapan secara tepat SEO bisa optimal bekerja.
- Namun Anda masih bisa membuat ramalan atau tebakan berdasarkan variabel-variabel yang Anda buat. Dengan seiring waktu, Anda bisa mengambil kesimpulan dari prediksi yang telah Anda lakukan.
- Persaingan Niche dan kata kunci menjadi salah satu kunci yang bisa Anda ambil untuk menerapkan seberapa cepat SEO yang Anda terapkan bisa langsung bekerja secara optimal.
Posting Komentar untuk "Kapan Penerapan SEO Mulai Bekerja Optimal di Website?"