Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perang Sampit Antara Suku Dayak dan Madura Mesti Menjadi Pelajaran Untuk Saling Menjaga dan Menghormati Agar Terjalin Keharmonisan Hubungan Sosial Antar Suku di Indonesia





Image by Speedy McVroom from Pixabay


Terjadinya gesekan antara suku Dayak dan Madura di Kalimantan Tengah. Sebenarnya tidak perlu terjadi ketika kesadaran sebagai suku yang satu dalam Bhineka Tunggal Ika menjadi pedoman yang kuat dalam berbangsa.

Hal ini sangat disayangkan, karena mengorbankan beberapa nyawa manusia yang mati secara sia-sia karena merasa diri paling benar dan paling hebat untuk menjadi yang paling diantara yang lain.




Peristiwa ini sungguh sangat mengiris hati dan sangat menjadi sejarah kelam bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa dan negara yang memiliki banyak dan ragam suku, yang mampu membuat Indonesia sebagai negara yang unik dan beda dengan negara tetangga dan negara yang ada didunia.

Kejadian ini jangan sampai terulang lagi, dan akan menjadi sejarah yang akan didengar oleh generasi dan menimbulkan dendam sejarah bagi genarasi selanjutnya. 

Indonesia dikenal di dunia karena merupakan negara yang paling banyak memiliki suku yang berbeda dari berbagai etnis yang menjadi simbol suatu daerah.

Gesekan memang bisa saja terjadi, bukan antar suku dan etnis. Antar keluarga saja gesekan kepentingan tidak bisa dihindari. Tapi jika rasa sayang ada dihati dan membaur untuk saling menghormati, gesekan yang terjadi pasti memiliki jalan keluar untuk mencari penyelesaian.





Demi menjaga hubungan antar suku yang ada di Indonesia, pembauran suku dan adat istiadat perlu difasilitasi oleh negara atau pemerintah setempat. 

Dimana diadakannya pemersatu budaya, dimana dua budaya atau beberapa budaya disatukan untuk menjadi budaya baru yang akan membuat dua suku atau beberapa suku merasa bersaudara tanpa menghilangkan budaya lama atau budaya nenek moyang.

Dengan pembauran budaya ini, diharapkan akan muncul budaya yang akan diperingati bersama untuk menjaga hubungan yang harmonis antar suku. Dan jika ini dibuat bersama antar suku yang ada di daerah dan menjadi acara tahunan.

Jika dikelola dengan baik, pastilah akan mendatangkan penghasilan daerah bahkan masyarakat setempat dibidang pariwisata.




Posting Komentar untuk "Perang Sampit Antara Suku Dayak dan Madura Mesti Menjadi Pelajaran Untuk Saling Menjaga dan Menghormati Agar Terjalin Keharmonisan Hubungan Sosial Antar Suku di Indonesia"