Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Print Lembar Kerja Di Excel Dengan Printer Epson

Untuk mencetak lembar kerja excel atau print di excel yang telah dibuat sebenarnya sama saja dengan di word. Hanya saja di excel sedikit berbeda.

Terkadang jadi masalah bagi yang baru saja mengenal excel. Ketika akan mencetak banyak hasil lembar kerja yang terpotong. Beda dengan Ms. Word, hanya cukup mengatur ukuran lembaran kerja sudah bisa di cetak, cukup dengan menekan Ctrl+P.




Ok..., kalau ingin print lembar kerja excel, hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah ukuran kertas yang akan digunakan. Apakah menggunakan letter (kwarto), A4 atau Folio (F4) dan orientasi kertas (potret atau landscape).

Yang benar-benar harus diperhatikan, pengaturan ini bukan hanya dilakukan di program excel saja, tapi juga harus diatur di printer yang digunakan. Jadi intinya kedua aturan ini harus di set di excel maupun di printer.

Andai saja, printer yang digunakan adalah epson. Ukuran kertas yang digunakan adalah ukuran A4 dan posisinya adalah landscape.

Maka setting pengaturan ini di printer. Untuk mengatur ini bisa dilakukan langsung di printer atau melalui lembar kerja excel.




Pengaturan di Printer
1. Tekan tombol search
2. pilih Device and printer
3. Pilih printer yang digunakan (klik) lalu Klik kanan mouse
4. Klik printing preferences
5. Dan atur semua settingan di printer yang diinginkan

Tapi perlu diingat ketika mengatur langsung di printer, pengaturan ini akan menjadi permanen dan berlaku untuk semua settingan bukan hanya di excel saja.

Beda halnya jika mengatur pengaturan lembaran cetak di excel, hanya berlaku di lembar kerja excel saja. Tidak berlaku untuk semua lembar kerja di program lainnya.

Pengaturan Lembar Kerja di Excel untuk Printer
1. Tekan Ctrl+P
2. Pilih printer yang digunakan
4. Klik Properties
5. Dan atur semua settingan di printer
6. Tekan tombol Cancel, jangan OK

Ada satu lagi cara mengatur settingan printer, tapi melalui lembar kerja excel.
1. Klik logo Page Setup
2. Pilih Option
3. Dan atur semua settingan di printer
4. Lalu tekan tombol OK dan OK

Tiga pengaturan diatas digunakan untuk mengatur settingan di printer, bukan untuk lembar kerja di excel.

Pengaturan Lembar Kerja di Excel, sebagai berikut :
1. Klik logo Page Setup
2. Atur orientasi
3. Atur ukuran model kertas yang digunakan (paper size)
4. Tekan tombol OK

Tapi ini rahasia yang harus diketahui bagi pengguna excel. Pengaturan ukuran kertas di Excel semua ada, hanya satu yang tidak ada. Yaitu ukuran folio (F4).






Tapi sebenarnya untuk mengatur ukuran kertas folio (F4), ketika kita sudah mengatur settingan melalui page setup, seperti "Pengaturan Lembar Kerja di Excel, sebagai berikut" secara otomatis ukuran kertas pada lembar kerja sudah mengikuti pengaturan yang diatur diprinter.

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan lagi sebelum mencetak lembar kerja excel. Ini yang terkadang menjadi masalah bagi pengguna atau baru melakukan pekerjaan di lembar kerja excel.

Ketika telah mengikuti salah satu satu dari tiga pengaturan diatas. Sebelum mencetak, priview terlebih dahulu lembar kerja di excel. Apakah sudah sesuai dan tidak ada hasil lembar kerja yang terpotong.

Jika setelah dipreview masih ada lembar kerja yang terpotong, lakukan cara berikut setelah melihat lembar preview :
1. Tekan logo page setup
2. Pilih atau checklist "Fit to"

Maka hasil lembar kerja akan terlihat lebih kecil, dibandingkan dengan halaman kertas yang digunakan.

Untuk mengatasi ini lakukan cara ini :
1. Klik Preview
2. Perbesar % "Adjust to" jika lebih perkecil kembali sampai lembar kerja sesuai

Atau lakukan cara ini, jika memperbesar persentase Adjust berlebih.

1. Klik View di menu bar
2. Pilih "Page Break Preview"
3. Geser garis biru sampai batas kanan dan batas bawah halaman lembar kerja

Geser dengan bantuan mouse, arahkan mouse ke garis biru. Klik dan tahan lalu geser.


Itulah cara yang harus dilakukan jika ingin mencetak atau print lembar kerja di excel.




Posting Komentar untuk "Print Lembar Kerja Di Excel Dengan Printer Epson"