Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Halaman (Kertas) Di Microsoft Word Dengan Page Break



Dalam membuat halaman baru pada Microsoft Word cukuplah mudah, cukup enter sampai bahaw pasti halaman berikutnya atau halaman kedua akan muncul.

Yang menjadi masalah bukanlah membuat halaman barunya, tapi ketika begitu banyaknya halaman dan harus merubah isi dari salah satu halaman. Maka halaman berikutnya juga akan berubah posisinya atau bergeser.

Ini yang menjadi maslah jika jumlah halaman pada Microsoft Word cukup banyak. Memang kalau hanya selembar dua lembar tidaklah masalah.

Jadi kalau mau membuat halaman baru disarankan menggunakan Page Break. Kenapa harus menggunakan Page Break???.

Karena jika menggunakan Page Break, setiap isi halaman masing-masing tidak akan berpengaruh pada halaman lain jika ada penambahan tulisan pada halaman tersebut.




Misalkan seperti ini....


Ada dua halaman seperti gambar diatas, setiap halaman memiliki isi (tulisan). Tidak tahunya halaman pertama ingin ditambah tulisan kemabli untuk penyempurnaan. Dengan beberapa paragraf baru.

Misalkan saja ada tiga paragraf baru yang ditambahkan....dan berada di tengah tulisan.



Lihatlah jika menggunakan Page Break, maka isi halaman pertama akan bertambah dan mengisi kehalaman kedua. Sementara BAB II sendiri secara otomatis membuat halaman baru karena tidak ingin bercampur dengan isi halaman pertama yang juga ada dihalaman kedua.

Beda hal jika kita tidak menggunakan Page Break, BAB II akan bencampur dengan isi halaman pertama yang ada di halaman kedua.

Lihat seperti gambar dibawah ini.....



Posisi BAB II hanya bergeser sesuai dengan penambahan paragraf baru di BAB I. Tapi hanya bergeser menyesuaikan tambahan paragraf. Sehingga tulisan BAB II bercampur dengan tulisan BAB I di halaman kedua.

Hal inilah yang menjadi masalah jika halaman berjumlah sangat banyak atau mungkin memiliki halaman sampai puluhan bahkan ratusan.

Bayangkan harus melihat satu persatu halaman dan menggesernya dengan menekan enter pada keyboard. Bisa dibayangkan repotnya jika hal tersebut terjadi.

Jadi untuk menghindari hal ini lebih baik menambah halaman (kertas) di Microsoft Word jika nantinya mempunyai halaman yang banyak. Lebih baik menggunakan Page Break untuk menambah halaman (kertas) baru di Microsof Word.



Posting Komentar untuk "Cara Menambah Halaman (Kertas) Di Microsoft Word Dengan Page Break"