Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Macam Browser Untuk Berselancar Di Dunia Maya (Internet)


Perkembangan teknologi digital pada saat ini sungguh sangat canggih dan sangat maju. Pada saat zaman dahulu, untuk mendapatkan sebuah informasi kita harus membeli sebuah surat kabar atau majalah yang berisi tentang segala informasi yang bisa kita peroleh dari surat kabar atau majalah.

Di era digital pada saat ini, informasi sangat mudah didapat hanya dengan sebuah gadget atau Ponsel pintar yang teknologinya sudah sangat maju dan berkembang dengan begitu canggihnya.

Semua informasi bisa kita peroleh hanya dengan Browsing di internet, dan tidak lagi perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak seperti pada era dahulu yang setiap harinya harus mengeluarkan dana untuk mendapatkan sebuah informasi.





Untuk bisa mendapatkan informasi di internet, kita memerlukan Browser. Browser ini berfungsi sebagai alat atau sebagai media untuk pencarian sebuah informasi yang dibutuhkan.

Dengan browser, kita akan begitu mudah melakukan pencarian-pencarian informasi yang ada di internet. Tapi Tahukah Anda, banyak jenis browser yang bisa dipergunakan untuk mencari beragam informasi di internet.

Tapi untuk di Indonesia sendiri browser yang banyak dipergunakan adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome. Kedua browser ini sangat familiar di kalangan para internet ria yang ada di negara Indonesia.

Namun, ada 7 browser lagi yang bisa dipergunakan untuk berselancar di internet, yaitu:

1. Opera
2. Safari
3. Internet Explorer
4. Netscape Navigator
5. Maxthon Browser
6. Flock
7. Icab

Dari 7 browser di atas, Opera, Safari dan Internet Explorer masih banyak dipergunakan sebagai browser di Indonesia. Sedangkan Browser yang lain masih jarang dipergunakan di Indonesia.





Tapi Apakah anda tahu fungsi dari browser itu sendiri. Jika dijabarkan lebih dalam, fungsi browser itu sendiri adalah:

1. Untuk membuka halaman website

Dengan browser kita bisa membuka laman website hanya dengan mengetikkan kata kunci atau keyword yang dimasukkan ke dalam kotak pencarian.

2. Sebagai pengaman sebuah web

Dengan browser kita bisa memastikan keamanan dari sebuah laman web. Sehingga bisa menghindari perangkat komputer atau handphone dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer dan handphone.

Karena Browser yang kita gunakan selalu memiliki authentication atau proses verifikasi dari sebuah laman untuk memastikan bahwa laman web tersebut tidak berbahaya jika kita ingin mengunjunginya.

3. Sebagai search engine

Dengan search engine ini akan mempermudah kita mencari bagian dari laman atau web hanya dengan menggunakan search engine tanpa kita harus mengetik alamat dari web yang kita tuju. Intinya kita hanya perlu mengetik kata kunci yang nantinya akan berisi informasi yang kita butuhkan.

4. Sebagai Requesting supporting data

Dengan requesting supporting data ini nantinya semua alamat web yang ada di internet bisa dengan mudah untuk diakses dengan menggunakan Browser dan semua data dari internet baik tulisan, foto, video atau dokumen lainnya dengan mudah untuk dilihat dan dibaca bagi yang membutuhkan sebuah informasi.

5. Sebagai tampilan halaman web

Dengan browser seluruh data yang ada pada website akan mudah ditampilkan lebih maksimal. Sehingga dengan browser, kita tidak hanya melihat teks saja tapi juga bisa melihat video, foto dan mendengarkan beragam audio yang ada pada halaman web.

Nah itulah beragam Browser yang bisa kita gunakan untuk mencari informasi dari internet. Tapi perlu diketahui dengan perkembangan teknologi dan persaingan di bidang digital ini. Akan banyak bermunculan browser-browser baru yang bisa dipergunakan sama seperti halnya Browser yang selama ini kita gunakan.


Posting Komentar untuk "9 Macam Browser Untuk Berselancar Di Dunia Maya (Internet)"