Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Facebook Messenger] Panduan Lengkap untuk Bisnis Bersosial Media

Apakah selama ini Anda mengabaikan sosial media (Facebook Messenger). Padahal pengguna aktif bulanan sudah mencapai 1 miliar orang.

Bahkah ada ribuan sampai jutaan orang setiap harinya melakukan pesan dengan menggunakan Messenger. Baik hanya pesan pribadi maupun pesan dalam bentuk bisnis.

Jika selama ini Anda menggunakan Facebook Messenger hanya untuk pesan pribadi. Coba pertimbangkan mulai sekarang untuk menggunakan Facebook Messenger untuk pesan bisnis.

Padahal dalam suervei telah membuktikan bahwa pengiriman pesan menepati posisi dari Sembilan mode komunikasi untuk bisnis. Dan ± 53 persen orang sudah melakukan transaksi bisnis melalui pesan langsung yang dikirim melalui pesan (Messenger).

Apakah Anda mengabaikan saluran dengan 1 miliar pengguna bulanan aktif? Jika merek Anda saat ini tidak menggunakan Facebook Messenger, itulah yang Anda lakukan.

Mengapa Anda harus mempertimbangkan produk bisnis Anda dengan menggunakan Facebook Messenger??

Kalau dilihat secara keseluruhan pada saat ini, Facebook Messenger merupakan suatu platform yang jelas untuk meningkatkan trend produk bisnis Anda.

Basis pengguna aplikasi ini sekarang telah menempatkan Facebook Messenger sebagai platform memperkenalkan produknya di jejaring sosial (dunia maya). Menurut Business Insider, Facebook Messenger memiliki pengguna aktif 500 juta orang aktif setiap bulannya dan merupakan platform perpesanan teratas dibandingkan dengan empat jejaring sosial lainnya.




Cara menggunakan Facebook Messenger untuk bisnis
Sekarang Anda bisa menggunakan Facebook Messenger untuk memperkenalkan produk bisnis Anda. Cara mengatur pengiriman pesan untuk Halaman Facebook Anda agar efektif, Anda harus mengatur strategi untuk menggunakan pesan di Facebook Messenger secara sederhana dalam berkomunikasi dengan para pelanggan.

Cara mengatur Facebook Messenger
 
1. Pilih nama pengguna Anda
Jika Anda memilih pesan Facebook Messenger sebagai platform bisnis Anda. Buatlah nama pengguna halaman Facebook Anda serupa (sama) dengan nama Anda di pesan Facebook Messenger Anda.

Nama pengguna Anda akan muncul dengan symbol @ dan berada tepat dibawah nama Halaman Anda (lihat gambar).

Nama pengguna Anda harus memiliki setidaknya lima karakter dan hanya dapat berisi karakter dan periode alfanumerik. Dan Anda harus menggunakan nama platform bisnis Anda secara konsisten (tetap), agar para pelanggan akan mudah mencari dan mengingat nama yang Anda gunakan sebagai platform bisnis Anda.

Cara mengatur nama pengguna Facebook Messenger Anda
  1. Klik Buat Halaman @namapengguna di kolom kiri halaman Anda
  2. Masukkan nama pengguna yang Anda mau gunakan sebagai nama Platform Bisnis Anda
  3. Klik Buat Nama Pengguna

2. Meng-aktifkan olah perpesan Halaman Anda
Dalam tahap berikutnya, Anda harus mengatur olah pesan yang ada di halaman Anda. Dengan mengaktifkan olah pesan.

Cara mengaktifkan olah pesan di Halaman
  1. Buka Halaman Facebook Anda, lalu klik Pengaturan
  2. Klik Umum di kolom kiri
  3. Gulir ke Pesan dan klik Edit (pengaturan)
  4. Centang kotak di sebelah kata “Izinkan orang untuk menghubungi Halaman saya secara pribadi dengan menunjukkan tombol Pesan”.
  5. Klik Simpan Perubahan

3. Atur balasan instan ketika Anda tidak aktif (online)
Ini perlu dilakukan ketika Anda sedang tidak online, karena sangat berpengaruh atas eksistensi Anda dalam berhubungan cepat dengan pelanggan.

Sehingga nantinya pelanggan tidak perlu menunggu waktu yang lama dan merasa diabaikan. Walaupun sebenarnya Anda sendiri tidak atau belum bisa menjawab pesan tersebut.

Cara mengaktifkan balasan instan di Messenger
Dari Halaman Facebook Anda, klik Pengaturan
  1. Klik Pesan di kolom kiri
  2. Di bawah Respons Asisten, alihkan bilah ke Ya untuk Kirim Balasan Instan ke siapa pun yang mengirim pesan ke Halaman Anda
  3. Klik Ubah
  4. Edit pesan sesuai keperluan
  5. Klik Simpan

Terkadang ketika Anda membuka suatu situs, muncul sebuag kalimat yang muncul untuk menyambut Anda ketika berkunjung ke situs tersebut.

Padahal orang yang memiliki situs tersebut tidaklah dalam kondisi online, tapi ia bisa menyambut anda.

Anda bisa menggunakan akses ini untuk kepentingan bisnis Anda. Jadi nantinya pelanggan merasa disambut dengan hangat oleh Anda.

Cara mengaktifkan teks instan di Messenger
  1. Dari Halaman Facebook Anda, klik Pengaturan
  2. Klik Pesan di kolom kiri
  3. Di bawah Respons Asisten, alihkan bilah ke Ya untuk Tunjukkan Salam Messenger
  4. Klik Ubah
  5. Edit salam untuk menjadi pesan yang sesuai untuk bisnis Anda
  6. Klik Simpan

4. Kelolalah dengan baik waktu respons Anda untuk menjawab pesan
Facebook sekarang telah menampilkan atau menambahkan di halaman Anda fungsi seberapa cepat Anda dalam menjawab (merespon) pesan, baik dalam hitungan menit, jam atau lebih dari hari.

Tapi untuk bisa melejitkan bisnis Anda cepat berjalan dan sukses. Sebaiknya anda mampu menjawab (merespon) pesan dengan waktu yang singkat (cepat). Ini sangat diperlukan untuk menunjang nama halaman bisnis Anda dikenal dan cepat terkenal.

Cara mengatur status pengiriman pesan Anda
  1. Dari Halaman Facebook Anda, klik Pengaturan
  2. Klik Pesan di kolom kiri
  3. Di bawah Respons Asisten, alihkan bilah ke Ya untuk Tetap responsif ketika Anda tidak sedang online
  4. Klik Ubah
  5. Edit salam untuk menunjukkan kepada pengguna kapan Anda membalas pesan
  6. Klik Simpan
  7. Jika Anda tidak bisa langsung menjawab pesan, atur pesan Anda tetap responsive, klik Ubah
  8. Klik Jadwal
  9. Pilih zona waktu Anda berada, lalu klik Tambah Waktu
  10. Masukkan waktu ketika bisnis Anda buka atau tutup atau jika Anda belum bisa menanggapi (menjawab) pesan
  11. Klik Simpan


Kiat dan strategi bisnis Facebook Messenger

Setelah Akun Facebook Messenger Anda telah dibuat, sekarang Anda bisa menngunakan tips bagaimana cara membuat Facebook Messenger bida menjadi peluang bisnis yang Anda kembangkan. 

1. Gunakan Kode Messenger
Mirip dengan Snapcodes, Kode Messenger akan menghubungkan pengguna Facebook bisa terhubung dengan bisnis yang Anda kelola.

Kode ini hanya berupa grafik sederhana, sekedar kode yang ada pada Messenger berupa gambar profil untuk halaman bisnis yang anda kelola.

Sebuah kode versi sirkuler yang dikelilingi oleh tanda hubung dan titik-titik yang agak mirip dengan kode morse.

Cara menemukan Kode Messenger Anda

  1. Dari Halaman Facebook Anda, klik pada tab Pesan
  2. Di bagian bawah kotak masuk Anda, klik ikon informasi ("I" dalam lingkaran)

Dari layar ini, Anda dapat melihat Kode Messenger Anda dan mengunduhnya sebagai file grafik, sehingga nantinya Anda bisa memasukkannya ke situs web Anda, atau Anda bisa membagikandi jejaring sosial, atau menambahkannya ke Kartu Nama bisnis Anda. 


2. Gunakan tautan Messenger
Tidak ada bedanya dengan kode Messenger yang Anda miliki, tautan Messenger inipun dapat menjadi alat untuk digunakan memulai percakapan dengan orang lain melalui Messenger dengan terhubung ke halaman anda.

Tautan Messenger Anda berbentuk m.me/[username]. Jadi ketika Anda sedang melakukan percakapan Messenger, Anda bisa menggunakan tautan Anda (Messenger Anda : m.me/nama bisnis Nada)

3. Gunakan tombol Kirim Pesan pada iklan lokal
Iklan local adalah iklan yang sering Anda lihat dihalaman Facebook ketika Anda sedang online.

Dengan cara ini Anda bisa menargetkan pasar lokal atau pasar bisnis Anda yang berada dekat dengan posisi Anda berada. Sehingga iklan tersebut akan tampil di Facebook pada posisi yang Anda tentukan saja areanya.

Sehingga Anda mungkin tidak perlu khawatir aka nada pesan dari pelanggan yang jaraknya jauh dengan posisi bisnis Anda. Tapi ini pastilah secara tidak langsung akan mengurangi pesan bisnis Anda dikarenakan areanya dibatasi olah Anda sendiri.

4. Berikan layanan terbaik pada pelanggan Anda
Terkadang dalam bisnis ada hambatan yang akan Anda hadapi kedepannya. Terutama ketika Anda mendapat komplain dari pelanggan Anda sendiri.

Jika komplain tersebut langsung dipertanyakan pada Anda, hal ini mungkin bukanlah suatu masalah yang terlalu besar. Tapi bagaimana jika ada pelanggan yang komplain tapi pelanggan tersebut menceritakan masalahnya ke media sosial tentang bisnis Anda.

Jika anda menemukan masalah ini. Usahakan Anda untuk pro aktif dengan menghubungi pelanggan Anda langsung tanpa menunggu pelanggan tersebut menghubungi Anda.

Tapi tanggapi hal tersebut jangan dihalaman facebook, tapi tanggapilah di pesan pribadi. Jadi hanya anda dan pelanggan yang tahu apa yang menjadi pembicaraan Anda dengan pelanggan tanpa diketahui orang banyak.

Tapi terkadang ada pelanggan yang mengeluh dan memposting keluhan langsung dihalam bisnis Facebook Anda, daripada mengirimkan pesan pribadi kepada Anda.

Ketika ini terjadi tanggapilah pesan tersebut dengan sopan dan hangat. Tunjukkan bahwa anda peduli dengan masalah (komplain) yang dikemukan oleh pelanggan Anda.

Jika pesan berlangsung lama (banyak), coba usahakan untuk pelanggan tersebut melakukan pembicaraan secara langsung via telepon (via tatap muka dengan telepon) untuk membicarakan hal ini. Atau bisa juga melalui pesan pribadi.

Tapi jika pelanggan tidak mau merespon hal ini. Cobalah untuk menjawab dengan baik sebagai penjual yang baik. Jangan sampai ada pembicaraan yang kasar dari pesan Anda.

Ingat pesan yang Anda kirimkan atas jawaban si pelanggan dilihat oleh banyak orang. Jangan sampai orang lain yang membaca pesan Anda, mengganggap bahwa Anda bukanlah pebisnis yang baik.

Tuliskan di kolom pesan di halaman Facebook Anda, bahwa Anda akan menanggapi semua keluhan di Messenger Facebook. Karena Facebook sendiri menyediakan layanan pelanggan secara langsung via Messenger.

Jika Bisnis Anda dalam kategori besar, usahakan untuk menggunakan Messenger sebagai saluran layanan cepat pada pelanggan. Kalau bisapun sediakan orang yang bisa secara terus memonitor pesan masuk setiap saat.

Karena pelanggan membutuhkan respon cepat, jika tidak inilah yang bisa pelanggan langsung mengeluarkan unek-uneknya (komplain) dihalaman Facebook Anda yang bisa dilihat oleh banyak orang.

Respon cepat pada pelanngan inilah yang akan membuat pelanggan Anda tidak langsung komplain pada halaman bisnis Anda. Tapi terlebih dahulu memberikan pesan komplain di pesan pribadi (Messenger) bisnis Anda.

Tapi terkadang tidak semua pelanggan melakukan hal ini, tapi sebagai penjual (pebisnis) yang baik. Usahakan menjawab semua komplain dari pelanggan dengan bijaksana dan terarah.

Posting Komentar untuk "[Facebook Messenger] Panduan Lengkap untuk Bisnis Bersosial Media"