Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CorelDRAW Merupakan Jenis Software Berbasis Desain Vektor


CorelDRAW

CorelDRAW merupakan software berbasis vektor yang digunakan untuk pembuatan desain grafis. Software ini telah dikenal banyak dikalangan para desainer grafis karena mudah dalam pengguaan dan mampu mendukung segala keperluan dalam desain.

CorelDRAW dibuat untuk digunakan sebagai perangkat lunak komputer yang dikembangkan oleh Corel Corportion. CorelDRAW dibuat oleh perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Fungsi sendiri dari CorelDRAW adalag sebagai software untuk mengolah gambar. Kelebihan CorelDRAW karena banyak digunakan, CorelDRAW mampu menghasilkan gambar visual dengan kualitas yang sangat baik.

Sejaran CorelDRAW

Awal mula dari munculnya CorelDRAW digagas atau didirikan oleh Michael Cowpland, lahir 23 April 1943 di Bexhill, Inggris. Yang akhirnya harus pindah ke Kanada karena meraih gelar master Ph.D di Carleton University, Kanada.

Namun awal Michael Cowpland merupakan lulusan Bachelor of Engineering di Universitas Imperial, London.

Saat didirikan atau dibuat, Corel sebenarnya hanya berfokus pada pengembangan laser yang ditujukan untuk keperluan komputer pribadi yang merupakan pengembangan oleh COwpland REsearch Laboratory.

Tapi dengan berjalan waktu, Corel dirasakan sangat sulit untuk mampu bersaing dipasaran dengan berbagai merek produsen printer lainnya. Karena persaingan inilah Corel melakukan perubahan besar dengan merubah arah produksi perangkat lunak. Yang diperuntukkan untuk dapat mendukung proses kerja yang berkaitan dengan dekstop publishing.

Dengan melakukan arah perubahan bentuk software, Corel pada tahun 1987 merekrut beberapa programer yang diberi tugas untuk membuat atau menciptakan perangkat lunak yang mengarah pada bentuk pembuatan desain.

Corel pada awalnya merekrut programmer Pat Beirne dan Michel Bouillon yang selama dua tahun untuk mampu menciptakan sebuah program software desain. Dan akhirnya pada tahun 1989 mampu menciptakan software berbasis desain dan diperkenalkan ke publik di tahun pada tahun yang sama.

Rupanya para desainer sangat menyukai program Corel karena sangat mudah digunakan dan mampu memenuhi keinginan pekerja para desainer dalam melakukan tugasnya.

Saat pertama kali dikenalkan, CorelDRAW dikembangkan pada sistem Windows dan merupakan perangkat lunak komputer pengolah berbasis vektor yang paling banyak digunakan para desainer.

Awal pertama dibuat software atau perangkat lunak komputer CorelDRAW diberi nama Corel 12 dan saat ini sudah merilis program perangkat lunak terbaru CorelDRAW Suite X10.

Versi CorelDraw yang telah dirilis :

  • Versi 1 – Januari 1989
  • Versi 2 – September 1991
  • Versi 3 – Mei 1992
  • Versi 4 – Mei 1993
  • Versi 5 – Mei 1994
  • Versi 6 – Mei 1995
  • Versi 7 – Oktober 1996
  • Versi 8 – Agustus 199
  • Versi 10 – November 2000
  • Versi 11 – Agustus 2002
  • Versi 12 – Februari 2004
  • Graphic Suite X3 – Januari 2006
  • Graphic Suite X4 – Januari 2008
  • Graphic Suite X5 – Februari 2010
  • Graphic Suite X6 – Maret 2012
  • Graphic Suite X7 – Maret 2014
  • Graphic Suite X8 – Maret 2016
  • Graphic Suite X9 – Maret 2017
  • Graphic Suite X9 – Maret 2018

Fungsi CorelDRAW

Bagi desainer yang telah lama bekerja di bidang desainer, tentu tidak sangat memahami fungsi CorelDraw dan manfaat yang diperoleh dari perangkat lunak ini. Namun bagi yang ingin mengenal CorelDraw. lebih baik terlebih dahulu mengenal "Fungsi dari CorelDRAW".

1. Membuat Desain Grafis

Sebagai software atau perangkat lunak yang ditujukan pada pembuatan desain grafis yang khusus berbasis pada desain vektor. Dan perangkat lunak dilengkapi dengan berbagai tool yang sangat lengkap untuk membantu para desainer untuk menunjang pekerjaannya.

2. Membuat Desain Bermacam Logo dan Spanduk

Saat ini untuk mempromosikan suatu produk, perusahaan atau lembaga banyak menggunakan logo dan spanduk sebagai media promosi.

Untuk membuat ini logo dan spanduk, CorelDraw merupakan alat yang sangat diperlukan dalam membuat desain logo atau spanduk.

3. Membuat Denah

Pernah melihat denah pada undangan pernikahan atau lainnya, CorelDraw merupakan perangkat lunak yang sangat baik digunakan. Bukan hanya itu, CorelDraw mampu membuat denah dengan presisi yang sangat baik karena memiliki tool penunjang yang sangat lengkap.

4. Membuat Ilustrasi Gambar

Todak diragukan lagi kemampuan CorelDraw dalam membuat beberapa atau macam-macam desain. Salah satunya lagi adalah membuat ilustrasi gambar. Banyak para usaha desain seperti usaha sablon. Menggunakan CorelDraw sebagai alat membuat rancangan ilustrasi gambar.

Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh CorelDraw seperti membuat virtual kartun dan desain rancangan buku dan lain sebagainya.

Kekurangan CorelDRAW

Sebagai alat perangkat lunak untuk membuat desain yang banyak digunakan dan bisa dikatakan sangat lengkap pada tool, CorelDraw juga memiliki kekurangan.

1. Ukuran File yang Sangat Besar

Untuk bisa menginstal software CorelDraw, diperlukan komputer atau PC yang memiliki spesifikasi yang baik dan kapasitas RAM yang tinggi.

2. Sulit Dalam Pembuatan Tabel

Untuk membuat tabel, CorelDraw bisa dikatakan lebih ribet dan sulit dibandingkan membuat tabel di Ms. Word. Karena diperlukan banyak klik untuk membuat satu tabel berurutan. Beda hal dengan Ms. Word yang memiliki satu tool untuk membuat tabel sehingga proses lebih cepat.

3. Warna Yang Tidak Sesuai Desain atau Diinginkan

Satu lagi dari kekurangan yang dimiliki CorelDraw, terkadang akurasi warna desain yang sudah dirancang di PC hasilnya tidak sesuai dengan hasil yang dicetak. Namun ini mungkin saja tidak menjadi kesalahan atau kekurangan CorelDraw, bisa juga disebabkan oleh pengaturan pencahayaan di monitor yang terkadang berbeda.

4. Tidak Cocok Di Gunakan Untuk Edit Foto

Bagi desainer foto, CorelDraw tidak layak untuk digunakan. Karena CorelDraw tidak memiliki tool yang bisa digunakan dalam edit foto. Namun CorelDraw mengeluarkan sendiri software yang diperuntukkan untuk edit foto. Tapi saat ini dengan perkembangan versi terbaru CorelDraw sudah mampu untuk edit foto.

Kelebihan CorelDRAW

Walau Corel memiliki kekurangan, namun Corel juga memiliki kelebihan, antara lain :

1. Hasil Gambar Vektor Sangat Baik

Untuk hasil gambar, tidak diragukan lagi hasil dari CorelDraw. Sudah dipastikan sangat baik dan sempurna jika diolah dengan tepat. Memiliki rasio perbandingan gambar, mampu menciptakan gambar yang tidak akan pecah walau diperbesar berapa kali. 

Ini dikarenakan pengolah gambar menggunakan format vektor yang memiliki perbandingan rasio, beda dengan gambar berformat bitmap seperti JPG, PNG dan lainnya.

2. Memiliki Banyak Format Penyimpanan File 

Dengan perkembangan yang sangat maju, CorelDraw mampu meyimpan file dalam berbagai format. Namun ketika menyimpan dalam format yang berbeda dari CDR. Penyimpanan file harus melalui eksport gambar bukan melalui Save atau Save As.

Format File yang di Dukung CorelDRAW

Beberapa format file yang di dukung CorelDraw :

1. .CDR

Format CDR merupakan format asli dari bawaan CorelDraw. Format CDR merupakan lembaran kerja grafik vektor yang bisa digunakan untuk membuat teks, gambar, efek dan masih banyak lainnya. Namun format ini bisa di eksport menjadi JPG, PNG, BMP, AI dan PDF.

2. .BMP

Bitmap Image merupakan format file yang ada pada CorelDraw yang hanya bisa menyimpan dalam mode warna Grayscale, RGB, hingga Index Color.

3. .EPS

.EPS atau Encapsuled Postcript, file berbasis vektor yang bisa untuk pertukaran dokumen pada program desain grafis. Jenis ini kompitible dengan berbgai program desain grafis.

4. .CDT

File ini sangat berguna untuk membuat desain logo, spanduk, brosur dan lainnya. File ini berisikan objek, halaman dan vektori dalam membuat desain.

Posting Komentar untuk "CorelDRAW Merupakan Jenis Software Berbasis Desain Vektor"