Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Tidak Mabuk Saat Mudik


Saat mudik biasanya saat kita mengendarai transportasi sering mengalami hal mabuk perjalanan. Tidak banyak yang mabuk perjalanan malah mengganggu pemudik lainnya. Bayangkan jika menggunakan transportasi umum dan mabuk, dan saat kita mengalami mabuk perjalanan ini kita sering mengalami mual dan muntah. Bayangkan jika itu terjadi pada pemudik yang ada disebelah kita. Pastilah itu tidak akan menyenangkan buat kita.

Biar tidak mabuk saat perjalanan mudik, ada beberpa tips yang bisa mencegah kita mabuk di perjalanan saat mengendarai transportasi umum.

1. Pilih-pilih tempat dudukmu
Jika mengendarai pesawat, usahakan cari tempat duduk di area sayap. Karena area ini paling sedikit mengalami guncangan. Kalau bepergian dengan kapal, pilih kabin di tingkat bawah dekat pusat kapal. Tapi jika naik mobil atau bus pilihlah kursi terdepan.

2. Kunyah jahe
Kalau bisa mengunyah jahe ini sangat bagus karena jahe akan membuat tubuh tetap hangat dan mampu mencegah masuk angin. Khasiat jahe inipun mampu membuat stamina tubuh tetap terjaga. Jika tidak bisa mengunyah, jadikan jahe sebagai minuman. Atau di jadikan sebagai jamu.





3. Hirup udara segar
Usahakan untuk selalu menghirup udara segar. Karena udara segar akan mampu membuat pikiran menjadi tenang dan membuat rileksasi pada tubuh. Sehingga respon tubuh akan mengalihkan rasa mual yang mungkin akan timbul

4. Mendengarkan musik atau radio
Ini sangat baik juga untuk rileksasi tubuh dan pikiran saat perjalan mudik. Sehingga pikiran tidak terkonsentrasi dalam perjalan yang mungkin di rasa jauh. Sehingga tubuh tidak akan cepat terasa lelah dan hati selalu riang.

5. Siapkan camilan
Usahakan untuk selalu membawa makan ringan, untuk mencegah masuk angin. Karena biasanya saat perjalanan, selera makan khususnya makan berat (nasi) akan berkurang .  Hindari makanan yang mengandung minyak atau asam, karena sumber makanan ini biasanya agak lama untuk dicerna oleh tubuh. Dan makanan ini akan membuat mabuk semakain buruk.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Tidak Mabuk Saat Mudik"