Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Test dan Uji Kecepatan Internet di Komputer dan Android

Gambar oleh ArtTower dari Pixabay

Indonesia merupakan salah satu pengguna terbesar internet di dunia. Itu mungkin bisa saja karena Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak. Apalagi sekarang dengan mudah fasilitas internet dijangkau oleh semua kalangan hanya dengan melalui samrtphone/android/handphone.



Tidak seperti dulu internet hanya bisa dijangkau oleh orang memiliki komputer dan jaringan internet. Paling banter melalui warnet untuk bisa berinternet ria. Apalagi komputer waktu dulu masih merupakan barang langkah alias mahal. Tidak semua orang bisa memiliki komputer.

Tidak seperti sekarang, internet tidak harus memiliki komputer dulu baru bisa berinternet ria. Tapi hanya dengan barang kecil berupa smartphone/handphone, internet sudah bisa dijangkau setiap orang bahkan anak kecil sekalipun.

Tapi sadar tidak, ketika sedang membuka atau berinternet. Terkadang terganggu dengan kecepatan internet yang bisa dikatakan sangat lambat. Bisa saja hal ini disebabkan oleh jaringan sinyal yang buruk atau lingkungan udara yang buruk yang menyebabkan jaringan / sinyal terganggu. Bisa juga posisi atau tempat kita berada yang kurang mendukung untuk mendapatkan sinyal jaringan internet yang bagus.

Tapi apakah kita benar yakin dengan prediksi bahwa jaringan internet menjadi lambat (slown down) disebabkan oleh beberapa hal yang disebutkan diatas. Atau karena hal lain.

Untuk menyakinkan melihat jaringan  internet dalam keadaan baik atau tidak dengan saat berada di posisi tertentu. Lebih baik menggunakan aplikasi atau bantuan pihak ketiga.





Cara Ngetest Kecepatan Internet

Ada beberapa bantuan untuk melihat kecepatan jaringan internet pada saat kita berada diposisi atau lokasi atau tempat saat ini. Yang terpenting jangan sampai lupa, saat mulai test kecepatan jaringan internet harus memiliki paket data.


Speedtest.net 

Speedtest.net merupakan salah satu cara untuk melihat jaringan internet pada saat kita berada dalam posisi tertentu. Untuk perangkat handphone bisa mendownload aplikasi ini. Aplikasi ini pada perangkat handphone akan langsung bekerja saat aplikasi dibuka untuk test jaringan kecepatan internet.

Kalau untuk komputer/laptop cukup mengunjungi saja situs Speedtest.net. Ketika mengunjungi situs ini klik saja "GO" untuk mulai melihat kecepatan internet saat berada diposisi tertentu.

Cara menggunakannya cukup mudah, tapi saat mencoba test kecepatan jaringan internet usahakan untuk tidak membuka aplikasi apapun atau browser internet. Agar test jaringan kecepatan internet bisa lebih maksimal.

Ada beberapa lagi aplikasi atau situs yang bisa dipakai untuk melihat atau test kecepatan jaringan internet kita, yaitu :
  1. Fast Speed Test
  2. Internet Speed Test
  3. Fast Speed Test
  4. Aplikasi Master Net
  5. CBN Speestest
  6. Fast Com
  7. Indihome Speedtest
Dan banyak lagi aplikasi atau situs yang bisa dipakai untuk menguji kecepatan internet. Tinggal pilih yang mana dan dicoba. Untuk cara pemakaian cukup mudah dan gampang dan semua cara coba atau test sama saja, tidak ada perbedaan yang yang terlalu mencolok untuk setiap aplikasi atau situs yang berbeda saat digunakan.




1 komentar untuk "Test dan Uji Kecepatan Internet di Komputer dan Android"


  1. https://uma.ac.id/
    http://biologi.uma.ac.id/
    http://fst.uma.ac.id/
    http://pertanian.uma.ac.id/
    http://agroteknologi.uma.ac.id/
    http://agribisnis.uma.ac.id/
    http://elektro.uma.ac.id/
    http://mesin.uma.ac.id/
    http://arsitektur.uma.ac.id/
    http://teknik.uma.ac.id/
    http://arsitektur.uma.ac.id/
    http://informatika.uma.ac.id/
    http://sipil.uma.ac.id/
    http://industri.uma.ac.id/
    http://psikologi.uma.ac.id/
    http://fisipol.uma.ac.id/
    http://ekonomi.uma.ac.id/
    https://akuntansi.uma.ac.id/
    http://manajemen.uma.ac.id/
    http://mpsi.uma.ac.id/
    http://mh.uma.ac.id/
    http://map.uma.ac.id/
    http://ma.uma.ac.id/
    https://s3fp.uma.ac.id/
    http://adminpublik.uma.ac.id/
    http://ilmukomunikasi.uma.ac.id/
    http://pemerintahan.uma.ac.id/

    BalasHapus