Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bekerja Dari Rumah, Gunakan 5 Tips Ini Untuk Melakukan Panggilan Video Agar Tetap Bisa Bekerja

Saat ini dikarenakan merebaknya pademi Virus Covid-19, membuat banyak perusahaan mengambil langkah pengamanan untuk mencegah penularan virus antara karyawan dengan memngambil keputusan walaupun sulit untuk mempekerjakan para karyawannya dari rumah masing-masing.

HomeWork/picture pixabay.com


Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan adalah dalam hal yang masih berhubungan dengan teknologi multimedia. Dimana pekerjaan ini menggunakan teknologi untuk terus bekerja sehingga tidak harus berada di tempat kerja (perusahaan).

Salah satu yang sering dilakukan dalam bekerja dirumah jika harus berhubungan dengan Bos atau karyawan lainnya adalah dengan melakukan pembicaraan (panggilan) melalui video call.




Tapi ada masalah ketika berhubungan dengan Bos atau karyawan lain ketika melakukan video call, yaitu ganngguan dari rumah seperti mungkin saja istri yang tiba-tiba muncul, anak yang mau bermain dan mungkin saja suara hewan peliharaan seperti anjing dan suasana yang mungkin saja bisa menggangu ketika melakukan video call dengan Bos atau rekan kerja. 

Berikut ini ada beberapa tips ketika melakukan konferensi video (video call)  dari rumah. Walau sebenarnya banyak tips lain yang bisa digunakan dilihat dari kondisi masing-masing di mana atau saat berada.






1. Pilih Tempat (Lingkungan) Yang Tepat
Saat melakukan panggilan video untuk melakukan telewicara via internet melalui komputer ataupun handphone. Usahakan untuk memikirkan/memilih tempat dan kondisi yang akan digunakan untuk telewicara. 
  • Latar belakang (background) yang Anda gunakan saat telewicara (panggilan video).
  • Posisikan diri Anda dari cahaya yang berlebih menerpa Anda. Karena ini akan membuat teman bicara Anda akan merasa terganngu dengan cahaya yang mungkin saja membuat matanya menjadi silau dan Anda kurang terlihat jelas.
  • Letakkan laptop/komputer atau handphone saat menggunakan untuk telewicara yang bisa menjamin kwalitas sinyal jaringan internet.

2. Mengundang Teman Kerja untuk Telewicara via Video Call 
Untuk tetap terhubung dengan teman kerja saat bekerja dirumah. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang mendukung telewicara dengan banyak orang. Usahakan menggunakan aplikasi yang sama atau telah dipilih bersama untuk melakukan telewicara (video call).


3. Suara Berisik Yang Tidak Bisa Dihindarkan

Saat bekerja dirumah, suara berisik dari lingkungan ada yang bisa dihindarkan dan ada juga yang tidak bisa dihindarkan. Karena kemungkinan saja posisi rumah berada di padat penduduk. Tidak rumah mewah di lingkungan kompleks yang jauh dari suara berisik.

Untuk ini pilihlah aplikasi yang memiliki fitur caption Meet. Dengan caption fitur ini, akan membantu Anda untuk mengurangi atau menghindar dari suara berisik ketika sedang melakukan telewicara atau video call.


4. Bagikan yang perlu Anda bagikan
Ini yang perlu Anda perhatikan ketika sedang melakukan telewicara atau video call khususnya menggunakan laptop/komputer. Tutup semua aplikasi yang sedang Anda gunakan sebelum melakukan telewicara melalui laptop/komputer.




Karena dikhawatirkan aplikasi lain yang sedang Anda gunakan akan ikut terbaca oleh orang lain atau teman bicara Anda saat melakukan telewicara atau video call. Kalau bisa Anda lakukan satu jendela yang khusus hanya untuk telewicara Anda.


5. Perhatikan Ruang Saat Telewicara (Video Call)
Saat melakukan panggilan video untuk hal yang biasa. Tata ruang mungkin saja bukan hal yang harus Anda perhatikan. Tapi ketika sedang dalam bekerja atau berbisnis. Panggilan video untuk telewicara, apalagi Meeting bersama dengan rekan-rekan kerja. Usahakan Anda menempatkan posisi Anda pada tempat yang tepat.

Jangan sampai rekan kerja atau teman bisnis Anda dapat membaca lingkungan (ruang) rumah Anda dan menjadi bahan pembicaraan nantinya. Karena kondisi rumah merupakan hal pribadi yang juga harus Anda lindungi.

Jadi sebelum melakukan telewicara, jika diperlukan melakukan perubahan posisi atau tata letak barang Anda dirumah. Karena hal ini bisa juga menjadi gangguan yang membuat teman kerja atau rekan bisnis Anda tidak akan fokus karena terganggu oleh barang atau situasi rumah Anda. Karena mereka jadi lebih memperhatikan kondisi rumah (ruangan) Anda daripada fokus berbicara dengan Anda. 


Jadikan kerja dirumah tidak menggangu kreatifitas Anda bekerja. Walau bekerja dirumah bisa membuat Anda lebih relax. Tapi jangan sampai membuat etos kerja Anda berkurang. Perlu diingat, perusahaan tetap menggaji atau membayar Anda walau Anda bekerja dirumah.

Jagalah kepercayaan perusahaan (Bos Anda) saat Anda bekerja dari rumah. Walau tidak bisa dihindari akan ada masalah ketika bekerja dirumah. Tapi semua itu terserah dan pilihan Anda, apakah Anda tetap membuat bekerja dirumah seperti bekerja dikantor atau Anda membuat lebih relax karena tidak ada yang memperhatikan Anda karena bekarja di rumah. Semua pilihan ada ditangan Anda.




Posting Komentar untuk "Bekerja Dari Rumah, Gunakan 5 Tips Ini Untuk Melakukan Panggilan Video Agar Tetap Bisa Bekerja"