Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rayap | Hewan Pemakan Kayu Yang Menggemaskan | Tips Pencegahan



Rayap kayu yang memakan kayu atau furniture dirumah kita membuat kita terkadang geram dan mengemaskan.

Terkadang membasmi rayap ini terkadang gampang-gampang susah. Kalau rajin mengecat kayu mungkin kayu bisa lebih awet. Tapi bagaimana jika kondisi kayu telah terserang rayap.

Posisi rayap menyerang kayu berada di dalam kayu. Para pasukan rayap membuat selah atau terowongan-terowongan didalam kayu.

Jadi kalau dicat mungkin hanya bagian luar saja yang bisa mencegah rayap, bagaimana kalau bagian dalam kayu yang sudah berongga-rongga.

Rayap kayu ini perkembangan sangat sedikit cepat, diam-diam tanpa bersuara kayu bagian dalam habis disantap oleh pasukan rayap kayu ini.

Ini pengalaman saya sendiri melihat pintu rumah ketika ditekan jeblos. Rupanya rayap kayu telah memakan kayu begitu banyak dibagian dalam.

Tahunya ada rayap kayu karena setiap menyapu pasti ada butiran kayu yang jatuh dibawah lantai dekat pintu tersebut.

Ada rencana untuk mengecat kayu dengan cat atau pernis kayu. Tapi berpikir apakah rayap yang didalam kayu akan kena atau mati.

Akhirnya saya beli cat semprot (spray) khusus cleaner yang berwarna bening. Sayap semprot dari sisi lubang yang kelihatan....sretttttttttttttttttttttttttt, saya lihat hembusan cat spray ini keluar dari tempat lain yang memiliki rongga yang dibuat oleh para pasukan rayap kayu.


Akhirnya saya semprot lagi.........sreeetttttttttttttttttttttttttt, sampai 3x. Saya tunggu esok harinya tidak ada lagi butiran kayu jatuh dibawah lantai dekat pintu yang diserang para pasukan rayap kayu.

Esok harinyapun saya lihat....dan esoknya lagi saya lihat, memang sudah tidak ada butiran kayu yang jatuh dibawah lantai dekat pintu.

Dalam pikiran saya mungkin para rayap kayu mati terkena cat sepray yang saya semprotkan kedalam lubang kayu. Dengan cat sepray ini disemprot dari lubang yang terlihat akan menjangkau sampai kelubang yang ada di dalam kayu pintu.

Jadi carilah beberapa sumber lubang yang mungkin bisa menjangkau seluruh terowongan yang ada didalam pintu.

Jika masih ada butiran kayu yang masih jatuh dibawah, mungkin ada lubang atau terowongan didalam kayu tidak terhubung dengan lubang yang kita semprot. Kita perlu mencari lubang lain yang terhubung dengan bagian terowongan yang didalam kayu. Dan semprot kembali dengan cat sepray cleaner.

Mengapa memilih cat sepray cleaner, karena cat ini tidak berwarna alias bening. Jadi tidak akan merubah warna kayu yang kita semprot. Malah dia mampu melindungi warna cat lain. Karena fungsi dari cat sepray cleaner ini adalah untuk melindungi warna cat warna. 

Jadi cat sepray cleaner bisa dikatakan pertolongan pertama pada penderita kayu yang diserang oleh rayap, agar tidak terus berkembang biak didalam kayu.

Posting Komentar untuk "Rayap | Hewan Pemakan Kayu Yang Menggemaskan | Tips Pencegahan"