Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecanggihan Teknologi Mobil Toyota di Masa Depan


Bisnis mobil dan inovasi mobil tidak pernah surut, selama peminat mobil-mobil baru dengan desain baru terus mencari dan ingin membelinya. Inilah yang membuat segala merek mobil terus berlomba dan berupaya menciptakan teknologi kendaraan masa depan fitur-fitur teknologi mobil yang lebih canggih.

Inovasi kendaraan masa depan khususnya di mobil tidak akan berhenti karena persaingan yang semakin ketat dan tuntutan zaman yang semakin moderen.

Salah satu produsen mobil yang tidak mau ketinggalan dalam teknologi terbaru mobil masa depan adalah Toyota. Di Indonesia sendiri merk mobil Toyota sangat banyak diminati karena desain dan teknologi yang semakin canggih dilengkapi dengan interior yang menawan.

Saingan terberat merk Mobil Toyota di pegang oleh merk Mobil Honda, karena teknologi Honda terus ditingkatkan demi kenyaman pemilik mobil Honda.

Toyota sendiri berangan-angan ingin menciptakan mobil masa depan tercanggih di kelasnya. Sehingga berharap mampu memenuhi keinginan konsumen mobil.

Toyota selalu berusaha untuk untuk meningkatkan teknologi mobil terbarunya pada sistem mesin dan fitur-fitur teknologi tercanggih demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Dalam ajang pameran di Tokoyo Show yang diadakan tahun lalu, 2019. Konsep kecanggihan teknologi mobil Toyota adalah konsep LQ. Konsep ini pembaharuan dari konsep Toyota sebelumnya yang pernah di perkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES), 2017.

Ini rangkaian inovasi mobil masa depan Toyota yang akan dikembangkan :
  1. Parkir Valet Otomatis
  2. Fitur Yui
  3. Komunikasi Mesin Dengan Manusia
  4. Fitur AR-HUD
  5. Dasbor OLED
  6. Teknologi Udara Dalam Kabin
  7. Kursi Relaksasi dan Sistem Peringatan

1. Parkir Valet Otomatis

Fitur ini berfungsi sebagai pendeteksi mencari ruang parkir antar mobil dengan jarak 20 cm. Kecanggihan pada mobil Toyota ini untuk membantu bagi pengemudi manula, wanita hamil atau sedang membawa anak balita.

Fitur ini menggunakan kamera, sonar dan sonar untuk pemetaan jalan 2 dimensi. Selain membantu pengemudi, fitur ini juga membantu mobil lain atau orang pejalan kaki yang mungkin berada dekat dengan mobil. Sehingga akan berhenti secara otomatis jika mendeteksi keberadaan mobil atau orang didekatnya.

2. Fitur Yui

Toyota juga memperkenalkan teknologi mobil modern yang bisa diajak berbicara selama berkendara, sehingga akan membantu kenyaman bagi pengemudi jika bosan dalam perjalanan. Konsep teknologi mobil terbaru Toyota ini di lengkapi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) bernama Yui. Yui bisa diajak berkomunikasi oleh pengemudi jika diperlukan.

3. Komunikasi Mesin Dengan Manusia

Konsep LQ yang akan diterapkan di mobil teknologi terbaru pada mobil Toyota adalah sebagai platform komunikasi antara pengemudi dengan mobilnya. Teknologi Konsep LQ akan di tempatkan di area atap dan lantai mobil, sehingga akan menjadi intuitif antara pengemudi dengan mobil yang dikendarai.

Toyota juga akan melengkapi teknologi mobilnya dengan Digital Micromirror Device (DMD). Dimana teknologi canggih pada mobil toyota ini akan memproyeksikan tampilan jalan yang dilalui kepada pengemudi. Teknologi DMD akan ditempatkan di lampu depan.

4. Fitur AR-HUD

Fitur AR-HUD merupakan fitur teknologi mobil masa depan yang mungkin menjadi salah satu teknologi tercanggih jika ini bisa terlaksana. Dimana Augmented Reality Head-up Display (AR-HUD) akan sangat membantu pengemudi berkendara dengan aman dengan mengurangi gerakan pada mata pengemudi.

Teknologi ini akan memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk melihat rambu lalu lintas, peringatan jalur yang dilewati dalam tampilan tiga dimensi yang akan dilihat pengemudi di layar yang besar dalam mobil.

5. Dasbor OLED

Tampilan dasbor dan panel instrumen yang lebih terang akan membantu pengemudi untuk melihat kondisi intrumen yang ada di dasbor. Toyota akan menerapkan dasbor OLED pada interior mobilnya. Sehingga akan menambah kesan elegan pada tampilan interior mobil dengan desain Dasbor OLED.

6. Teknologi Udara Dalam Kabin

Toyota ekerjasama dengan Aisin Chemical Co., Ltd dan Cataler Corporation untuk membuat fitur udara dalam kabin yang akan menguraikan ozon menjadi oksigen. Sehingga denga fitur teknologi udara dalam kabin pada mobil Toyota akan membuat pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman dengan kondisi sirkulasi udara yang sehat.

7. Kursi Relaksasi dan Sistem Peringatan

Konsep LQ Toyota akan memperkenalkan teknologi terbaru pada mobil. Bukan hanya pada fitur sistem dan interior saja. Tapi juga pada pada kursi atau jok pengemudi.

Dimana nantinya Toyota akan memberi kantung udara tiup bersamaan dengan sistem pendingin. Jika pengemudi merasa lelah, kantung udara akan mengembang. Sehingga posisi duduk pengemudi akan tegak dan membuat pengemudi tetap terjaga dan tidak mudah lelah.


Walau teknologi terbaru pada mobil Toyota ini masih dalam tahap percobaan, berharap teknologi ini bisa di terapkan pada teknologi pada mobil sekarang. Sehingga akan memberi kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Dan semoga Toyota juga menerapkan mobil ramah lingkungan seperti teknologi mobil Tesla yang menerapkan teknologi mobil listrik.

Posting Komentar untuk "Kecanggihan Teknologi Mobil Toyota di Masa Depan "