Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Menggunakan VPN Gratis dari Pencurian Data, Sampai Pembobolan Data Internet Banking



Pastilah dari beberapa penggunaan internet sedikit banyak mengetahui tentang VPN (Virtual Private Network) dan fungsinya. Dan banyak dikalangan pengguna internet menggunakan fasilitas VPN ini ketika berselancar di internet.

Untuk apa digunakan VPN ini bagi pengguna internet pastilah sesuatu yang bisa dikatakan melakukan hal yang terlarang atau dilarang atau memang digunakan untuk keperluan yang membutuhkan fasilitas VPN ini.

Tapi sebenarnya kita juga harus mengetahui bahaya penggunaan VPN sebelum benar-benar menggunakan VPN ini. 

Apalagi jika menggunakan menggunakan VPN gratis. Bahaya VPN gratis yang tidak kita ketahui, bisa-bisa menjadi momok bagi kita. Apalagi jika kita sering bertransaksi menggunakan internet.



Tapi jangan khawatir bagi pengguna VPN yang berbayar (alias tidak gratis), biasanya VPN berbayar (vendor VPN) lebih menggunakan aturan yang sangat ketat dalam penggunaan aplikasinya. Lebih melindungi data bagi client yang memakai aplikasi VPN nya.

Salah satu bahaya VPN gratis adalah pencurian data seperti email dan data akun sosial media kita. Lebih parahnya lagi, bahaya VPN gartis ini bisa mencuri data internet banking kita.

Tak jarang kita sering menggunakan fasilitas VPN ini di smartphone kita. Walau sebenarnya kita tidak membutuhkan.

Tak jarang juga saat kita menggunakan VPN yang gratis, kita secara tidak sengaja juga membuka aplikasi internet banking kita dan data email kita secara bersamaannya.

VPN berbahaya jika kita tidak tahu fungsi sebenarnya dan menggunakannya tanpa hati-hati. Bahaya VPN gratis ini nyata adanya.


Saat inilah bahayanya VPN gratis yang kita gunakan, jika kita sedang berhubungan dengan menggunakan VPN gratis akan ada yang disebut "Man In The Middle" atau akan ada orang lain yang berada di jalur tengah ketika kita sedang berkomunikasi atau menggunakan internet untuk berhubungan dengan pihak lain.

Dampak menggunakan VPN tentulah sangat merugikan kita (khususnya pengguna VPN gratisan). Alangkah baiknya jika kita sedang menggunakan VPN semua data kita baik email maupun internet banking ataupun sesuatu yang berhubungan dengan transaksi elektronik semuanya dalam kondisi logout (tidak aktif).

Begitu juga sebaliknya, saat email atau saat kita sedang bertransaksi elektronik. Harus kita pastikan fasilitas VPN kita tidak dalam kondisi aktif atau On.

Tapi terkadang namanya sebagai manusia kita terkadang bisa lupa. Kalau bisa gunakan browser internet yang memiliki fasilitas anti Spy (mata-mata). Tapi jangan sampai salah pilih browser.

Terkadang ada browser sendiri yang digunakan untuk mematai aktifitas kita berinternet. Pilihlah browser yang sudah ternama dan dipercaya dan memiliki fasilitas anti spy.

Tapi yang menjadi pertanyaan apakah VPN aman untuk digunakan.

Sebenarnya VPN dibuat untuk keperluan seseorang yang memiliki urusan pribadi (private) saat menggunakan internet. Tapi masalahnya terkadang pilihan menggunakan VPN gratisan yang jadi masalahnya.

Jadi apakah VPN itu aman.....

Aman jika kita tahu saat penggunaanya dan tidak menggunakan VPN gratis.

Beberapa kerugian menggunakan VPN (bahaya VPN gratis), khususnya bahaya VPN bagi pengguna android :

1. Pencurian dan Penjualan data 
2. Serangan Man In the Middle
3. Kebocoran Data dan Alamat IP
4. Serangan Adware
5. Terkontaminasi Malware Berbahaya
6. Melacak Aktivitas Online

Tapi resiko VPN seperti diatas dapat dihindarkan jika kita menggunakan VPN yang berbayar.

Tapi alangkah baiknya jika kita tidak sama sekali menggunakan VPN. Khususnya menggunakan VPN di android kita, apalagi jika kita menggunakan VPN gratisan di android maupun dikomputer kita saat berselancar di dunia maya.

Posting Komentar untuk "Bahaya Menggunakan VPN Gratis dari Pencurian Data, Sampai Pembobolan Data Internet Banking"