Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Optimasi Mesin Pencari (SEO)


Mesin Pencari Berbasis Web Sering Digunakan Oleh Pengguna Internet Di Dalam Mencari Informasi


Tujuan dari optimasi mesin pencari (SEO) adalah untuk membuat suatu situs muncul di antara hasil pencarian teratas ketika para pencari atau pengguna internet mencari sebuah artikel atau video dengan kata kunci yang terkait dengan arikel yang ada didalam blog / channel. Penempatan kata kunci yang tepat memberi peluang pada blog / channel Anda di mesin pencari untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan dan memperoleh banyak klik pada blog atau channel Anda dan berpotensi akan lebih banyak mendapatkan penghasilan.

Strategi SEO yang tepat seringkali memerlukan banyak teknik dan pengetahuan serta pengalaman dalam mempelajari strategi yang berbeda.
Dibutuhkan komitmen yang panjang dalam mempejari dan memahami perubahan-perubahan yang struktural dan segi teknis yang harus dilakukan pada blog.

Optimasi Mesin Pencari (SEO untuk Search Engine Optimization) memang sangat kompleks kalau dipelajari, banyak teknis yang harus dipelajari dan diketahui dari berbagai ilmu teknis SEO ini. Sebagai pemula yang baru berkecimpung di dunia blogger, kata-kata seperti SEO, SERP tidak bisa dipelajari secara mandiri. Dibutuhkan seorang yang telah memiliki pengetahuan tentang SEO yang bisa membimbing Anda untuk mempelajarinya. 

Anchortext (anchor text)

Anchorortext ini merupakan bagian dari teks yang dapat diklik dari tautan hypertext yang diintegrasikan ke dalam halaman blog/web. Pada saat kita mengklik anchortext, kita diarahkan ke URL targetnya. Anchorportext dan URL akan ditampilkan secara terpisah, nah disini para pengguna internet atau pembaca hanya akan melihat anchortext yang dipilih saja pada halaman web tetapi bukan URL-nya.

Materi / Isi Blog Duplikat (Copy Paste) 

Banyak terkadang ditemukan materi / isi blog yang memiliki konten cerita yang hampir mirip atau bisa dikatakan sama dengan isi konten blog lain. Sebenarnya konten copy paste atau duplikat ini mempunyai pengaruh negative pada mesin pencari, maka daripada itu kita harus menghindari dalam praktik ini. Mesin pencari google akan memilih konten yang isinya lebih berkualitas tinggi dan unik. 

Crawler (Robot Pengindeks) 

Crawler akan bekerja secara otomatis menganalisa dan mencari halaman web untuk dianalisa. Mesin pencari akan menggunakan searchbots untuk mempertahankan indeks mereka.

Tautan yang ada pada blog, bisa merupakan rujukan untuk mengoptimasi SEO. Dengan cara ini akan membuat si pembaca akan mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Dengan tautan yang mudah ditemukan akan memudahkan indeks Google membaca struktur tautan blog dan akan menjadikan perhitungan dalam mesin pencari.

Suatu blog yang baik juga harus memiliki tautan antar blog, misalnya blog A memiliki tautan ke Blog B. Sangat penting sekali keberadaan tautan ini untuk meningkatkankeberadaan suatu blog untuk meningkatkan peringkat blog pada mesin pencari.


Blog yang memiliki indeks kepercayaan yang tinggi akan membuat dan dihargai sangat baik oleh Google. Profil backlink pada blog memiliki peran yang penting untuk Google dan mesin pencari. Dan ini menjadi optimasi SEO yang sangat baik.

Pembuatan Tautan Link 

Tautan link bisa merupakan bentuk dari sebuah kontruksi antar blog yang saling terkait satu dengan yang lain. Optimasi blog yang baik, tidak saja terjadi pada blog atau web itu sendiri, tapi bisa juga melalui berbagai kontak link dan koneksi dengan pihak / blog lain sebagai pihak ketiga.

Strategi untuk meningkatkan optimasi blog sangat penting. Karena pembuatan link menggambarkan bentuk dari kontruksi target tautan untuk peningkatan jumlah dan kualitas tautan balik. Google sendiri menghargai blog/web yang memiliki jaringan backlink yang relevan dan andal, karena itulah sangat penting sekali membangun tautan link untuk meningkatkan optimasi blog/web.

Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah susunan teks pendek yang menerangkan isi konten dari sebuah blog/web. Orientasi deskripsi meta ini harus mampu menunjukkan isi/konten kepada pengguna internet hanya dengan beberapa kalimat saja. 

Jika blog/web tidak menyertakan deskripsi meta, maka secara otomatis Google sendiri akan melakukan secara otomatis dengan mengambil kalimat pertama dari beranda, dengan mengambil kalimat pertama dari beranda yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan.

Deskripsi Meta ini akan muncul di hasil pencarian mesin sebagai bagian dari cuplikan dibawah judul. Sebagai bagian dari optimasi SEO (meta tag yang terdiri dari deskripsi, judul dan kata kunci). 

Algoritma Baru Google “PANDA”

Pada tahun 2011 Google meluncurkan algoritma baru yang dinamakan Google Panda yang merupakan optimasi mesin pencari Google. Google Panda ini merupakan perubahan permanen algoritma Google, dimana pembaruan halaman web dengan konten yang buruk akan mengalami penurunan SEO mereka secara signifikan. 

Untuk blog/web yang memiliki konten yang baik dan unik akan mengalami peningkatan di mesin pencari Google semenjak optimasi Google Panda ini diluncurkan. Dengan pembaharuan mesin pencari Google inipun menyebabkan Backlink-profil bukan lagi menjadi faktor SEO yang relevan lagi untuk dijadikan peningkatan di mesin pencari Google.

Sejak Google meluncurkan optimasi pembaruan Panda, kualitas konten memiliki pengaruh yang jauh lebih besar pada SERP (hasil pencarian), karenanya penggunaan leitmotiv "content is king" (konten adalah raja).

“Penguin” Algoritma Baru Google

Setelah mengeluarkan pembaruan Panda, Google akhirnya mengeluarkan algoritma baru kembali yang disebut “Pembaruan Penguin”. Peluncuran ini dikeluarkan antara April 2012 dan Oktober 2014.

Sama seperti pembaruan Panda, pembaruan Penguin secara sistematis mampu mempengaruhi analisis besar pada SEO. Yang mampu membuat mesin pencari Google untuk lebih mengontrol tautan Spam dan mencegah manipulasi terhadap mesin pencarian Google. Sehingga ini akan membuat pengguna blog/web yang mengutamakan kwalitas konten akan berada dipuncak mesin pencari Google.

Algoritma pembaruan Panda dikembangkan oleh Google untuk melawan oprimasi mesin pencari terhadap situs yang tidak alami, sah dan adil, yaitu dimana pembuatan tautan yang berlebihan, penggunaan kata kunci yang berlebihan dan jaringan tautan yang tidak relevan dengan isi konten blog/web yang dibutuhkan para pengguna internet.

Dengan pembaruan Panda, Websmaster Google melaran teknik spam berbasis web. Dan bagi siapapun yang tidak menghormati Google atas pembaruan ini akan melihat situsnya dihukum Google melalui mesin pencari, yang akan membuat situs blog/web mereka akan berada dititik paling bawah.

Posting Komentar untuk "Teknik Optimasi Mesin Pencari (SEO)"