Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Dan Dampak Negatif Marah Bagi Kesehatan


Kerugian Marah Bagi Kesehatan


Sifat amarah yang menjadi bagian dari diri manusia terkadang jika tidak mampu mengontrolnya, bisa menjadi sebuah malapetaka. Karena amarah merupakan sumber emosi negative yang secara tidak langsung bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Boleh saja marah, tapi tetap dalam batas koridor kontrol diri yang baik. Apalagi jika marah tersebut digunakan untuk merubah sesuatu hal buruk menjadi baik, bukan marah yang bisa menghancurkan apapun yang ada disekitar kita. 

 Marah yang berlebih akan mengganggu fungsi organ dalam tubuh kita, apalagi syaraf akan menegang dan akhirnya bisa menyebabkab fungsi syaraf tersebut terganggu.



Alangkah baiknya jika marah kita jadikan kesesuatu yang lebih baik. Seperti jika kita mau akan marah alangkah baik kita tempuh dengan meredamnya dengan cara berolahraga, bernyanyi. Pasti akan sehat hati, pikiran dan tubuh.

Pakar kesehatan menyatakan bahwa marah mampu menyebabkan seseorang akan terkena serangan jantung tiga kali lipat dibandingkan dengan orang yang mampu menahan amarahnya. 

Walaupun manhan amarah itupun bukan hal yang baik. Jadi kita sendirilah sebenarnya masing-masing bagaimana cara meredam amarah jangan sampai meledak-ledak.

Marah terkadang mampu membuat kita bisa mengeluarkan segala penat pikiran dan juga keinginan yang tak bisa terucap. 

Tapi jika penyampaian dengan marah tanpa kontrol, malah justru bukan bisa menyelesaikan masalah tapi bahkan bisa menimbulkan masalah baru yang tidak diinginkan.

Bagi kaum muslim alangkah baiknya jika hati mulai sedikti panas, untuk mengambil air wudhu, jika bisa ditambah sholat dua raka’at lebih baik. 

Dengan niat untuk menetralkan amarah yang membludak nantinya ketika hendak menyampaikan sesuatu kepada pihka lain seperti keluarga, teman, tetangga atau orang lain.



Sebenarnya marah tanpa kontrol, bisa menimbulkan banyak penyakit bukan hanya saja bisa terkena serangan jantung. 

Namun bisa juga menimbulkan penyakit sesak napas yang tiba-tiba datang. Coba bayangkan jika marah, biasanya napas kita jadi tidak teratur.

Orang yang yang cendrung suka marah setiap hari, lebih cendrung merasa depresi (tertekan). 

Ketika depresi, perasaan kita lebih sering merasa bahwa hidup ini tidak adil. 

Ingatlah bawah Tuhan tidak akan menguji ummatnya diluar batas kemampuannya untuk menerima cobaan tersebut. Intinya Setiap manusia di dunia akan menerima cobaan dari Sang Pencipta.
Jadi cobalah untuk mengontrol lebih baik amarah jangan sampai membludak, yang rugi kita sendiri. Kesehatan tubuh akan menurun, yang dimarahi akan dendam, berdosa pula kita jika sampai keluar kata-kata yang menyakiti.

Jagalah kesehatan Anda dengan menjaga emosi Anda.

Posting Komentar untuk "Bahaya Dan Dampak Negatif Marah Bagi Kesehatan"