Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia


Apa sih yang disebut Bioteknologi?

Kalau membahas secara ilmiah Bioteknologi merupakan Ilmu Terapan yang menggabungkan beberapa cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.

Lebih luasnya Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan mahluk hidup dari berupa enzim, alkohol untuk memperoduksi dan menghasilkan barang dan jasa. Perkembangan bioteknologi bukan hanya didasari pada ilmu biologi saja dalam mengembangkan produk barang dan jasa.

Perkembangan dibidang ilmu bioteknologi tak lepas dari berbagai kecaman dan kontroversi dalam perkembangannya. Seperti contoh teknologi kloning dan rekayasa genetika terhadap tanaman pangan.

Perkembangan Teknologi dizaman sekarang mulai menerapkan beberapa ilmu terapan dan ilmu murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika dan berbagai bidang ilmu lainnya.

Perkembangan Bioteknologi pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dibidangnya, terutama dinegara yang sudah memiliki teknologi maju dan perlengkapan teknologi yang memadai untuk menerapkannya pada Bioteknologi.

Tapi sebenarnya, kemajuan Bioteknologi sekarang tidak terlepas dari penelitian bioteknologi pada zaman dulu. Bioteknologi sudah dikenal sejak dulu, ketika manusia mulai membutuhkan peningkatan pangan. Di bidang teknologi pangan, bioteknologi diterapkan pada pembuatan bir, roti dan keju.

Sedangkan untuk pertanian bioteknologi diterapkan untuk menghasilkan varietas-varietas baru pada tumbuhan demi meningkatkan hasil dari pertanian dan pada hewan untuk meningkatkan reproduksi.

Pada zaman dulu bioteknologi pun sudah diterapkan pada bidang medis (kesehatan) dengan dibuktikannya penemuan vaksin, antibiotik dan insulin walau dalam jumlah yang masih sedikit. Perubahan lebih maju pada bidang medis ketika ditemukannya Bioreaktor oleh Louis Pasteur, yang mulai memproduksi antibiotik secara massal.

Dengan berkembangnya teknologi yang mampu menunjang perkembangan Bioteknologi, kemajuan dibidang rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan dan pengembiakan sel induk serta kloning mulai mengalami perkembangan pesat. Yang disertai dengan ditemukannya segala jenis obat untuk penyakit-penyakit genetik, seperti kanker dan Aids.

Banyak sekali dengan perkembangan Bioteknologi yang bisa dirasakan sekarang, bukan hanya dibidang medis. Tapi bisa dirasakan lebih dibidang pertanian untuk meningkatkan hasil prosuksi pertanian, yang memang menjadi sumber utama bagi kebutuhan hidup manusia. 

Dengan berbagai tanaman baru yang banyak ditemukan, tanaman-tanaman variestas baru unggulan dan mengandung nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman dulu. Karena dengan Bioteknologi, mampu mengembangkan rekayasa genetika, kultur jaringan dan DNA rekombinan. Sehingga tanaman jenis baru diharapkan mampu menahan serangan dari hama maupun bakteri yang bisa merusak pertumbuhan tanaman.

Untuk pelestarian lingkungan hidup, perkembangan Bioteknologi mampu menjaga pelestarian lingkungan hidup dari pencemaran (polusi). Contohnya ditemukannya bakteri-bakteri baru yang mampu mengurai zat-zat toksin (racun) disungai dan dilaut.

Secara umum bioteknologi mampu meningkatkan kualitas dari berbagai kebutuhan khususnya perkembangan kualitas organisme. Karena dengan bioteknologi kita mampu memodifikasi fungsi dari biologis organisme dengan menambahkan gen organisme lainnya sehingga ditemukan organisme baru yang diperlukan untuk keperluan kehidupan manusia.

Hasil dari perkembangan bioteknologi yang mampu meningkatkan hasil pertanian :

  1. Jagung tahan hama serangga
  2. Kapas resisten hama serangga
  3. Pepaya resisten virus
  4. Enzim pemacu produksi susu pada sapi
  5. Padi mengandung vitamin A
  6. Pisang mengandung vaksin hepatitis

Bioteknologi ada memiliki jenis diantaranya diasosikan dengan warna, yaitu:

1. Bioteknologi merah (red biotechnology) adalah cabang ilmu dari bioteknologi yang mempelajari aplikasi bioteknologi khususnya di bidang medis.

2. Bioteknologi putih/abu-abu (white/gray biotechnology) adalah bioteknologi yang diaplikasikan didalam industri seperti pengembangan dan produksi senyawa baru dan penemuan sumber energi terbarukan.
3. Bioteknologi hijau (green biotechnology) mempelajari aplikasi bioteknologi khusunya di bidang pertanian dan peternakan.

4. Bioteknologi biru (blue biotechnology), bioteknologi akuatik atau perairan yang mengendalikan sistem porses yang terjadi di lingkungan akuatik.

Rekayasa Genetika Pada Bioteknologi

Rekayasa Gentika pada bioteknologi merupakan modifikasi terhadap mahkluk hidup melalui transfer gen dari satu organisme ke organisme lainnya, yang prosedur dasar untuk menghasilkan suatu produk bioteknologi. Prosedur dasar genetika ini, meliputi : Isolaso gen, memodifikasi untuk gen untuk memperoleh gen yang lebih baik, transfer gen ke organisme yang baru dan juga membentuk produk organisme transgenic.
Ada dua hal prosedur pembentukan organisme transgenic, melalui proses introduksi gen dan melalui proses mutagenesis.

Perkembangan bioteknologi dibidang medis sebenarnya sudah dimulai pada zaman dahulu, ketika lintah menjadi cara pengobatan untuk mengobati penyakit. Dahulu lintah digunakan hanya untuk menyedot darah kotor. Dan hanya itu pengetahuan yang diketahui tanpa ada dasar ilmu dan pengetahuan lain. Tapi ketika ilmu pengetahuan terus berkembang dan mulai mengenal dengan bidang ilmu bioteknologi. Rupanya lintah memiliki enzim pada kelenjar salivanya yang mampu menghancurkan gumpalan darah yang membeku.

Gumpalan darah yang membeku pada pembuluh darah mampu menyebabkan serangan strok dan penyakit jantung. (sumber : Wikipedia).

Posting Komentar untuk "Penerapan Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia"