Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persaingan Baru Antara Google Sheets vs Microsoft Excel


Tak ada habisnya inovasi yang di lakukan oleh Google dalam beberapa tahun ini. Google juga mulai merambah dunia pengolahan data menyerupai Microsoft Excel yang selama ini hanya di lakukan oleh perusahaan Microsoft.

Google mulai mengembangkan Google Sheets yang caranya hampir menyerupai Microsoft Excel. Persamaan dari keduannya dua opsi terbaik untuk melakukan pekerjaan dengan spreadsheet, memungkinkan pengolahan angka, membuat perhitungan, membuat grafik dan bagan dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Google Sheet. 

Google Sheets memulai sebagai Aplikasi Spreadsheet, tetapi dikembangkan dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir dengan penambahan alat seperti table pivot.





Jadi Apa Perbedaan Utama Antara Keduanya

- Cost 
Salah satu keuntungan terbesar Google Documents adalah gratis untuk penggunaan pribadi tapi jika untuk penggunaan skala besar atau skala bisnis bisa menggunakan paket Google Apps, yang akan memberikan kelebihan fitur dan ruang lebih banyak di Google Drive.

Dan untuk berlangganan Microsoft Office 365, yang mencangkup Excel, Word, Powepoint, dan semua perangkat lunak produktivitas Microsoft lainnya. Google Apps menawarkan biaya  69,99 dollar pertahun.

Selama ini kita bekerja di PC, dengan Google Sheets ini, mulai sekarang kita bisa bekerja dengan Microsoft  secara online (Microsoft Office Online). Walaupun Google Sheets ini tidak sepopuler atau tidak / belum memiliki fitur yang lengkap dalam penggunaannya dibandingkan dengan penggunaan Microsoft Office di desktop. Tapi dengan mengunakan Google Sheets dan Microsoft Excel memungkinkan akan membuat  Anda memiliki banyak opsi dan pilihan. 

Portabilitas Data 
Saat memutuskan menggunakan Microsoft Excel dengan atau di Google Sheets, pastikan untuk mentransfer data antara keduanya. Walaupun untuk mentransfer data dari Google Sheets ke format Microsoft Excel dan mengimpor file Excel ke sheets cukup mudah. Tapi tidak bisa hanya dengan mencopy dan mempastekan dari satu sel ke sel lainnya.

Mungkin aka nada sedikit masalah pemformatan jika mengekspor dan mengimpor spreadsheets, karena Google Sheets dan Microsoft Office tidak bekerja dengan system yang sama persis. Dimungkinkan saja untuk mengimpor dan mengekspor spreadsheets di Google Sheets tapi mungkin bisa saja tidak tampak sama persis dengan Microsoft Excel. 

Menyimpan dan Menyinkronkan 
Google Sheets akan menyimpan pekerjaan secara otomatis, jadi tidak perlu khawatir ketika lupa untuk menyimpannya, atau menutup jendela Google Sheets dan lupa menyimpan.

Jika Microsoft Excel akan member peringatan jika akan menutup program dan belum menyimpannya, beda hal dengan Google Sheets. Google Sheets akan menyimpan spreadsheets secara otomatis ke akun Google Drive kita. 

Kolaborasi 
Jika kita ingin berkolaborsi dengan teman dalam pekerjaan, Google Sheets merupakan pilihan yang tepat. Cukup dengan mengirimkan tautan kepada teman kerja melalui email, maka semua bisa bekerja dalam satu team walaupun berbeda area atau tempat. Hal ini sama saja dengan call berjamaah dengan banyak orang.






Jika bekerja dengan Microsoft Excel secara offline di desktop hanya bisa dilakukan hanya untuk perorangan. Sangat beda halnya jika menggunkan Google Sheets. Kita bisa bekerja secara team. Jadi intinya dari inti (core the core), dengan spreadsheets google sheets pekerjaan dapat berkolaborasi dengan menggunakan Microsoft Office Online. 

Kesesuaian 
Spreadsheet dari Google Sheets dapat dengan mudah ditransfer di antara aplikasi Google lainnya, tapi jika masih ingin bekerja dengan perangkat office (offline), lebih baik menggunakan Microsoft Excel dari Ms. Office. Tidak perlu menggunkan Google Sheets. 

Fitur 
Ketika pertama kali Google Sheets di perkenalkan, masih dalam kondisi yag sangat sederhana. Belum banyak fitur yang ditawarkan tapi sekarang mulai memunculkan fitur baru berupa table pivot. Walau masih perlu penyempurnaan.

Sedangkan Excel merupakan perangkat yang telah lama eksis. Memiliki kemampuan yang sudah begitu sangat sempurna. Jika kita masih menjalnkan sesuatu pekerjaan dengan rutin dan sangat kompleks, maka Microsoft Excel masih merupakan pilihan utama dalam pekerjaan.


Posting Komentar untuk "Persaingan Baru Antara Google Sheets vs Microsoft Excel"