Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Template Pada Blog Blogger


Banyak yang bertanya pada saya "Bagaimana sih mengganti template atau tampilan halaman blog kita". Mengapa ada pertanyaan seperti ini padahal blog blogger yang dimiliki Google sudah memiliki tampilan blog bawaan. Tinggal memilih template mana yang diinginkan dengan banyak pilihan. Tapi terkadang seorang Blogger sendiri ingin menampilkan blognya berbeda dengan blogger lainnya. Agar terlihat lebih profesional atau lebih keren.

Apakah Template Blog Blogger dapat diganti

Tentu saja bisa, Blog yang dimiliki Google tidak melarang untuk mengganti tampilan blognya diluar yang sudah disediakan oleh Blog Blogger (Google). Terserah pemilik blog, apakah mau memakai template blogger (Google) atau template blog dari luar. 

Untuk ini admin hanya memberi jalan bagaimana cara mengganti template blog Blogger, sedangkan untuk blog wordpress admin tidak membahasnya. Tapi jalan dan proses penggantian dua blog ini sama. Kedua template blog tersebut dapat diganti, baik di Blogger maupun Wordpress.

Cara Proses Penggantian Template Blog 

Untuk penggantian template bisa dengan cara membeli atau memperoleh secara gratis. Bisa di beli melalui forum Blogger yang ada di media sosial maupun membeli di situs internet yang tentu banyak bertebaran. Tapi walaupun ada yang harus bayar, ada juga yang gratis alias Free. Gimana caranya bisa gratis. Cukup membuka situs penjualan template di internet. Mereka ada berbayar juga memberikan yang gratis.




Apa beda yang membayar sama yang gratis 

Kalau yang berbayar tentu saja fasilitas memakai atau navigasi pemakain template lebih mudah dan kita sendiri bisa meminta model, bentuk, warna dan apapun agar template bisa terlihat bagus atau keren. Beda dengan Gratis...tis...tis, kita hanya bisa memilih yang sudah tersedia saja modelnya. Soal pengaturan dan warna kita disuruh edit sendiri. Kalau yang memahami edit HTML tidak masalah. Masalah bagi yang tidak mengerti soal kode-kodean HTML pasti binggung. Tapi cobalah lama kelamaan pasti bisa. Admin juga begitu pada awalnya. Bingung tapi lama kelamaan sedikit memahami. Usahakan pilih template yang modelnya sesuai dengan isi blog kita. Travelling, makanan, kesehatan atau blog gado-gado.

Setelah kita memperoleh kode template di internet (anggap saja template gartsi). Gimana caranya....???, download model template blog yang telah disediakan. Biasanya kita memperoleh bentuk dalam model zip. Ektrak saja zip tersebut untuk mengambil kode templatenya.

Ini adalah model template dalam bentuk zip yang admin download di internet secara gratis di situs penyedia template.

=> Klik pada zip template lalu klik kanan pada mouse
=> Pilih ektrak file atau ekstrak here

Sebelum di ekstrak ada baiknya pindahkan dulu ke folder tersendiri, agar tidak tecampur dengan data yang lainnya.




Setelah diekstrak pilih data atau gambar seperti ini. Lalu buka data tersebut dengan NotePad.


Copy semua data yang ada di NotePad dan pindahkan kode tersebut ke Blog.



Setelah memindah kode template ke bagian tema blog => Klik simpan Tema.
Lihat blog maka tampilan template blog akan berubah sesuai dengan model template yang telah kita download di internet.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Template Pada Blog Blogger"