Belajar Mengetahui dan Memahami Microsoft Excel
Kalau dijelaskan Workbook pada Ms.
Excel adalah halaman kerja untuk melakukan segala kegiatan yang berhubungan
dengan manajemen data di ruang Ms.Excel di lebih satu worksheet. Sedangkan
worksheet itu sendiri merupakan lembar kerja elektronik dimana tempat data-data
tersimpan. Dimana worksheet terdiri dari kolom dan baris, yang dapat memuat
data yang diinginkan berupa tulisan, angka maupun formula excel.
A.
Fungsi Workbook Excel
Workbook pada Microsoft Excel adalah
halaman kerja excel.
Jika melihat tampilan gambar halaman
workbook Ms.Excel diatas. Maka masing-masing komponen memiliki fungsi :
- Title Bar – Menunjukkan workbook yang sedang aktif atau dibuka “Book1”.
- Quick Access Toolbar – Berfungsi untuk menampilkan perintah yang digunakan pada Ms.Excel pada Quick Access Toolbar.
- Kontrol Jendela – Berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel.
- Menu Bar – Merupakan kumpulan perintah-perintah pada microsoft Excel. Setiap menu bar terdiri dari ribbon. Ribbon sendiri merupakan perintah yang dilengkapi dengan ikon perintah atau command button, dan command button mempunyai fungsi yang berbeda.
- Name Box / Kotak Nama – berfungsi untuk menampilkan nama sel / cell yang sedang aktif.
- Formula Bar – untuk memberikan formula pada sel / cell yang sedang aktif.
- Column / Kolom – untuk menampilkan nama kolom yang diidentifikasi dengan huruf A-XFD.
- Row / Baris – Berfungsi untuk menampilkan index baris pada Microsoft Excel yang diidentifikasi dengan angka 1-104XXXX.
- Sel Aktif – Sel yang aktif berarti sel yang diarahkan pada pointer mouse .
- Tab Worksheet – Berfungsi untuk menambah atau mengurangi worksheet dan memilih bagian worksheet yang akan digunakan
- Lembar Kerja Excel – sel / cell yang ditampilkan pada Workbook.
- Horizontal Scroll Bar –untuk menggeser lembar kerja kanan atau kiri.
- Vertical Scroll Bar – untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
- Page View – untuk merubah tampilan lembar kerja.
- Status Bar – untuk menampilkan keterangan terkait kerja yang sedang berjalan.
B.
Membuat Workbook di Microsoft Excel
Langkah-langkahnya :
1. Klik File
2. Klik New
3. Klik Blank Workbook
4. Maka halaman excel akan
terbuka
Atau untuk proses cepat cukup Tekan
Crl + N.
C. Membuat Worksheet di Microsoft Excel
Untuk worksheet baru, klik
tanda +
D. Menyimpan Workbook Hasil Kerja
1.
Klik File
2.
Klik Save
3.
Klik Browse
4.
Pilih direktori
untuk menyimpan
5.
Klik Save
Posting Komentar untuk "Belajar Mengetahui dan Memahami Microsoft Excel"