Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Mengetahui dan Memahami Microsoft Excel


Kalau dijelaskan Workbook pada Ms. Excel adalah halaman kerja untuk melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan manajemen data di ruang Ms.Excel di lebih satu worksheet. Sedangkan worksheet itu sendiri merupakan lembar kerja elektronik dimana tempat data-data tersimpan. Dimana worksheet terdiri dari kolom dan baris, yang dapat memuat data yang diinginkan berupa tulisan, angka maupun formula excel.

A. Fungsi Workbook  Excel

Workbook pada Microsoft Excel adalah halaman kerja excel.



Jika melihat tampilan gambar halaman workbook Ms.Excel diatas. Maka masing-masing komponen memiliki fungsi :

  • Title Bar – Menunjukkan workbook yang sedang aktif atau dibuka “Book1”.
  • Quick Access Toolbar – Berfungsi untuk menampilkan perintah yang digunakan pada Ms.Excel pada Quick Access Toolbar.
  • Kontrol Jendela – Berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel.
  • Menu Bar – Merupakan kumpulan perintah-perintah pada microsoft Excel. Setiap menu bar terdiri dari ribbon. Ribbon sendiri merupakan perintah yang dilengkapi dengan ikon perintah atau command button, dan command button mempunyai fungsi yang berbeda.
  • Name Box / Kotak Nama – berfungsi untuk menampilkan nama sel / cell yang sedang aktif.
  • Formula Bar – untuk memberikan formula pada sel / cell yang sedang aktif.
  • Column / Kolom – untuk menampilkan nama kolom yang diidentifikasi dengan huruf A-XFD.
  • Row / Baris – Berfungsi untuk menampilkan index baris pada Microsoft Excel yang diidentifikasi dengan angka 1-104XXXX.
  • Sel Aktif – Sel yang aktif berarti sel yang diarahkan pada pointer mouse .
  • Tab Worksheet – Berfungsi untuk menambah atau mengurangi worksheet dan memilih bagian worksheet yang akan digunakan
  • Lembar Kerja Excel – sel / cell yang ditampilkan pada Workbook.
  • Horizontal Scroll Bar –untuk menggeser lembar kerja kanan atau kiri.
  • Vertical Scroll Bar –  untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
  • Page View – untuk merubah tampilan lembar kerja.
  • Status Bar – untuk menampilkan keterangan terkait kerja yang sedang berjalan.
 
B. Membuat Workbook di Microsoft Excel

Langkah-langkahnya : 

1.   Klik File
2.   Klik New
3.   Klik Blank Workbook
4.   Maka halaman excel  akan terbuka

Atau untuk proses cepat cukup Tekan Crl + N.

C. Membuat  Worksheet di Microsoft Excel 

Untuk worksheet baru, klik tanda +

 



D. Menyimpan Workbook Hasil Kerja

1.   Klik File
2.   Klik Save
3.   Klik Browse
4.   Pilih direktori untuk menyimpan
5.   Klik Save

Posting Komentar untuk "Belajar Mengetahui dan Memahami Microsoft Excel"