Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menghaluskan Sisi Foto Dengan Fungsi Feather Dengan Adobe Photoshop

Bagi yang sedang mendalami ilmu otak-atik foto pasti ingin banyak mengetahui cara proses editing foto dan software apa yang digunakan. Sofware editing foto banyak, tapi yang paling terkenal adalah Adobe Photoshop. Walaupun banyak software yang kretiria sama dengan Adobe Photoshop, tapi mayoritas orang lebih mengenal Adobe Photoshop dibandingkan dengan Software yang lain. Apalagi di Indonesia, para pakar editing foto lebih banyak menggunakan Software Adobe Photoshop.

Editing foto pada Adobe Photoshop tidak saja hanya untuk mempercantik foto, buat pasfoto dan sebagainya. Ada salah satu tool di Adobe Photoshop yang berfungsi untuk menghaluskan pinggiran atau sisi pada foto. Jadi bukan hanya untuk menghaluskan saja. Bagi yang mulai mendalami Software Adobe Photoshop, pasti ada niat untuk mengganti background foto dengan background foto lainnya. Apalagi untuk background foto anak. Pasti menginginkan background foto diganti agar terlihat lebih cantik.

Pada saat mengganti background foto (foto seorang anak) kadang sisi foto atau potongan pada foto terlihat kasar atau tidak menyatu dengan background penggantinya. Disinilah diperlukannya salah satu tool yang terdapat di Software Adobe Photoshop. Yaitu FEATHER.

Baiklah saya lanjutkan saja bagaimana cara proses tersebut. Langkah awal yang diperlukan adalah foto si anak tersebut...jika contoh seperti ini foto anak ini.


 
Salah satu foto yang akan diganti backgroundnya kesebelah (background foto tumbuhan). Untuk awalnya seleksi dulu foto si anak tersebut. Ketika foto telah terseleksi baru pindahkan foto si anak ke backgorund lain (background tumbuhan).


Setelah area foto terseleksi (hanya foto si anak) sudah diseleksi. Geser foto anak dengan menahan mouse dengan gerakkan ke area Tab sebelahnya (banckground yang diganti).


Maka foto / gambar si anak telah berpindah kesebelah.


Setelah foto si anak telah berpindah, inilah saatnya tool Feather pada Photoshop kita gunakan.


Kalau dilihat seperti tidak ada yang aneh pada foto yang telah dignati backgroundnya. Tapi jika diperbesar akan terlihat sisi agak sedikit kasar.


Dan untuk mensiasati ini cukup gunakan tool Feather pada Adobe Photshop. Caranya :


=> Klik Poligonal Lasso => Klik keseluruh atau klik mengelilingi gambar foto si anak saja, sampai mengelilingi dan garis titik awal dan titik akhir polygonal lasso bertemu. Ini gunanya untuk kembali menyeleksi area hanya foto si anak. Garis seleksi (putus-putus) akan otomatis melingkari hanya si foto anak.


Lalu => Klik kanan pada mouse => Klik Select Inverse


Gunanya Select Inverse untuk memindah seleksi pada gambar. Setelah mengKlik Select Inverse, area seleksi akan berpindah ke area Background tidak lagi di area foto si anak.



Lihat perbedaan area seleksi di kedua gambar terakhir diatas. Setelah hanya area yang terseleksi hanya pada background saja. 
=> Klik tombol kanan mouse => Klik Feather  


Maka akan muncul:


Ganti angka Feather Radius, disarankan hanya pada angka 1 s/d 2 saja. 
=> Klik OK, maka area sisi foto akan lebih halus setelah di Feather. Biasaya jika background diganti berwarna putih akan lebih terlihat hasil sebelum di Feather dan setelah di Feather. Anda boleh coba dengan mengganti dengan background putih.

Dengan Tool Feather ini akan terlihat sisi foto akan kelihat lebih halus dan foto yang diganti background akan terlihat menyatu.

Catatan : Untuk mengganti background foto usahakan cahaya atau intensitas pada foto dan foto background terlihat sama, sehingga hasil penyatuan keduanya terlihat nyata, tidak seperti baru diganti background. Jika tidak bisa diatur pencahayaannya di Adobe Photoshop......!!!



Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghaluskan Sisi Foto Dengan Fungsi Feather Dengan Adobe Photoshop"