Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Stiker Di Mancis Dengan Corel Draw



Pasti sudah tahu dan melihat apa itu mancis atau korek gas. Bagi para perokok pasti tidak asing dengan yang namanya mancis. Itu lho korek gas yang berwarna-warni yang harganya ribuan. Dan ada juga yang berwarna putih polos.

Jadi apa hal saya membuat thread ini. Disini saya hanya mau berbagi sedikit bagaimana kita bisa memanfaatkan mancis atau korek gas ini sebagai promosi merek dagang atau lainnya. 

Bisa sebagai bahan promosi untuk para Caleg. Pasti pernah melihat ada beberapa Caleg atau pejabat atau yang mau jadi pejabat yang memanfaatkan mancis sebagai bahan promosi. Karena mancis ini bahan promosi yang bisa jalan-jalan. 

Tidak seperti spanduk yang hanya dian ditempat. Maksud dari jalan-jalan itu, ketika sipemegang mancis berjalan-jalan, pasti mancisnya juga ikut jalan-jalan. Mancis inipun bisa dipasang untuk merek dagang dan dibagi-bagikan.




Singkat cerita, bahan yang harus di siapkan terdiri dari :
  •  Mancis atau korek gas
  •  Kertas Stiker / kertas foto yang bisa ditempel
  •  Komputer untuk setting
  •  Program / Software AutoCad
  •  Printer
  •  Dan terakhir jangan sampai lupa Cat Cleaner (cat semprot bening)
Untuk awalnya mancis sediakan, sebagai contoh saya menggunakan mancis warna merah (bening). Masalahnya saat menulis thread ini saya lagi memegang mancis tersebut....hahahahahahahah
 

Pertama yang harus dilakukan adalah mengukur keliling dari mancis ini, panjang dan lebar (tinggi) dari mancis harus diketahui. Caranya cukup sederhana gunakan mistar (rol) untuk mengukur bagian mancis yang akan ditempel stiker.


Ukurlah....anggap yang mendatar adalah panjang dan yang tegak adalah lebar (tinggi) dari mancis ini. Setelah saya ukur saya memperoleh ukuran seperti ini.


Mungkin bisa selisih 0,1 antara ukuran saya dengan Anda, tapi yang terpenting usahakan ukurannya jangan sampai tepi sekali, masukkan atau kurangan sedikit atau 0,xxx sekian dari ukuran sebenarnya dari mancis ini.

Kenapa begitu, karena supaya pada saat menempelkan stiker, ukuran stiker berada atau tepat di dalam tubuh atau badan atau ukuran sebenarnya dari mancis ini. Jadi ketika diukur 2 cm kurangi 0,1cm s/d 0,2cm jadi 1,9 atau 1,8cm dari ukuran sebenarnya. 1,7cm dikurangi jadi 1,6cm dan 6,2cm jadi 6,1cm.

Setelah kita mengetahui ukuran sebenarnya dari mancis, selanjutnya ukuran dari mancis itu kita buat di dalam CorelDraw. Disini saya hanya memakai CorelDraw 12. 


Lihat ukuran yang saya buat, semua ukuran saya kurangi satu. Tapi jika tidak sesuai dengan keadaan waktu kita buat satu contoh / barang contoh satu buah dulu. Anda dapat mengurangi lebih dari 0,1 cm. Sesuai yang ukuran yang Anda inginkan.

Langkah selanjutnya tinggal kita memberi warna background pada area di dalam kotak diatas atau kita hanya ingin warna putih polos mengikuti warna putih pada stiker. Saya membuat background berwarna pada area kotak.


Saya memakai background diatas sebagai contoh. Area kotak mancis telah disisipkan warna background. Kalau dilihat masih ada area garis hitam, bisa dihapus dengan cara.

 



=> Klik object / gambar => Klik icon diatas seperti ujung pulpen (outline width) => Klik None ..... Atau

=> Klik object disamping seperti ujung pulpen juga => Klik tanda x (no Outline).

Maka Outline (garis pada object/gambar) akan hilang.






 

Langkah selanjutnya tinggal kita memberi tulisan dalam area object gambar.


Susunlah object gambar. Atur ukuran kertas di AutoCad dalam ukuran A4, karena kertas stiker yang menjadi media cetak berukuran A4.


Pada saat ngeprint, pengaturan pada printer adalah setelan foto agar hasil cetakan lebih bagus, dikarenapun kertas stikernya berjenis glossy.

Inilah hasil jadi stiker untuk mancis.


Kalau hasil ingin awet sebelum ditempelkan di mancis, stiker bisa disemprotkan dengan cat cleaner (cat semprot bening). Ini untuk printer berbasis tinta Dye. Tapi jika printer sudah berbasis tinta pigment tidak perlu lagi disemprot dengan cat cleaner.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Stiker Di Mancis Dengan Corel Draw"