Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan Sepeda Motor di Berbagai Negara



Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan kendaraan yang memiliki roda sebanyak dua buah yang letaknya sejajar, satu roda berada didepan dan satu lagi berada dibelakng, yang kedua roda ini digerakkan oleh sebuah mesin. Sepeda motor di Indonesia banyak dipergunakan karena harganya masih bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat menengah dan irit bahan bakar.

Sejarah Sepeda Motor sendiri rupanya pertama kali dirancang oleh spesialis atau pakar mesin dari Jerman Gottlieb Daimler pada tahun 1885. Ini dilakukan saat ia mencoba memasang sebuah mesin pada sebuah sepeda kayu yang ia desain sendiri. 


Dan dari sinilah perkembangan sepeda wujud atau bentuk sepeda motor berawal tahun 1914, dan dasar dari sepeda motor modern mulai bertransformasi.




Sejarah Sepeda motor pertama di dunia



Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, yang merupakan perusahaan pertama di dunia yang mulai memproduksi sepeda motor ini dalam skala besar, mereka mulai menerapkan dan memaksimalkan mesin uap sebagai pemabngkit energi untuk menggerakkan sepeda motor.

Namun usaha ini bisa dikatakan tidak meraih kesuksesan. Dan kemudian penemuan baru ini dicoba untuk dilanjutkan oleh Edward Butler, Inggris. Edward Butler sendiri merupakan pakar penemu yang berasal dari Inggris dan sangat tertarik untuk mengembangkan teknologi baru ini Karena menurutnya sepeda yang diberi mesin ini akan berkembang pesat dan akan menjadi kendaraan yang banyak diminati karena bentuk yang sangat sederhana.

Butler membikin kendaraan roda tiga dengan suatu motor lewat pembakaran dalam. Semenjak temuan ini, banyak hal yang dilakukan untuk membuat motor dan kendaraan beroda empat. Salah satunya diprakarsai oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.

Kedua penemu ini bersama bekerja di Deutz-AG-Gasmotorenfabrik, yang merupakan produsen mesin stasioner terbesar pada saat itu, 1872. Pemilik Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang bernama Nikolaus Otto mampu dan berhasil membuat mesin empat langkah atau yang disebut juga mesin empat tak dan menjulang kesuksesan dan dipatenkan pada tahun 1877.

Meskipun demikian mesin empat tak masih terlalu simpel dan kurang efisien dalam proses kinerjanya. Pada tahun 1885, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach akhirnya berhasil membuat dan menemukan bentuk sebuah bagian mesin yang dikenal sekarang dengan nama karburator.

Karburator ini berfungsi untuk mencampur bensin dan udara sehingga bisa menghasilkan bahan bakar mesin empat tak ciptaan Otto. Mereka mengoptimalkan mesin empat tak menjadi silinder 100 cc dan meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. 




Dan sepeda kayu bermesin dikenal dengan nama Reitwagen (riding car) dan menjadi sepeda motor pertama di dunia.





Sejarah Masa Perkembangan Sepeda Motor di beberapa Negara

1. Jerman
Pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor baru. Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama akhirnya dipasarkan oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893.

2. Amerika Serikat (USA)
Era sepeda motor AS dimulai tahun 1895 dan pertama kali dikenal di Amerika Serikat, New York. Seorang ahli penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mencoba mendemonstrasikan sepeda motor hasil rancangannya sendiri. Dan akhirnya Pennington dikenal sebagai orang pertama yang mencetuskan istilah motorcycle (sepeda motor). 


3. Inggris (Egland)
Triumph yang merupakan perusahaan pembuat sepeda di Inggris mencoba menerapkan sepeda untuk dilengkapi dengan sebuah mesin. Dan akhirnya di tahun 1902, berhasil memproduksi sepeda motornya yang pertama walau masih menggunakan mesin yang berasal dari Belgia. Tahun 1905, akhirnya Triumph bisa memproduksi sepeda motor dengan desain dan rancangan mereka sendiri secara penuh.

4. Perang dunia I, 1914-1918.  Indian Motorcycle Manufacturing Company menjadi pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Namun akhirnya tutup tahun 1953 dan diambil alih oleh Royal Enfield.

5. Masa Perang dunia II,1939-1945. Sepeda motor dirancang untuk memenuhi kebutuhan perang saat itu. Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio memperkenalkan desain sepeda motor yang dijuluki skuter/Vespa dan mampu menarik mata dunia karena keunikannya.

Setelah berakhirnya perang Dunia II. Pada tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan nama cub. Dan akhirnya model dan desain sepeda motor ini sangat populer di masyarakat dunia. Dan diikuti oleh produsen sepeda motor lainnya. Dan bentuk sepeda motor bebek inipun terus berkembang sampai sekarang.




Posting Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Sepeda Motor di Berbagai Negara"