Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Background CorelDraw | Memasukkan Gambar (Foto) Ke Area (Bentuk) Desain Dengan Coreldraw

Sudah banyak yang mengenal Aplikasi / Software yang bernama CorelDraw. Apa perbedaan Adobe Photoshop dengan CorelDraw. Sebenarnya tidak ada perbedaan spesifik antara keduanya.

Jika Photoshop menyediakan fasilitas editing foto begitu juga dengan CorelDraw. Jika CorelDraw Menyediakan editing desain begitu juga Photoshop. 
Hanya kalau editing foto, banyak yang lebih mengenal dan menggunakan Adobe Photoshop dan sebaliknya jika editing desain banyak yang lebih menggunakan CorelDraw dibandingkan Adobe Photoshop.  


Tinggal bagaimana kita lebih familiar terhadap keduanya. Apakah Adobe Photoshop atau CorelDraw.

Disini saya lebih familiar menggunakan CorelDraw dalam mendesain sesuatu ketimbang Photoshop. Beda halnya jika editing foto, saya lebih familiar menggunakan Adobe Photoshop.


Jika kita ingin mendesain sesuatu dengan bentuk yang dinginkan dan ingin mengisi bidang tersebut dengan warna atau background yang dinginkan kita tinggal memilih Fill atau cukup Klik warna-warna yang ada diposisi sebelah kanan halaman CorelDraw secara otomatis bidang tersebut sudah akan terisi warna yang diinginkan.

 

Bagaimana jika kita menginginkan background lain yang berasal dari luar. Bukan yang tersedia di CorelDraw. Seperti gambar dibawah ini :



Pasti lebih cantik. Hal yang mudah jika desain berbentuk kotak. Cukup menyesuaikan lebar dan panjang kita sudah bisa memasukkan desain background tersebut ke bentuk desain berbentuk kotak.



Cukup menggeser panjang dan lebar kearah desain kotak maka background sudah bisa menyesuaikan desain kotak yang dibuat. Cukup mudah tapi jika desain berbentuk bintang, bagaimana???? tidak mungkin kita menggeser kesana kemari menyesuaikan bentuk desain bintang tersebut. Bakalan satu hari satu malam gak akan selesai tuh kerjaan......Seperti gambar dibawah ini :



Tapi dengan bantuan salah satu Tool yang ada di CorelDraw pekerjaan tersebut akan dengan mudah diselesaikan...cukup 2 detik beresssss...............

Caranya :

  • Persiapkan background akan di isi kedalam desain dengan cara dampingkan atau masukkan background ke sebelah desain seperti gambar di bawah ini.


  • Buatlah ukuran background seluas area desain bintang atau juga lebih boleh....silakan saja.
  • Gandakan keduanya tapi jika sudah paham tidak perlu, ini hanya untuk yang tahap belajar.
 
=> Klik Background => Klik Effects => Klik PowerClip => Klik Place Inside....Nanti ketika meng Klik Place Inside Container akan ada muncul gambar anak panah (warna hitam), arahkan anak panah tersebut ke bentuk desain bintang, Maka Background akan masuk kedalam area desain bintang.
 



Untuk desain bintang yang satu lagi lakukan hal yang sama. Gandakan kembali background, cukup dengan cara => Klik gambar background => Ctrl + D (otomatis gambar background akan tergandakan), ini untuk mengisi desain bintang yang satunya.
 



Maka desain bintang akan terisi background secara keseluruhan. Desain bintang masih memiliki garis. Cukup block seluruh area desain bintang dengan mouse lalu => Klik Outline Tool => Klik No Outline





Posting Komentar untuk "Background CorelDraw | Memasukkan Gambar (Foto) Ke Area (Bentuk) Desain Dengan Coreldraw"