Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menumbuhkan Semangat Gotong Royong


Budaya gotong royong.  Apa itu gotong royong itu?. Gotong royong sendiri merupakan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Gotong royong menjadi salah satu ciri khas budaya bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain. Budaya inilah yang menjadi salah satu faktor pemersatu Indonesia dari Sabang sampai Merauke meskipun berbeda suku ras dan agama.

Gotong royong ini adalah salah satu kebanggaan atau ciri khas dari bangsa Indonesia yang berasal dari bahasa Jawa yang terdiri atas 2 kata yaitu Gotong dan royong.
 
Gotong royong sendiri berasal dari bahasa Jawa terdiri dari gotong artinya angkat dan royong yang artinya bersama-sama, berarti gotong royong itu bisa kita katakan bersama-sama mengangkat suatu hal atau gotong royong itu adalah kerja sama yang bersama-sama menyelesaikan sebuah pekerjaan agar segera selesai.
 
Gotong royong sendiri merupakan bentuk kerjasama antar sesama dalam berbagai macam aktivitas yang terdapat dalam lingkungan sekitar.

Manusia adalah termasuk makhluk sosial, yang berarti manusia tidak dapat hidup sendiri sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. 

Oleh karena itu budaya gotong royong sangat penting diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Karena kita makhluk sosial, maka kita sangat membutuhkan orang lain. Kita tidak bisa tinggal sendiri dan tidak bisa hidup sendiri. 

Salah satu contoh kecil dari kegiatan Gotong-royong adalah saat kita bersama membersihkan pekarangan rumah bersama keluarga. 

Karena dengan membersihkan rumah secara gotong royong, pekerjaan itu bisa selesai dengan cepat.
 
Salah satu contoh Gotong royong di lingkungan masyarakat adalah saat membersihkan saluran air yang tersumbat karena dipenuhi sampah. 

Coba bayangkan jika pekerjaan ini dilakukan sendiri, berapa lamakah waktu yang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pasti sangat lama dan sangat melelahkan. 

Jadi diperlukannya kerja sama atau gotong royong.

Jadi dengan gotong-royong pekerjaan yang berat akan mudah cepat. Salah satu gotong royong untuk memperrat hubungan di masyarkat adalah saling membantu ketika ada tetangga kita sedang melaksanakan hajatan atau pesta.

Dengan membantu tetangga dalam melaksanakan hajatannya, itu juga dikatakan kegiatan gotong royong. Dengan begitu akan timbul rasa kebersamaan dan memperkuat hubungan masyarakat disekitar dilingkungan.

Kalau contoh kegiatan gotong royong disekolah adalah membersihkan kelas bersama, tentu dengan jadwal piket  yang telah ditentukan oleh wali kelas masing-masing.

Membersihkan kelas, menyapu, menghapus papan tulis, membersihkan jendela. Jika ini dilakukan oleh satu siswa saja. Coba bayangkan, berapa lama waktu yang diperlukan?.

Jadi kegiatan gotong royong sendiri tidak hanya dilakukan oleh oleh orang dewasa tapi juga bisa dilakukan oleh anak-anak.

Jadi melakukan kegitan gotong royong merupakan hal yang sangat baik karena karena gotong royong itu merupakan adat istiadat dan budaya bangsa Indonesia. 

Dan merupakan bentuk kerjasama antar sesama dalam berbagai macam aktivitas yang terdapat dalam lingkungan sekitar. 

Karena gotong royong itu salah satu ciri khas budaya Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa-bangsa lain. Sangat bagus apabila suatu pekerjaan itu dikerjakan dengan gotong-royong.

Apabila dikerjakan dengan sendiri maka akan banyak hal yang tidak bisa dikerjakan. Makhluk sosial membutuhkan orang lain. Kita sering melihat anggota kepolisian dan TNI sering melakukan kegiatan  gotong royong.

Hewan kecil seperti semut saja selalu melakukan kegiatan bersama dalam melakukan pekerjaan bersama (gotong royong).

Semut selalu berjuang atau berusaha untuk melakukan pekerjaan bersama, apalagi kita manusia yang merupakan makhluk sosial.

Semut yang yang memiliki tubuh kecil, mampu memindahkan barang yang ukurannya sangat besar dibandingkan dengan struktur tubuh semut itu sendiri.

Sekarang kita semua sudah mengetahui manfaat dari gotong-royong. Kalau begitu apa manfaat dari gotong royong?. 

Manfaat gotong royong pertama menumbuhkan solidaritas dan kebersamaan meningkatkan produktivitas kerja menghemat waktu dan tenaga setelah itu mendorong semangat kekeluargaan memperkokoh persatuan dan kesatuan serta mempererat tali persaudaraan.

Posting Komentar untuk "Menumbuhkan Semangat Gotong Royong "