Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Aplikasi Terinstal di Android Tapi Tidak Berfungsi


Mau buka aplikasi di ponsel, tapi ketika di klik bermasalah alias tidak mau berjalan atau terbuka. Jika aplikasi di handphone mengalami masalah yang terjadi seperti ini :

1. Ketika di buka Error
2. Aplikasi tidak bisa dibuka
3. Aplikasi tidak mau merespons
4. Aplikasi yang di instal tidak berfungsi dengan benar

Jika mengalami hal ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, tapi sebelum langkah ini dilakukan. Coba terlebih dahulu restrat handphone atau matikan dan hidupkan kembali. Setelah itu coba buka aplikasi yang bermasalah tersebut, apakah masih belum merespons.

Jika masih belum merespons, coba ikuti langkah berikut ini :

Pertama, Mulai ulang atau update perangkat software Android. Karena aplikasi yang terupdate terkadang memerlukan perangkat software atau perangkat Android yang minta di Upgrade. Caranya, coba lihat situs Android yang dipakai. Cari jenis dan type Android yang dipakai, apakah ada upgrade perangkat yang disediakan untuk Android yang dicari.

Untuk memeriksa update Android bisa dengan membuka "Setelan" atau "Pengaturan" di Android. Pada bagian bawah ketuk "Sistem" lalu lanjutkan dengan "Update Sistem".

Untuk beberapa model Android lain, mungkin atau bisa saja memiliki pengaturan yang berbeda. Tergantung pada jenis dan tipe Android. Mungkin saja bisa dengan mengetuk "Tentang Ponsel" atau "Tentang Tablet" lalu Update Software. Setelah itu ikuti saja langkah-langkah yang muncul dilayar Android.

Cara Kedua, adalah mengupdate aplikasi. Bisa saja aplikasi tersebut sudah kadaluarsa dan perlu aplikasi baru yang telah di update oleh pemilik aplikasi atau vendor. Coba buka Play Store atau Google Play.

Cari aplikasi yang bermasalah atau tidak merespon tersebut, kalau sudah dapat ketuk aplikasi tersebut. Biasanya kalau apalikasi tersebut ada versi terbaru, biasanya ada label "Update". Jika memang ada tandanya, aplikasi tersebut sudah memiliki versi terbaru dan update saja aplikasi yang bermasalah tersebut.

Biasanya jika Android berada di jalur wifi free, dan data internet yang digunakan menggunakan wifi. Aplikasi-aplikasi yang ada di Android akan terupdate atau muncul beberapa notifikasi di Android tentang pembaharuan aplikasi. Tergantung setelan pada Android, apakah di update secara otomatis jika menggunakan wifi atau di setel untuk di update secara manual dengan memberitahukan terlebih dahulu sebelum mengizinkan aplikasi tersebut di update.

Tapi ada banyak masalah yang dihadapi dengan aplikasi yang tidak merespon. Bisa saja sistem pada Android sudah banyak yang tidak berfungsi, untuk mensiasati ini, Android perlu di instal ulang dan diberi sistem atau program yang lebih fresh. Jadi Android yang di instal ulang akan kembali kosong dan semua menjadi bersih. Apalagi jika ada virus yang sudah melekat di Android. Semua virus yang ada akan hilang semua jika Android di instal ulang.

Namun sebelum menginstal ulang Android, harap di perhatikan hal ini. Pindahkan atau backup semua data penting yang ada di Android seperti foto atau video keluarga atau semua file yang dianggap penting. Atau pindahkan semua data penting di Android ke flashdisk. Minta pada operator atau tukang handphone untuk memindahkan data-data penting Anda dengan memilih data yang Anda anggap penting. nanti setelah sistem Android telah di instal ulang. Data tersebut bisa Anda masukan kembali ke Android.

Perlu perhatian, ketika ingin menginstal program atau sistem Android. Lakukan jika banyak atau semua aplikasi di Android mengalami masalah. Atau bisa dikatakan, hampir semua atau banyak aplikasi di Android tidak merespon atau tidak bekerja seperti biasanya. Tapi kalau hanya satu dua, tidak usah di instal ulang, cukup lakukan saja langkah diatas. Sebelum memutuskan untuk mengistal program atau sistem Android kita.

Posting Komentar untuk "Memperbaiki Aplikasi Terinstal di Android Tapi Tidak Berfungsi"