Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Kartu Nama Yang Umum Di Gunakan Berbagai Negara

Sebelum membuat Kartu Nama, lebih baik mengetahui dulu ukuran standar kartu nama. Karena di berbagai negara menggunakan ukuran yang berbeda dalam pembuatan kartu nama.





Ini ukuran kartu nama yang di setiap negara :

NEGARA
UKURAN (mm)
P
L
Indonesia
90
55
88
53
Hongkong, China, Singapore, Malaysia
90
54
Eropa
85
55
Australia,Denmark, New Zealand, Norwegia, Taiwan, Swedia, Vietnam, India, Colombia
90
55
Jepang
91
55
Amerika, Kanada, Belanda
89
51
Hungaria, Republik Ceko
90
50
Inggris, Francis, Italia, Spanyol
85
55
 


Di Indonesia sendiri ada dua ukuran standart kartu nama yang digunakan. Tapi itu terserah si pembuat kartu nama dan si pemesan kartu nama. Disesuaikan saja dengan keinginan dan biaya pembuatan.

Dalam pembuatan kartu nama banyak bahan atau media kertas yang digunakan untuk mencetak kartu nama. Dalam menentukan media kertas ini, Andapun harus mengetahui kelebihan dan kekurangan media kertas untuk dijadikan kartu nama.

Misalkan saja Art Paper / Art Carton, yang pada umumnya memiliki ketebalan kertas 260 gsm. Ketebalan Art Paper / Art Carton ini cukup tebal untuk dijadikan bahan pembuatan kartu nama. Hanya saja sedikit susah untuk di tulis, jika nantinya si pemilik kartu nama ingin menambahkan keterangan dengan pulpen di kartu namanya.


Kelebihan dari Art Paper / Art Carton pada penampilannya. Karena bahan permukaan yang cukup kilat dan licin. Bahan kertas ini sangat baik digunakan untuk pembuatan kartu nama yang memiliki warna full pada permukaannya. Apalagi jika kartu nama berbahan Art Paper / Art Carton finishing akhirnya di laminasi (laminating). Akan terlihat lebih menarik dan bagus.

Ada juga pilihan media / kertas untuk pembuatan kartu nama lainnya :
  1. Mohawk, ketebalan 250 gsm. Tekstur halus, memiliki permukaan yang sangat bagus untuk menyerap tinta, dapat di cetak dalam 2 sisi. 
  2. Linen (Linen Jepang), ketebalan 250 gsm, memiliki tekstur bergaris-garis menonjol. Biasanya ini juga sering digunakan untuk membuat piagam penghargaan.
  3. Brief Card, ketebalan 160 gsm, 220 gsm, 260 gsm. Permukaan kertas memiliki tekstur yang halus. Tidak memerlukan finishig laminasi. Juga bisa atau sering digunakan untuk pembuatan sertifikat, undangan, buku gambar, kartu SPP sekolah.
  4. Glossy Photo Paper, ketebalan beragam. Permukaan mengkilat dan sering digunakan untuk mencetak foto. Biasanya dalam pembuatan kartu nama di pakai hanya pada satu sisi saja. Finishing akhir dengan laminasi cukup bagus.
  5. Translucent, Tekstur transparan seperti plastik. Agak sulit di cetak dengan printer yang menggunakan tinta biasa pada umumnya. Memerlukan tinta khusus yang mampu melekat pada bahan seperti plastik. Jadi kalau mencetak kartu nama masih menggunakan printer, disarankan untuk tidak menggunkan bahan ini. Kecuali printer menggunakan tinta khusus yang mampu melekat pada bahan palstik. Hanya saja printer akan cepat rusak pada catridgenya.
Jadi itulah beberapa kriteria dari standar ukuran kartu nama dan bahan atau media untuk pembuatan kartu nama. Tapi ukuran dan bahan kartu nama bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tidak harus mengikuti ukuran standar kartu nama dan bahan kartu nama yang digunakan.


Posting Komentar untuk " Ukuran Kartu Nama Yang Umum Di Gunakan Berbagai Negara"