Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Iklan Tidak Muncul di Blog Blogger Baru




Bagi blogger yang mulai bergelut di dunia blogger, pastilah berusaha untuk membuat blog yang dimilikinya bisa di terima oleh Google Adsense. Karena bagi blogger baru pastilah ingin bisa menghasilkan dollar dari tulisan yang di buat di blog yang dimiliki.

Hanya saja perlu kerja keras untuk bisa sebuah blog memiliki kriteria yang bisa di terima Google Adsense, salah satunya tulisan blog tersebut harus bisa bermanfaat bagi pembaca (orang lain) yang membaca tulisan tersebut. Dan tulisan tersebut bukan merupakan copy paste dari blog lain.

pixabay.com
Walau mungkin isi dari tulisan blog tersebut masih bisa di katakan sama dengan blog lain. Namun tulisan tersebut merupakan pengembangan dari literatur blog lain yang di jadikan sebagai bahan tulisan. Kalau seperti itu tidak masalah, yang penting setiap kata (kalimat) merupakan ketikan dan pemikiran sendiri (not copy paste).

Yang menjadi problema bagi blog yang baru di approval oleh Google Adsense. Iklan terkadang tidak muncul ketika blogger tersebut melihat blognya sendiri di komputernya sendiri....why???.

Pembahasan tentang iklan tidak muncul di blog sudah sangat banyak sekali di internet. Dengan berbagai permasalahan dan kemungkinan yang bisa saja terjadi yang mengakibatkan iklan tidak muncul di blog.



1. Iklan tidak muncul karena blog masih baru

Bukan berarti kalau blog di terima (approval) oleh Google Adsense, maka blog tersebut sudah langsung menayangkan iklan. Walau kode iklan (adsense) tersebut sudah benar dan juga sudah benar dalam penempatannya di blog.

Butuh proses agar iklan bisa muncul di blog. Bisa langsung muncul malah terkadang butuh beberapa waktu.  

2. PV Blog baru masih sedikit 

Pengaruh PV blog sangat menjadi tolak ukur iklan bisa muncul ketika blog di buka dan dibaca. Bagi blog yang memiliki PV yang sangat tinggi, iklan akan mudah muncul. Walau berkali-kali blog tersebut kita buka dengan satu IP (double click).

Beda halnya dengan blog baru, jika ada pembaca yang membuka di awal blog kita dari mesin pencari. Blog tersebut akan menampilkan iklan, tapi jika si pembaca tertarik dengan tulisan lain di blog tersebut dan melakukan double click. Iklan bisa saja tidak muncul kembali, tapi terkadang bisa juga muncul.

Tapi ini dipengaruhi oleh salah satu post di blog kita mungkin saja memiliki PV yang tinggi. Sehingga jika pembaca melakukan double click, bisa saja iklan muncul kembali.

3. Kata kunci mempengaruhi iklan tampil di blog 

Kata kunci sangat mempengaruhi blog yang baru saja ditulis dan publikasikan dan saat itu kita sendiri melihatnya di komputer sendiri. Iklan bisa langsung muncul, karena bisa saja tanpa kita sadari kata kunci tersebut sangat baik dan paling banyak di cari orang.

Tapi bukan berarti kata kunci yang paling banyak di cari orang, post (tulisan) baru yang dipubilkasikan langsung bisa menampilkan iklan. Bisa saja kata kunci belum pernah di pakai blog lain tapi memiliki kwalitas di mata Google Adsense.

Karena kalau kata kunci yang banyak di cari orang, kemungkinan kata kunci tersebut sudah banyak dipakai. Sehingga butuh kerja keras jika memakai kata kunci yang sama (banyak dicari orang) dengan meningkatkan kwalitas tulisan yang sangat berbobot (terbaik).

4. Konten isi dari tulisan memiliki kwalitas bagus dan unik

Banyak blogger baru mencari dan terinspirasi tulisannya dari blog lain, sebagai dasar acuan yang akan di tulis di blognya. Tapi terkadang lupa, ada rule (aturan) Google Adsense yang tertulis, bahwa Google akan memperhitungkan konten dan isi yang mirip, walau kita sendiri tidak melakukan copy paste pada tulisan baru untuk post baru di blog.

Makanya ada kata unik yang tertulis di rule (aturan) Google Adsense ini. Kata unik inilah yang masih bias, karena agak sulit membuat tulisan yang isinya tidak mirip sama sekali dengan tulisan dari blog lain.

5. Memilih judul blog yang tepat

Judul blog sangat penting bagi sebuah post blog. Karena judul blog secara keseluruhan mewakili dari isi blog. Pemilihan judul yang tepat merupakan kata kunci yang dibutuhkan, agar iklan tetap muncul di blog.

Carilah judul blog yang belum di namai pada judul blog lain. Kalau pun harus sama, tambahkan dengan kalimat lain sehingga judul blog tidak sama dengan blog yang sudah di publish duluan.

Terkadang dengan pemilihan judul yang blog yang tepat, terkadang akan menempatkan blog pada page one di mesin pencarian.

Gunakan situs yang bisa menjadi acuan dalam memilih judul (post) blog. Misalkan bisa menggunakan https://keywordtool.io/. Situs ini bisa menjadi pilihan dalam mencari judul blog yang sesuai dengan isi blog. Dan juga bisa menjadi acuan sebagai kata kunci dari isi blog.



6. Melihat blog dari IP (komputer) yang sama

Hal ini yang sering dilakukan oleh blogger baru. Sering melihat blognya di komputer (IP) yang sama. Beda halnya dengan para blogger yang sudah lama berkecimpung, akan jarang melihat blog sendiri di komputernya.

Karena bagi blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger, melihat blog sendiri jika hanya untuk sekedar melihat atau mungkin sekedar ingin melihat konten tulisan saja, apa perlu ada perbaikan atau tidak.

Jika ini dilakukan oleh blogger baru di blognya yang masih baru, bisa saja iklan tidak akan muncul. Tapi terkadang blogger baru ingin selalu melihat blog karena ingin meningkatkan PV atau sekedar melihat posisi iklan di blog.

Bagi para blogger baru, bisa melihat dari browser lain. Jangan melihat blog sendiri dari browser yang sama dengan ketika membuat blog. Jika membuat blog di Mozilla Firefox. Cobalah melihat blog di Google Chrrome atau brower lainya.

Tapi jika tidak muncul, coba bersihkan riwayat penulusuran browser. Lakukan pembersihan penelusuran sampai beberapa kali. Dan kemudian lihat blog sendiri kembali di browser atau post yang iklannya tidak muncul, apakah iklan sudah muncul atau tidak.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Iklan Tidak Muncul di Blog Blogger Baru"