Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Perbedaan Intranet, Internet dan Ekstranet


INTRANET adalah kumpulan jaringan yang terdapat pada sebuah komputer lokal, dimana pada komputer ini menggunakan perangkat lunak untuk menjalankan internet dan protokol TCP/IP atau http.

Jadi bisa dikatakan Jaringan Intranet merupakan fasilitas yang lebih lengkap dan memiliki semua yang dimiliki internet.

Fungsi Intranet

Fungsi utama dari intranet adalah untuk menghubungkan komputer ke komputer (perangkat jaringan) lain, misalnya; server, switch, printer, dan berbagai jalur akses lainnya.

Namun, dalam hal ini layanan akses intranet hanya dibatasi pada satu tempat saja, misalnya di sekolah-sekolah, universitas, atau bahkan perusahaan.

Sehingga Intranet hanya bisa diakses oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses pihak lain.

Contoh Intranet

  • Antara komputer pada jaringan sekolah.
  • Jaringan antara komputer di kantor-kantor atau bisnis.
  • Jaringan antara komputer di gedung.
  • Antara komputer di jaringan kampus.

Tetapi Internet juga dapat terhubung ke Internet untuk memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan internet lain atau melalui jaringan internet backbone Internetworking.

Perbedaaan Intranet, Ekstranet dan Internet

Intranet adalah jaringan internal didalam perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi Internet. Semenatara jika melihat dari segi Arsitektur intranet, Intranet dikategorikan sebagai aplikasi Web dan menggunakan TCP/IP. 

Sementara Extranet merupakan jaringan perusahaan yang memiliki fungsi untuk  mengekspos informasi yang mereka miliki ke jaringan luar. 

Sedangkan Internet (jaringan Interconnected) adalah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia.

Tapi jaringan Internet memiliki  keamanan jaringan atau network security sangat sensitif karena jaringan telekomunikasi yang bersifat komersial, yang dipakai secara umum atau public service communication Network sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan.

Posting Komentar untuk "Memahami Perbedaan Intranet, Internet dan Ekstranet"