Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

B.J. Habibie - Kisah Cinta & Pahlawan Teknologi Indonesia


Habibie Adalah Salah Satu Tokoh Panutan Dan Menjadi Kebanggaan Bagi Banyak Orang Di Indonesia. Dari Karakter, Keilmuwan, Cinta dan kesetiaan kepada seorang istri "Ainun" yang begitu besar dan tulus.

Karena cintanya kepada seorang istri, sampai akhirnya dibuatlah film Habibie & Ainun. Film ini menggambarkan perjuangan B.J Habibie dalam meraih cita-citanya sekaligus menjaga rasa cintanya kepada seorang wanita.

Habibie Ainun merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada tanggal 20 Desember 2012. Film ini diangkat berdasarkan memoar seorang suami yang terlalu dalam mencintai istrinya.

Yang mengenang kisah hidup BJ Habibie bersama mendiang istri tercinta, Hasri Ainun Habibie dalam sebuah buku Habibie dan Ainun.

Film ini dibintangi para artis yang merasa bangga dapat terpilih untuk memerankan seorang tokoh panutan, yang dibintangi oleh Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari dan Tio Pakusadewo. 


B.J Habibie Biografi

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, B.J. Habibie lahir pada tanggal , 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan dan B.J. Habibie meninggal di Jakarta, 11 September 2019 pada umur 83 tahun adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga.

Sebelum menjadi Presiden, B.J. Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno. B. J. Habibie lalu menggantikan Presiden Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998 setelah mendapat tekanan untuk mengundurkan diri. 


B.J. Habibie menjabat sebagai presiden selama 1 tahun dan 5 bulan. Sebelum menjabat sebagai Presiden, B.J. Habibie terlebih dahulu menjabat sebagai wakil Presiden Soeharto selama 2 bulan 7 hari.

B.J. Habibie merupakan Presiden RI ke-3 dan merupakan Presiden yang menjabat sebagai Presiden dengan kurun waktu tercepat (1 tahun 5 bulan).

Riwayat Pekerjaan B.J. Habibie

  1. Direktur Utama PT Perindustrian Angkatan Darat (Pindad)
  2. Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  3. Ketua Dewan Pembina Industri Strategis (BPIS)
  4. Ketua Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS)
  5. Ketua Dewan Riset Nasional (1999)
  6. Ketua Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam
  7. Anggota Dewan Komisaris Pertamina
  8. Asisten Riset Ilmu Pengetahuan Institut Kontruksi Ringan Rheinsich Westfaelische Technische Hochshule, Aachen, Jerman Barat (1960–1965)
  9. Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Analisa Struktur, Hamburg, Jerman Barat (1966–969)
  10. Kepala Divisi Metode dan Teknologi Pesawat Komersil/Pesawat Militer Messerschmidt Boelkow Blohm (MBB) Gmbh, Hamburg, Jerman Barat (1969–1973)
  11. Wakil Presiden/Direktur Teknologi Messerschmidt Boelkow Blohm (MBB), Hamburg, Jerman Barat (1974–1978)
  12. Penasihat Direktur Utama (Dirut) Pertamina (1974–1978)
  13. Direktur Utama PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), Bandung (1976)
  14. Direktur Utama PT Pelayaran Armada Laut (PAL), Surabaya (1978)
  15. Profesor Kehormatan/Guru Besar dalam bidang Konstruksi Pesawat Terbang Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung (1997)


Riwayat Karir Pemerintahan B.J. Habibie

  1. Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Pembangunan III (1978–1983) 
  2. Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Pembangunan IV (1983–1988) 
  3. Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Pembangunan V (1988–1993) 
  4. Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Pembangunan VI (1993–1998) 
  5. Ketua Tim Keputusan Presiden (Keppres) 35 
  6. Wakil Presiden RI (1998) Presiden RI (1998–1999)

Habibie bukan saja dikenal dan dikenang sebagai Mantan Presiden Republik Indonesia, tapi juga dikenal diseluruh Dunia sebagai salah satu orang terpintar di dunia. Jadi berapa IQ B.J. Habibie?


Kejeniusan  Habibie

Kecerdasan Habibie  tidak diragukan lagi.   Habibie pernah dijuluki Mr Crack oleh koleganya  karena temuannya mengenai keretakan bodi pesawat pada 1960-an.  Ia bisa menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawa.

Jika membahas masalah kecerdesan B.J. Habibie sebenarnya tidak bisa diukur dengan alat apapun. Walaupun ada kriteria ilmu yang mampu mengukur kecerdasan seseorang.

Banyak orang yang memiliki kecerdasan tinggi tapi tidak mampu menciptakan dan menemukan sesuatu yang berguna bagi orang lain (masyarakat banyak).

Karena kecerdasan tanpa kemauan dan kreatifitas maka kecerdasan itu hanya berada pada titik teoritis saja.

Beda halnya dengan Bapak Demokrasi Indonesia B.J. Habibie. Beliau bukan hanya memiliki kecerdasan tinggi tapi memiliki motivasi dan komitmen yang kuat dalam mengembangkan diri.

B.J. Habibie juga merasa ingin menciptakan sesuatu yang bisa dirasakan oleh orang banyak. Beliau akhirnya mampu menemukan sebuah ilmu yang pada waktu itu belum bisa ditemukan atau diketahui oleh orang lain.

B.J. Habibie mampu mengungkap sebuah titik rawan yang bisa terjadi pada pesawat penerbangan, yang disebut keretakan (crack) pada sambungan yang ada pada body (badan) pesawat terbang.

Keilmuwan Habibie dibidang teknologi juga banyak di patenkan. Banyak media internasional yang mengatakan bahwa Habibie merupakan salah satu pemilik IQ tertinggi di dunia. Bisa disejajarkan dengan Albert Einstein (penemu bom atom) dan pendiri Microsoft (Bill Gates). 


Pertemuan Kisah Cinta Ainun & Habibie 

Dua orang pemuda dan pemudi yang memiliki kemauan dan keinginan tinggi bertemu dibandung tahun 1962, walau begitu sebenarnya mereka sudah kenal semenjak menduduki bangku SMP.

Merekatnya hati mereka saat mereka bersama tinggal di Jerman untuk menuntut ilmu. Banyak rintangan dan cobaan yang mereka alami saat berada di Jerman.

Pengorbanan, rasa sakit dan tekanan saat berada di Jerman, tidak membuat mereka Ainun & Habibie akhirnya berpisah jauh dalam hal hati.

Tapi itu justru membuat mereka saling memahami satu dengan lainnya dan semakin merekatkan hati mereka untuk bersatu menjalin kasih yang saling menjaga dan melindungi.

Ainun merupakan segalanya bagi Habibie. Habibie menganggap Ainun merupakan mata bagi dirinya untuk melihat hidup sebenarnya.

Sedangakan Habibie bagi Ainun adalah segalanya, pengisih kasih dalam hidupnya. Namun hidup adalah kisah yang tidak abadi. Semua memiliki awal dan akhir.

Tapi yang paling berkesan dengan ucapan B.J. Habibie tentang Ainun istri tercinta beliau. Bahwa beliau tidak mampu menjaga Ainun. Itu yang diucapkan saat wawancara dengan salah satu stasiun TV swasta.

Ainun merupakan hati dan jiwa bagi Habibie. Penghormatan terhadap istrinya merupakan penghormatan tertinggi seorang suami terhadap istri. Ini bisa menjadi contoh panutan bagi pasangan suami istri yang lain.

1 komentar untuk "B.J. Habibie - Kisah Cinta & Pahlawan Teknologi Indonesia"