Tips Usaha Kuliner Agar Lebih Cepat Terkenal dan Banyak Peminat
Tips Usaha Kuliner Agar Cepat Terkenal dan Banyak Pengunjung |
Kali ini akan membahas tentang bagaimana strategi agar brand kuliner cepat terkenal. Siapa yang tidak mau kulinernya cepat terkenal. Namun harus diingat bahwa kata cepat ini terkadang terkorelasi juga dengan keterbatasan modal.
Pastinya di hari pertama ketika kita membuka kuliner, maunya kita ingin langsung usaha kuliner kita meledak dan laris manis di pasaran. Hanya saja sekarang, banyak konsumen sudah mulai banyak pilihan dan banyak maunya.
Karena kompetisi saat ini yang tinggi, Brand yang unik atau bisa dikatakan lain dengan produk pada biasanya. Kemudian produk yang unik dan yang luar biasa akan mudah menarik perhatian.
Jadi untuk bisa berkompetisi, bagaimana caranya agar kita bisa keluar dari out of the box yang bisa cepat menarik perhatian dan pada akhirnya brand kuliner mudah dan cepat terkenal di hari pertama buka.
Branding agar mudah cepat terkenal haruslah memiliki pola yang sudah disusun dan memiliki strategi yang yang jelas. Namun kebanyakan orang yang bertanya, bagaimana caranya supaya brand kulinernya tiba-tiba langsung bisa terkenal.
Banyak yang berpikir itu mungkin saja sulap, sebenarnya dalam marketing atau usaha tidak ada yang tiba-tiba dan tidak ada yang namanya sulap.
Karena cara agar brand kuliner bisa cepat terkenal itu sangat jelas dan ada polanya. Salah satu faktor brand kuliner bisa cepat terkenal adalah ketika konsep branding yang disusun itu bisa menarik perhatian.
Jadi apa saja konsep branding sehingga mampu mencapai target market yang diinginkan.
Ada beberapa hal berikut yang harus diperhatikan :
1. Pemilihan nama
Pemilihan nama dari sebuah brand sangat menentukan brand kuliner tersebut mudah dikenal dan bisa cepat terkenal. Sehingga harus dipastikan nama yang dipilih tidak asal-asalan atau nama yang dipilih itu memang benar-benar sesuai dan relevan dengan target market elemen yang dituju.
2. Logo
Logo yang dibuat jangan asal tapi logo yang dibuat harus sesuai dengan konsep dan relevan dengan target market. Logo biasanya terdiri dari icon dan tulisan. Jadi logo yang dibuat harus bisa menjadi salah satu elemen yang bisa dengan mudah untuk menarik perhatian.
3. Desain Brand
Elemen branding yang sangat mempengaruhi dan sangat penting lainnya adalah desain. Desain yang melekat pada produk kuliner saat ini sangat mempengaruhi.
Karena konsumen saat ini tidak hanya makan dan minum ditempat. Namun mereka juga seringkali membawa produknya untuk dimakan di luar.
Banyak sekali produk saat ini yang dipesan melalui Gofood, jadi desain kemasan menjadi elemen desain tersendiri yang membantu brand untuk bisa menarik perhatian.
Contoh lainnya lagi adalah desain tempat, karena banyak banget tempat-tempat atau Brand kuliner sekarang yang booming atau naik daun karena desain tempat yang unik.
Ini tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak orang-orang yang mencari informasi tentang kuliner itu dari media sosial, seperti di Instagram.
Dan salah satu yang bisa menarik perhatian di dalam konten Instagram adalah tempat-tempat yang unik karena semua orang jadi ingin datang kesana.
Karena foto-foto dari desain tempat yang dilihat di sosial media menjadi elemen yang akan membuat brand makin cepat terkenal.
4. Produk Jagoan
Produk jagoan yang dimaksud adalah apabila kita telah memenuhi syarat ketiga diatas. Kemudian kita sudah memenuhi syarat-syaratnya, maka kita akan ada efek dari brand kuliner ini semakin cepat terkenal.
Ini semakin berpotensi lebih besar apabila kita sudah bisa menarik perhatian konsumen dan kemudian produk jagoan kita tersebut akan membuat potensi dan kuliner kita lebih cepat terkenal dan lebih besar lagi.
Produk jagoan bisa berkembang menjadi beberapa hal berikut :
A. Pertama adalah enak
Karena bisnis kuliner salah satu syarat jika bisnis kuliner kita ingin cepat terkenal adalah saat produk kita bisa dirasakan oleh konsumen enak.
Produk enak bisa dilakukan dengan pengecekan ke target market, agar produk kita bisa dikatakan enak memang harus relevan. Bukan enak berdasarkan kita sendiri atau hanya dari keluarga kita dan kerabat atau teman saja.
Tapi produk yang enak bisa kita tes langsung ke target market pada saat kita melakukan proses pengujian produk-produk tersebut itu sendiri.
Jika produk kita enak, akan menjadi bahan omongan ataupun konten yang membuat brand kita memiliki potensi untuk menjadi bahan omongan orang diluar.
B. Kuliner dalam kategori ekstrem.
Kadang-kadang bisa kita lihat di beberapa produk-produk kuliner yang menggunakan strategi ekstrem, apakah kue dengan coklatnya yang banyak banget sampai lumer-lumer atau kejunya banyak sampai bisa ditarik.
Misalnya lagi rasa pedas ekstrim dari rasanya, kalau sampai dilihat warnanya sampai merah semua.
Makanan ekstrim dari rasa pedas bisa menjadi salah satu elemen yang bisa menjadi rekomendasi untuk produk jagoan.
Dari kedua elemen produk jagoan ini , enak merupakan syarat utama sedangkan ekstrim merupakan salah satu alternatif strategi lain yang bisa kita gunakan.
Contoh lain dalam produk ekstrim bisa juga dalam kategori porsi yang banyak.
C. Konten komunikasi
Pasti pernah menemukan branding yang memiliki konten komunikasinya sangat luar biasa. Sehingga menciptakan satu gaung yang juga luar.
Biasa ini akan menjadi bahan omongan orang banyak dan kemudian banyak orang yang ingin mencoba dan ingin datang. Jika mereka merasa puas, mereka akhirnya juga akan merekomendasikan produk kuliner tersebut.
Detail dari konten komunikasi ini bisa dibagi menjadi tiga hal :
- Foto
Foto saat ini merupakan sarana berkomunikasi di era sosial media. Salah satu bentuk dari komunikasi yang paling utama dalam bisnis kuliner adalah bisa dalam bentuk foto.
Karena bisnis kuliner harus memiliki syarat yang utama, harus mampu mengupload foto produk kulinernya yang bagus dan menarik perhatian.
- Desain Grafis
Desain yang bagus akan menjadi media utama dalam memperkenalkan produk kuliner. Maka diperlukanlah desain grafis yang bagus.
Jadi desain grafis merupakan salah satu syarat untuk menciptakan konten komunikasi yang menarik.
- Kolaborasi
Komunikasi dalam bentuk kolaborasi juga sangat penting. Kolaborasi bisa dilakukan dengan banyak pihak melalui sosial media seperti influencer.
Dengan banyak berkolaborasi dengan pihak-pihak lain akan membuat brand atau bisnis kuliner kita pun akan semakin luas dan terkenal.
Media komunikasi ini kita bisa dibagi lagi menjadi beberapa hal :
Pertama kita bisa menggunakan media yang populer yang kontekstual. Contohnya apabila kita ingin menarik generasi milenial di kota-kota besar.
Sosial media seperti Instagram ataupun Facebook, bisa di buat lebih spesifik ke target market Indonesia. Instagram dan Facebook merupakan salah satu fitur yang juga cukup efektif untuk meningkatkan branding kuliner kita melalui iklan di Instagram ataupun Facebook.
Kita bisa memasang iklan dengan memilih demografi yang spesifik, misalnya kita ingin iklan kita hanya muncul didaerah yang kita tuju saja. Atau berbagai spesifikasi lainnya bisa kita setting pada saat kita memasang iklan di Instagram atau Facebook.
Kita juga bisa bekerjasama dengan beberapa influencer yang memiliki followers yang cukup signifikan banyak.
Di dalam media komunikasi pasti kita banyak memiliki kenalan, sebagai pebisnis kuliner dengan kita punya Network Atau kenalan yang luas.
Wajib banget setiap minggu atau setiap bulan kita memiliki agenda untuk networking, sehingga kenalan yang kita punya pun akan semakin luas dan kenalan bisa kita gunakan untuk membantu brand kita cepat terkenal.
Karena dengan siapa kita kenal itu bisa memberi sumbangsih pada seberapa cepat brand kuliner kita bisa terkenal.
Yang terakhir adalah masalah pada saat orang-orang berkeinginan untuk membeli dan mendapatkan produk kita dengan mudah.
Jika kita telah sukses melakukan tahap-tahap diatas tapi saat konsumen ingin membeli dan mereka sulit menemukan atau bertransaksi di tempat kita, semuanya akan sia-sia.
Dalam bisnis kuliner ada beberapa hal lagi yang harus diamati dan dipelajari agar bisnis kuliner bisa lebih cepat terkenal.
Pertama adalah produk yang kita miliki ini harus mudah didapat, kita bisa memilih berjualan online atau offline. Contohnya untuk berjualan online bisa melalui Tokopedia atau Bukalapak. Atau kita ingin punya online shop sendiri.
Contoh berjualan offline kita bisa ditentukan dengan mengikuti karakteristik produk kita dan sesuai dengan model bisnis yang dari awal memang sudah kita konsep.
Kedua adalah terkait dengan strategis, ini berhubungan dengan apabila model bisnis bentuknya outlet. Apabila model bisnisnya dalam bentuk outlet. Pastikan bahwa lokasi harus strategis, karena lokasi yang strategis sangat menentukan brand kuliner.
Ketiga terkait go-food, saat ini sangat tinggi sekali customer atau target market kita untuk membeli kuliner melalui go-food. Jadi pastikan agar konsumen untuk mudah mendapatkan produk kita.
Kita perlu lakukan banyak strategi,kita harus memastikan bahwa foto produk kita di go-food pun menarik dan informasi nya pun lengkap. Produk yang dijual juga perlu kita cek ketersediaannya.
Apabila konsumen memang mau membeli produk kita melalui Gofood mereka harus mendapatkan informasi yang menarik dan benar.
Keempat terkait tingginya pembelian melalui online. Online store bisa dijadikan sebagai alternatif disesuaikan dengan produk kuliner yang kita miliki.
Apabila produk kuliner yang kita miliki bisa dijual melalui online, sangat mungkin sekali kita membuat online store sendiri.
Kelima, konsumen pertama kali datang atau membeli. Sebetulnya jangan senang dulu karena pengalaman pertama inilah yang akan menentukan seberapa luas layanan yang mereka dapatkan saat bertransaksi pertama kali.
Itu terkait dengan speed, kemudian jika mereka akan puas tentu mereka akan sangat mengapresiasi dan hasilnya adalah mereka akan datang lagi. Yang paling memberi efek adalah mereka merekomendasikan nya ke teman-teman mereka.
Keenam masih terkait dengan terkait layanan. Experience sangat penting sekali dari segi kualitas dari layanan baik itu offline maupun online.
Jika kita memiliki Online Store dan berbagai fasilitas lainnya seperti pengiriman, kemudian pembayaran yang pada akhirnya memberi kepuasan. Hal tersebut akan menimbulkan refleksi yang sangat baik dan positif, yang bisa menciptakan keinginan konsumen kita untuk datang lagi dan merekomendasikan.
Konten komunikasi yang menarik dan tepat, akan memberikan kepuasan sehingga mereka akan merekomendasikan ke teman-teman mereka. Dan brand kuliner di hari pertama bisa cepat terkenal dan laris manis.
Itulah bagaimana caranya membuat brand kuliner cepat terkenal, jangan menganggap lagi kalau ada bisnis kuliner yang langsung terkenal itu adalah karena sulap atau adanya jompa jampi pemilik kuliner.
Tapi semuanya karena telah melalui model strategi yang sudah dirancang dan tepat sasaran.
Posting Komentar untuk "Tips Usaha Kuliner Agar Lebih Cepat Terkenal dan Banyak Peminat"