Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalau Mau Mudik Lebaran Jangan Lupa Kan Sepuluh Hal Ini


Setiap tahun ummat muslim pasti melakukan mudik atau istilahnya pulang kampung. Walau terkadang ada sebagian yang tidak melakukan mudik. Apa karena tidak sempat atau mungkin belum memiliki rezeki yang belum cukup. Tapi keinginan semua di perantauan pastilah ingin mudik, supaya bisa bertemu dengan sanak keluarga.

Tapi sebelum mudik persiapkan beberapa hal yang harus dilakukan :




1. Pastikan Masih Memiliki Orang Tua
Bagaimana mau mudik jika sudah tidak memiliki orang tua. Kalaupun mau mudik pastilah ingin atau rindu kampung halaman. Bertemu dengan para saudara yang lain.


2. Pastikan Anda Bukan Anak tertua.
Jika sudah tidak memiliki orang tua, pastilah ingin bertemu saudara atau mendatangi yang lebih tua. Kalau Anda anak tertua pastilah lebih menunggu kedatangan yang lebih muda di rumah. Jika bukan persiapkan diri Anda untuk bertemu saudara yang lebih tua.


3. Persiapkan Uang Transport
Jangan memaksakan diri jika tidak memiliki uang transport. Bagaimana mungkin Anda akan sanggup mudik dengan berjalan kaki. Walau Anda sudah memiliki kendaraan, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan memiliki uang untuk ngisi bensin dan ganti olinya.


4. Pastika Diri Anda Kuat Berbagi Rezeki
Saat lebaran bagi anak-anak (pecahan botol) adalah ampao. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi kondisi seperti ini. Terkadang punya punakan yang sudah tua dan susah. Ampao-nya pastilah lebih besar. Maklumlah uda lama tak bertemu, masak cuman jual tampang. Walau tidak meminta, tapi hati siapa tahu.

5. Persiapkan Obat Sakit Kepala
Mana tahu biasanya di hari lebaran akan udah terserang sakit kepala. 





6. Usahakan Menghindar Dari Saudara yang Memiliki banyak Anak
Jika Anda memiliki saudara yang punya banyak anak, usahakan pertemuan keluarga bertemu di satu rumah induk atau bertemu satu tempat dengan keluarga besar (berkumpul semua). Sehingga mungkin Anda tidak perlu membagi ampao kepada semuannya. Cukup untuk yang tertentu dan tertaget menurut Anda.


7. Persiapkan Mental Ketika Kembali Pulang Dari Mudik
Usahakan kesabatan lebih tinggi ketika sampai di rumah. Jangan sampai bertengkar dengan istri atau suami, gara-gara sudah kehabisan uang ketika mudik lebaran. Jadi alngkah baiknya titip sebagai duit ket tetangga daripada di bawa semua entarnya habis. Kalau di habisi tetangga bisa di tagih.....wkwkwkwkwkwk.

8. Persiapkan Kembali Dana Untuk Membayar Kredit
Bagi yang tidak memiliki kredit ucapkan Alhamdullilah. Bagi yang memiliki, bersiaplah putar otak ketika lebaran atau mudik telah selesai.

9. Yang Harus Di Hindari
Usahakan untuk menghindari pinjaman baru, jangan sampai tergiur oleh pinjaman gampang atau mudah. Kalau bisa hindari pinjaman online yang bisa membuat Anda tambah sakit kepala. Kalau sakit kepala minumlah obat sakit kepala. Jangan sampai salah minum obat.

10. Kembalilah Hidup Normal dan Menabung
Setelah semua selesai dan kembali normal. Mulailah hidup nyata dan kembali mencari uang untuk melanjutkan hidup. Menabunglah untuk kembali menghadapi lebaran tahun depan.

Posting Komentar untuk "Kalau Mau Mudik Lebaran Jangan Lupa Kan Sepuluh Hal Ini"