Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Inspeksi Google Search Console


GOOGLE SEARCH CONSOLE UNTUK MENDETEKSI URL WEB TER-INDEKS KE MESIN GOOGLE

Apakah kita pernah memeriksa situs web kita ter-indeks mesin google atau sudahkah kita mendaftarkan domain atau subdomain web kita ke Google Search Console.

Apa itu Google Search Console ?

Google Search Console adalah Fitur Inspeksi URL yang disediakan oleh google untuk memeriksa halaman URL web apakah sudah ter-indeks ke mesin google. Jangan-jangan web yang telah dirancang cukup baik, tapi ternyata URL web tersebut tidak ter-indeks di mesin google. Jangan URL web belum ter-indeks di mesin google. Seperti yang saya alami, saya iseng-iseng mencoba meng-indeks salah satu URL web saya ke Google Search Console dan ternyata di luar dugaan mendapatkan pesan....



Karena saya kira mesin belum meng-indeks URL salah satu web atau blog saya. Saya Klik "Minta Pengindeksan", akhirnya ternyata di balas lagi dengan pesan....


Cukup kaget dan terkejut saya, karena tidak mengira salah satu URL web atau blog saya belum terindeks di mesin google. Beda hal jika mesin google telah mengindeks situl URL web kita, akan ada pesan yang berbeda.


Ini pesan jika situs URL web kita telah di indeks oleh mesin google.Padahal tanggal salah satu thread saya yang tidak terindeks adalah di bulan Januari tahun 2019. 

Pada saat saya check URL web tersebut pada bulan Mei tahun 2019. Sementara URL web saya pada bulan Mei tahun 2019 atau web yang terbaru sudah ter-indeks di mesin google. 

Jadi dalam benak saya, apa yang telah terjadi di salah satu URL web saya ini. 

Akhirnya saya mengindekskan semua situs web URL saya satu persatu ke Google Search Console, rupanya banyak situs web URL saya belum terindeks di mesin google. 

Memang secara otomatis mesin google juga dapat secara otomatis mengindeks URL web. Tapi alangkah baiknya juga secara manual mendaftarkan URL web kita. 

Agar alamat URL web kita bisa langsung terindeks ke mesin google.

Mendaftarkan Domain Web ke Google Search Console

1. Daftar dengan email

Untuk mendaftar ke Google Search Console di mulai dengan membuka web Google Search Console. => Klik Mulai sekarang

2. Masukan Alamat Domain Web

Setelah masuk ke situs Google Search Console, masukkan nama domain blog. Misalkan nama domain blog "Rodo Mumed". 
Setelah menuliskan alamat domain blog, pada kotak kedua atau kotak sebelah kanan masukkan alamat URL domain blog, contoh alamat URL domain blog " http://www.rodomumed.blogspot.com". Jika masih memakai blog gratisan.

Nama domain blog biasanya sama dengan nama domain URL blog.

Untuk mengambil URL nama domain, cukup klik "Lihat blog" di blog kita.


Copy kan alamat URL domain blog dan masukkan ke Google Search Console. Setelah itu => Klik Terus untuk melanjutkan.


Maka kepemilikan web kita telah diverifikasi. 
=> Klik Buka Properti


 Bisa dilihat URL nama domain blog telah terdaftar di Google Search Console.

3. Memeriksa URL Subdomain Blog

Sekarang saatnya apakah URL Subdomain blog sudah terdaftar di mesin google atau tidak.
=> Klik Inspection URL


Copy pastekan alamat Subdomain URL blog ke pencarian. Alamat Subdomain itu sendiri adalah Thread yang telah kita buat sebelumnya. Misalkan contoh.... => Klik Lihat untuk mengambil alamat URL Subdomain blog thread yang telah dibuat. Copy dan masukkan ke Google Search Console. => Tekan Enter pada keyboard


Maka secara otomatis Google Search Console akan memeriksa apakah URL Subdomain blog telah terdeteksi oleh mesin google. Jika belum terdaftar => Klik "Minta Pengindeksan".



Maka otomatis alamat URL Subdomain akan di telusur oleh mesin google. 



Setelah itu maka pengindeksan akan di telusuri oleh mesin google. Periksa kembali apakah pengindeksan URL subdomain telah berhasil untuk beberapa waktu kemudian. Jika sudah terindeks, akan ada tampilan bahwasannya kepemilikan diverifikasi otomatis. Yang menandakan bahwa URL Subdomaian blog telah terdaftar di mesin google.


Walaupun secara otomatis google akan mendaftarkan situs web kita ketika mempublikasikannya. Tapi alangkah baiknya kita juga harus memeriksakannya untuk memastikan.





Itulah guna Google Search Console yang harus kita tahu sebagai blogger. Walaupun ini bukan salah satu cara untuk pendeteksian URL web. Masih banyak cara bagaimana supaya mesin pencari google dapat mendeteksi blog kita. 

Posting Komentar untuk "Fitur Inspeksi Google Search Console"