Usaha Makanan Online Rumahan Supaya Cepat Laris Manis
Pusing mikirin biaya hidup yang semakin tinggi, di barengi lagi dengan masalah yang terjadi saat ini. Apalagi terkena pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan, bingung harus berbuat apa.
Memang kondisi yang memprihatinkan, akan selalu membuat pikiran pusing dan perut terasa mules. Namun sebagai manusia, kita di beri akal untuk berpikir dan berbuat sesuatu agar bisa keluar dari kesulitan.
Ingat "Tuhan tidak akan menguji ummatnya di luar batas kemampuannya". Namun kita sebagai manusia harus berusaha bukan hanya diam, setelah itu pasrahkan saja semua kepada Tuhan.
Jika kamu ingin mencoba keluar dari kesulitan, apa salahnya mencoba sesuatu yang ringan tapi jika di lakoni dengan kerja keras, akan menghasilkan yang luar biasa.
Usaha apa yang cocok?, kalau di pikir jika usaha yang paling memungkinkan tanpa modal yang harus besar. Karena bisa di awali dengan modal seadanya dulu. Adalah Bisnis Kuliner.
Bisnis Kuliner, bukan harus memiliki tempat yang bagus untuk berjualan. Hanya bermodal handphone saja bisa.
Nah...inilah yang dinamakan Bisnis Kuliner Online.
Bisnis ini cukup menjanjikan, karena tidak terlalu harus memiliki modal besar untuk memulai, tapi bukan harus membuat seadanya. Cukup keterampilan membuat makanan jadi menarik dan unik.
Dan bisa di pasarkan secara online.
Insya Allah, semua akan berjalan lancar dan kemungkinan saja bisnis kuliner akan semakin maju dan berkembang.
Namun ada beberapa hal yang harus diketahui untuk memulai bisnis kuliner online, agar bisa maju dan berkembang. Dan menarik di mata konsumen!!.
Tips Menjalankan Usaha Kuliner Secara Online
1. Cari dan Temukan Agar Makanan Yang Di Tawarkan Kelihatan Unik
Di sinilah daya upaya harus dikeluarkan secara maksimal untuk mampu menjadikan sebuah makanan terlihat unik dan menarik. Yang belum tentu makanan itu berbeda dengan makanan yang serupa.
Maksudnya, bisa saja menjual makanan yang serupa. Tapi harus mencari bagaimana caranya agar makanan tersebut terlihat unik dan menarik.
Nah...disinilah butuh proses untuk memikirkannya dan membuatnya. Karena keunikan pada makanan bisa saja menjadi daya tarik bagi konsumen untuk mencoba menyicipin makanan tersebut.
Jika memulai bisnis kuliner, tapi sudah banyak di pasaran atau makanan yang serupa saja. Ini akan susah untuk dilirik oleh konsumen. Karena mereka menganggap makanan tersebut sudah biasa dan sudah banyak yang menjualnya.
2. Area Target Penjualan
Nah...ini juga penting ketika akan memulai bisnis kuliner. Karena jika ingin memulai bisnis ini lebih baik penjualan di mulai pada area di sekitar yang terdekat dahulu.
Mungkin bisa menjual dulu kepada keluarga, tetangga, teman terdekat dan sedikit melebar ke area yang sedikit jauh ketika bisnis dirasa mulai maju dan berkembang. Tapi dengan cara promosi melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram.
Penjualan secara online melalui Facebook dan Instagram pun harus di rencanakan dengan baik, bukan sekedar upload foto kuliner dan menawarkan dagangan.
Terutama hasil foto haruslah terlihat menarik. Deskripsi pada foto pun harus bisa membuat pembaca semakin tertarik untuk membeli dan merasakan kuliner yang dianggapnya unik.
Ketika bisnis dirasa semakin maju pesat, mulailah untuk melebarkan sayap dengan penjualan semakin melingkupin area yang semakin luas. Nah...disini pemasaran tidak lagi menggunakan sosial media secara manual.
Tapi sudah bisa menggunakan teknik promosi melalui Ads. Misalkan melalui Facebook Ads.
Dengan begitu area penjualan online pun akan semakin luas dan akan banyak dilihat oleh pengguna sosial media. Karena dengan Facebook Ads, memungkinkan mendapatkan atau terlihat oleh pembaca semakin banyak.
3. Konsep Bisnis Yang Jelas Jika Usaha Maju Pesat
Apa harus memiliki konsep bisnis jika hanya berdagang bersifat rumahan??
Memiliki atau membuat konsep bisnis tidak pernah dilihat dari apakah bisnis tersebut skala rumahan atau skala bisnis yang besar.
Mungkin ketika mulai dengan bisnis yang sederhana, konsep ini tidak terlihat. Tapi sudah ada di kepala dan pikiran.
Apa yang harus dilakukan, direncanakan, kemana akan di jual dan bla...bla...bla.
Ini pasti ada di pikiran kepala kamu, nah...ini sudah bisa dikatakan konsep bisnis walau masih skala sederhana. Tapi semua itu sudah merupakan langkah untuk memulai memajukan usaha.
Jadi konsep bisnis ini bukan harus dibuat secara tertulis saja. Kalau memang masih bisa di back up oleh ingatan. Mungkin saja tidak perlu di konsep secara detail, cukup di simpan di kepala sudah cukup.
Tapi bagaimana jika usaha semakin maju pesat. Apa mungkin membuat konsep usaha yang semakin maju hanya dengan menyimpan dan mengingatnya di dalam kepala.
Bisa putus tuh...urat syaraf di kepala. Karena harus menyimpan dan mengingatnya.
Di sinilah kamu sudah harus membuat atau memiliki konsep bisnis yang terencana. Jika usaha sudah mulai berkembang dan maju pesat.
Ada beberapa konsep sederhana yang bisa kamu terapkan. Antara lain :
A. Gambaran Umum
B. Deskripsi Bisnis
C. Analisa Pasar
D. menu Kuliner
E. Desain Tempat
F. Strategi Promosi
G. Kerjasama dengan pihak lain
A. Gambaran Umum
Ketika usaha semakin sedikit maju. Di sinilah mulai membuat konsep tentang gambaran umum usaha.
Buatlah gambaran umum tentang usaha yang di geluti sehingga mudah bagi konsumen untuk menilai usaha kamu. Jika usaha yang dijalani adalah usaha kuliner secara online.
Beritahu kepada konsumen bahwa usaha ini bisa di pesan secara online, bagaimana cara pemesanan, cara pembayaran, jenis produk kuliner yang ditawarkan dan hal lainnya.
Sehingga bisa di pahami oleh pembeli dan tidak kesulitan jika ingin memesan kuliner yang diminati.
B. Deskripsi Bisnis
Desksripsi bisnis sangat mempengaruhi usaha jika ingin berkembang dan maju pesat. Tanpa deskripsi usaha, bagaimana mungkin bisa diketahui oleh orang.
Karena sebagai pembeli, haruslah mengetahui dan memahami barang yang akan dibelinya.
Buatlah deskripsi semenarik mungkin, bisa saja disertai dengan gambar kuliner yang mungkin saja bisa membuat yang melihatnya tergoda.
C. Analisa Pasar
Melihat dan memperhatikan perkembangan yang lagi nge-trend, khususnya di bidang kuliner sangatlah penting. Karena dengan begitu akan diketahui apa yang lagi disukai oleh masyarakat.
Jika bisa memahami apa yang di inginkan orang lain, pastilah usaha kuliner yang di jalani akan terus berkembang dan akan semakin maju pesat.
Karena dalam usaha kuliner, rasa makanan bukan saja menjadi prioritas utama. Tapi bentuk makanan dan penyajian yang unik terkadang bisa mengggugah orang untuk memesannya.
D. Menu Kuliner
Buatlah menu kuliner yang beragam, sehingga pembeli bisa memilih jenis aneka kuliner. Ragam kuliner yang ditawarkan, bisa menjadi tolak ukur dalam keberhasilan dalam berniaga secara online.
E. Desain Tempat
Tempat makanan merupakan hal penting berikutnya yang harus di pertimbangkan. Karena desain tempat makanan bisa membuat orang yang melihat menjadi tertarik.
Tempat makanan ini bisa juga menjadi tempat promosi kuliner. Karena bungkus makanan bisa berada di tempat lain dan dibaca oleh orang lain juga.
F. Strategi Promosi
Strategi dalam mempromosikan dagangan khususnya di bidang kuliner, haruslah di pikirkan dengan baik dan bijak. Karena industri kuliner berbeda dengan industri lain yang sifatnya barang dagangan bisa bertahan lama.
Strategi yang diterapkan bisa saja berbeda denga kondisi dan tempat lainnya. Jadi strategi tidak ada yang bisa dijadikan standard dalam penjualan, bisa saja berbeda.
Strategi pada satu tempat belum tentu sama bisa diterapkan pada tempat lain, jika usaha yang di memiliki sudah mempunyai cabang di berbagai tempat.
G. Kerjasama Dengan Pihak Lain
Mungkin kamu bisa bekerja sama dengan pihak lain dalam mengenalkan kuliner makanan kamu. Ini bisa dikatakan sebagai promosi.
Caranya kamu bisa memasang penjualan di marketplace, seperti Bukalapak, Tokopedia dan marketplace lainnya.
Atau kamu bisa memasang promosi di sosial media orang lain yang mungkin memiliki pengikut yang cukup banyak atau sangat aktif di sosial media.
Kamu mungkin bisa memintanya untuk menempatkan kuliner yang kamu jual di sosial medianya.
Atau paling mungkin, kamu bisa memanfaatkan kenalan / saudara / kerabat atau teman untuk membantu mempromosikan usaha kuliner kamu. Seringlah undang kenalan-kenalan kamu.
Coba untuk mereka melakukan foto bersama dengan makanan yang kamu jual. Nantinya kan mereka akan meng-upload di sosial media mereka. Ini strategi yang bisa dikatakan efektif dan murah biaya.
4. Share Di Sosial Media
Seperti sudah di jelaskan di atas, tips ini sangat cepat agar bisnis kuliner kamu bisa cepat di kenal orang. Karena sosial media merupakan ajang promosi yang sangat bagus dan murah.
5. Buat Website
Untuk yang ini, mungkin belum banyak orang yang mengetahui. Karena bisa dikatakan website masih awam bagi pelaku bisnis kalangan menengah kebawah.
Tapi tidak bagi pebisnis yang sudah berada di kalangan atas, minimal kalangan menengah keatas.
Mereka sudah memiliki website dan mereka juga mengganggap website sangat penting bagi kelangsungan bisnis.
Jika kamu belum mengerti tentang website, kamu bisa membaca banyak tutorial di internet tentang apa itu website dan pembuatan website.
Atau jika kamu ingin cepat dan tidak mau direpotkan dengan pembuatan website. Kamu bisa memesan jasa pembuatan website.
Banyak jasa pembuatan website yang bisa kamu pilih. Masalah harga jangan kuatir. Pembuatan website tidak terlalu mahal...kok.
Banyak jasa pembuatan website murah yang bisa kamu pilih. Gak bakalan deh...menguras kantong.
Dan website kamu nanti bakalan terlihat bagus dan sangat profesional, padahal usaha kamu hanya masih level usaha rumahan.
Tapi yang terpenting dengan website, usaha kuliner kamu akan terlihat seperti usaha besar yang sangat maju.
Karena website bisa menggambarkan keberhasilan dari suatu bisnis. Kamu bisa lihat semua perusahaan besar yang kamu tahu. Mereka semua memiliki website untuk mengenalkan bisnis mereka kepada orang luar.
Dan hebatnya lagi dengan website, usaha kuliner kamu akan mudah dikenal atau dilihat di penjuru tanah air maupun penjuru dunia.
Posting Komentar untuk "Usaha Makanan Online Rumahan Supaya Cepat Laris Manis"