Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Template Blog Dengan Kode HTML

Banyak blogger yang ingin mengganti tampilan blognya agar terlihat lebih bagus  dan menarik. Bagi blogger yang mahir mengotak-atik kode HTML, hal yang mudah untuk membuat template untuk tampilan blog agar terlihat bagus dan menarik.

Tapi bagimana yang tidak mengerti tentang kode-kode HTML, ya sudah download saja di internet. Banyak situs penyedia template blog di dunia maya/internet.

Download template tersebut dan tempelkan kode HTML di blog. Jika sesuai dan cocok pakai dan terapkan, jika tidak cocok cari dan download template blog yang lain.





Bisa mengerti sedikit tentang otak-atik kode HTML, bisa kode blog HTML yang baru didownload tersebut di otak-atik saja agar semakin bagus dan menarik.

Biasanya saat membuat blog khususnya di Blogger. Blogger sendiri menyediakan tampilan / template blog yang bisa dipakai dan digunakan secara gratis. Tinggal otak-atik sedikit kode HTML nya, pasti tampilan akan semakin menarik.

Tapi jika ingin mengubah template Blog, bisa saja diganti. Misalkan download template blog yang ada di gooyaabitemplates.com. Pilih template blog yang disukai dan download lah template tersebut.

Biasanya jika download template blog dari internet, hasil download tersebut dalam WinRAR Zip. Ektrak lah file WinRAR Zip tersebut. Cara ekstrak cukup klik file WinRAR Zip, klik kanan pada mouse dan pilih Ektrak file atau Ekstrak Here.





Disarankan pilih Ekstrak Here saja. Setelah di Ekstrak akan muncul dokumen XML Document. Seperti yang ditunkukkan tanda panah.



Buka file tersebut dengan NotePad.



Maka dokumen tersebut akan bisa terlihat dalam bentuk kode-kode HTML.



Untuk jelasnya saksikan video singkat dibawah ini, bagaimana membuka folder dalam bentuk WinRAR Zip untuk melihat kode HTML template yang di download dari internet.

Langkah selanjutnya untuk mengganti template blog adalah...




Buka blog yang akan diganti templatenya. Tapi perlu diingat sekarang tampilan blog baru, penampilan antar muka untuk penggantian template sekarang berbeda. 

Itupun tampilan blog baru jika mau saja untuk menggantinya, jika tidak tampilannya bisa tetap memakai tampilan lama. Tidak dipaksa...

Misalkan saja, blog masih menggunakan tampilan lama, seperti ini...(untuk tampilan baru di bahas di tulisan bawah setelah ini).

Pilih Tema dan kemudian klik Edit Tema



Maka Edit Tema akan terbuka


Langkah selanjutnya Copy kode HTML template blog yang tadi di buka di NotePad. Copy semua kode tersebut, cukup klik area mana saja lalu Ctrl+A dan kemudian Ctrl+C.



Setelah mencopy semua kode tersebut, kembali ke blog tema (Edit HTML). Blok semua kode dengan cara klik area mana saja dulu, lalu tekan tombol pada keyboard Ctrl+A.

Kemudian langsung tekan tombol pada keyboard Ctrl+V. Maka kode HTML blog hasil download yang dicopy dari NotePad akan langsung berpindah di kolom edit  HTML blog.



Setelah itu klik tombol Simpan Tema, lalu keluarlah dari kolom edit tema. Tekan saja kembali. Kemudian refresh blog dan lihat hasilnya dengan mengklik Lhat Blog.

Saksikan video singkat di bawah bagaimana cara mengganti template blog, dengan tampilan blog versi lama.




Sekarang Mengganti Template Blogger dengan Blog Tampilan Baru

Blogger telah mengganti tampilan blog dengan versi baru, tidak semua tampilan  baru. Hanya untuk versi Statistik dan Tema. Kalau yang lainnya sih masih sama (kalau tidak silap Ya...).

Tampilan baru blogger pada Tema sekarang akan terlihat seperti ini...


Untuk mengganti template blog dengan tampilan tema blogger yang baru ini, berbeda dengan cara mengganti template blog dengan tampilan tema blogger versi lama.

Untuk mengganti tema template blogger dengan versi baru, lakukan dengan cara...

Klik titik tiga yang posisinya vertikal seperti gambar di bawah




Setelah itu pilih (klik) Pulihkan


Maka akan muncul tampilan, seperti ini. Klik Upload



Maka disini nantinya akan diminta untuk mengUpload file XML Document dari template blog yang telah di download dan yang telah di ekstrak.



Dan langkah terakhir yang dilakukan adalah Klik Open untuk mengganti template Blog yang akan diganti. Secara otomatis blogger akan menyimpan tema HTML blog tadi yang di Upload.

Jadi disini ada perbedaan antar mengganti tema blog versi lama dengan versi yang baru. Kalau yang versi lama harus mengcopy dan paste kode HTML blog, tapi dengan versi yang baru cukup upload dan berubahlah tampilan tema blog.

Itulah cara mengganti tema blog hasil download dengan versi lama dan versi baru.




Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Template Blog Dengan Kode HTML"